Overhaul Transmisi Otomatis U880E Toyota/Lexus

Pembongkaran dan Pemeriksaan Komponen Transmisi Otomatis U880E


Transmisi U880E Toyota/Lexus pertama kali diperkenalkan pada Lexus RX350 tahun 2013. Sejak saat itu transmisi otomatis ini menjadi sangat populer. Saat ini transmisi  tipe ini juga digunakan pada beberapa merk mobil yang lain, seperti:


  • BMW sejak tahun 2015 dengan nama GA8F22AW
  • GM mulai menggunakan sejak tahun  2016 dengan sebutan 8F45
  • Volvo mulai menggunakan sejak tahun 2014 dan diberi label TG-81SC.




Overhaul Transmisi Otomatis U880E Toyota/Lexus


Pada artikel yang berjudul: "Memahami Valve Body Transmisi Otomatis U880 Toyota/Lexus" dibahas mengenai valve body transmisi otomatis U880E yang digunakan pada Lexus RX350 tahun 2015. Artikel tersebut menerangkan lokasi baut, check valve, solenoid, valve dan spring serta juga dibahas sedikit tips saat pemasangan.

 
Pada artikel ini akan dibahas lebih dalam lagi mengenai komponen-komponen di dalam transmisi tersebut:



Prosedur Pembongkaran dan Pemeriksaan Komponen Transmisi Otomatis U880E

Setelah transmisi assy dilepaskan dari mobil dan diletakkan pada meja kerja, lepaskan 8 baut pengikat valve body pada transmisi (gambar2). Pada gambar terdapat keterangan mengenai letak baut, panjang baut dan momen pengencangannya.


Overhaul Transmisi Otomatis U880E Toyota/Lexus


Dengan melepas valve body maka pemeriksaan komponen dengan tekanan udara dapat dilakukan (gambar 3).  Atur tekanan udara sekitar 30 PSI saat melakukan pemeriksaan komponen dengan tekanan udara agar dapat mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak.

Lepaskan speed sensor NC3 dan NT (gambar 3) dari transmisi agar tidak mengalami kerusakan.


Lepaskan baut-baut pengikat casing transmisi agar terpisah (gambar 4). Pada gambar juga diterangkan letak baut, panjang baut dan momen pengencangan baut saat instalasi.


Overhaul Transmisi Otomatis U880E Toyota/Lexus


Setelah bell housing dari casing transmisi dilepaskan maka akan terlihat pump dan komponen internal transmisi yang akan dibongkar.

Lepaskan 7 baut pump (gambar 5). Pump akan dapat diangkat sekaligus dengan filternya (gambar 6).

Perhatikan momen pengencangan 2 baut filter yang berbeda.
Jangan mengencangkan baut filter terlalu keras karena dapat memecahkan filter yang terbuat dari plastik.



Setelah 10 baut pump dan 2 baut filter dilepaskan maka pump akan terbelah dua. Tidak banyak yang harus diperhatikan pada pump. Tanda (ID) pada pump gear menghadap ke atas saat dipasang pada pump cover (gambar 7).


Setelah pump dilepaskan , maka semua komponen yang ada dibawah support dapat diangkat. Saat input shaft diangkat komponen  front planetary gear assembly dan  clutch drum  C-3  dan  C-4 akan ikut terangkat (gambar 8).


Overhaul Transmisi Otomatis U880E Toyota/Lexus




Lepaskan Clutch  C-3 dan C-4 dari input planetary;  lepaskan kedua clutch pack dari drum (gambar 9). Pada gambar terdapat keterangan mengenai clutch clearance saat pemasangan.

Kemudian, lepaskan piston balance C-4, return spring assembly, dan clutch piston C-4 (gambar 10).

Overhaul Transmisi Otomatis U880E Toyota/Lexus




Saat ini tidak mungkin untuk melepaskan piston C-3 assembly karena ditahan oleh paku rivet sebanyak 32 buah (gambar 11).

Saat ini perbaikan yang dapat dilakukan pada  C-3 apply piston adalah dengan melakukan penggantian drum. Piston replacement untuk aftermarket sedang dalam proses.



Overhaul Transmisi Otomatis U880E Toyota/Lexus

Periksa front planetary gear assembly dan perhatikan lokasi bearingnya (gambar 12). Band B-1 akan keluar (gambar 13).


Lepaskan planetary ring gear, sehingga clutch drum  C-1 dapat diangakat keluar dan input sun gear drum juga dapat diangkat.

Gambar 14 menunjukkan bagaimana merakit C-1 clutch apply piston dan balance piston, juga terdapat keterangan mengenai clutch clearance yang diperlukan saat perakitan.


Overhaul Transmisi Otomatis U880E Toyota/Lexus



Overhaul Transmisi Otomatis U880E Toyota/Lexus



Pastikan saat melakukan pembongkaran dan perakitan transmisi otomatis dilakukan pada tempat yang bersih dan steril. Karena sedikit saja kotoran masuk ke dalam tranmisi otomatis maka dapat mengakibatkan transmisi tidak bekerja dengan sempurna dan dapat mengalami kerusakan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel