Pemeriksaan dan Perawatan AC Mobil Yang Dapat Dilakukan Sendiri

Naik mobil di jalan Jakarta yang macet tanpa AC..???


Hal itu pasti merupakan sesuatu yang akan sangat menyiksa bagi kita mengingat kondisi lalu lintas kota Jakarta yang sangat macet ditambah dengan suhu kota Jakarta yang cukup panas.



Pemeriksaan dan Perawatan AC Mobil Yang Dapat Dilakukan Sendiri
Sistem AC berfungsi untuk mengatur suhu dalam kabin kendaraan agar sesuai dengan keinginan pengendara.

Sungguh benar - benar akan membuat kita sangat menderita jika terjebak dikemacetan kota Jakarta pada siang hari dan tiba - tiba AC mobil kita mengalami kerusakan, tidak dipungkiri lagi bahwa sistem AC sudah merupakan komponen standard yang harus ada pada kendaraan.

Sistem AC atau Air Conditioner sesuai dengan namanya adalah seperangkat sistem yang berfungsi untuk mengontrol temperatur udara di dalam interior kendaraan sesuai dengan keinginan pengemudi.

Fungsinya mengurangi kelembaban, disamping mengontrol pemanasan atau pendinginan udara sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman bagi pengendara.
Sistem AC juga berfungsi menghilangkan gangguan semacam pembekuan, pengembunan pada permukaan kaca.

Sistem AC terdiri dari beberapa komponen yang cukup rumit dan saat terjadi kerusakan pada sistem AC, kita harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk memperbaikinya. Oleh karena itu ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar performa AC mobil kita selalu dalam keadaan optimal.


Hal-hal yang harus diperhatikan Agar AC mobil  lebih awet


Jangan biasakan berkendara dengan posisi kaca terbuka



Pemeriksaan dan Perawatan AC Mobil Yang Dapat Dilakukan Sendiri



Jika kita sering berkendara dengan kaca terbuka atau tidak tertutup rapat, apalagi di daerah perkotaaan yang sangat berdebu dan polutif sekali maka dapat mengakibatkan debu dan kotoran dapat masuk kedalam mobil, yang kemudian akan membuat filter AC kita cepat kotor dan tersumbat dan mengakibatkan hembusan angin dari grill akan sangat lemah.

Satu lagi kerugian jika kaca tidak tertutup rapat adalah suhu dalam kabin akan sulit tercapai, akibatnya kompresor AC akan bekerja lebih keras dan lebih lama sehingga dapat mempercepat kerusakan Kompresor AC serta akan meningkatkan konsumsi bahan bakar karena kompresor bekerja lebih lama.

Jangan merokok di dalam Mobil



Pemeriksaan dan Perawatan AC Mobil Yang Dapat Dilakukan Sendiri



Kebiasaan merokok di dalam mobil akan menimbulkan aroma yang tidak sedap di dalam ruang kabin dan aroma tersebut akan sangat sulit dihilangkan karena asap rokok itu akan menempel di bagian - bagian sistem AC seperti di evaporator, dan untuk menghilangkan bau tersebut biasanya kita harus melakukan pembongkaran dan pembersihan bahkan penggantian evaporator yang harganya cukup mahal.


Rajin membersihkan Filter AC


Pemeriksaan dan Perawatan AC Mobil Yang Dapat Dilakukan Sendiri
Cara melepas filter AC Toyota Yaris

Komponen yang satu ini dipasang di bawah dashboard dekat dengan blower AC dan berfungsi untuk menyaring kotoran agar tidak menyumbat evaporator , oleh karena itu harus sering kita periksa dan dibersihkan agar aliran udara yang keluar dari grill AC tetap maksimal.


Bagaimana memeriksa sistem AC



Namun sebaik apapun kita melakukan perawatan, sistem AC mobil kita suatu saat pasti akan mengalami kerusakan juga , dan biasanya perbaikan sistem AC apalagi jika sampai harus mengganti komponen, harganya cukup mahal dan harus dilakukan oleh teknisi atau bengkel profesional yang dapat dipercaya agar dapat melakukan perbaikan sistem AC dengan baik dan dengan harga yang wajar.

Sebagai konsumen kita harus jeli dalam mencari bengkel AC yag profesional. Namun sebagai pemilik mobil tidak ada salahnya kita juga mengetahui beberapa sedikit pengetahuan tentang pemeriksaan ringan sistem AC, minimal kita dapat mengerjakan sendiri kerusakan - kerusakan ringan pada sistem AC dan tidak tertipu oleh ulah bengkel - bengkel nakal yang biasanya akan menngajurkan penggantian sparepart yang belum tentu rusak.


Berikut beberapa tips pemeriksaan sistem AC yang dapat  dilakukan sendiri 



Periksa kondisi fan belt AC

Jika fan belt kompresor AC  kendur maka hal tersebut dapat mengakibatkan kompresor AC tidak dapat berputar dengan maksimal atau bisa selip, akibatnya freon tidak bersirkulasi dengan baik didalam sistem AC.

Cukup periksa kekencangan fan belt AC dengan cara ditekan menggunakan tangan, apabila terasa kendur kencangkan. Namun hati - hati jangan sampai mengencangkan fan belt AC terlalu kencang, yang justru dapat merusak kompresor AC.



Periksa hembusan angin dari grill AC



Pemeriksaan dan Perawatan AC Mobil Yang Dapat Dilakukan Sendiri



Rasakan hembusan angin yang keluar dari lubang grill AC. Apakah hembusannya terasa lebih pelan dari biasanya..?.

Jika aliran udara mengalir lebih pelan dari biasanya maka periksalah kondisi filter AC dari kemungkinan sudah terlalu kotor atau tersumbat, jika terlihat kotor coba bersihkan dengan menggunakan udara bertekanan.

Jika setelah dibersihkan hembusan angin yang keluar dari grill AC lebih kencang berarti masalahnya hanya karena filter AC mampet.

Namun jika setelah anda bersihkan hembusan udaranya tetap pelan maka kemungkinan kerusakannya bisa berasal dari motor blower yang sudah lemah atau evaporator yang tersumbat, untuk perbaikan ini anda membutuhkan teknisi atau bengkel AC yang profesional.

Periksa kompresor AC

Periksa apakah terdengar suara berisik pada kompresor AC. Jika anda mendengar suara yang tidak normal cobalah kencangkan baut - baut kedudukan kompresor AC, kemudian periksa apakah suara berisik tadi masih ada. jika masih terdengar suara yang berisik kemungkinan besar komponen - komponen bagian dalam kompresor sudah aus dan memerlukan penggantian.

Untuk memastikan kondisi kompresor AC juga dapat kita lakukan dengan cara menaikkan putaran mesin. Apabila pada putaran idle atau pedal gas tidak diinjak AC tidak terasa dingin, namun jika pedal gas kita injak dan putaran mesin bertambah cepat kemudian temperatur AC berangsur - angsur menjadi dingin itu merupakan pertanda kompresor AC sudah lemah dan perlu diganti.



Periksa kondisi kondensor AC

Jika kondensor AC tertutup kotoran atau benda asing maka dapat mengakibatkan penurunan efisiensi pendinginan kondensor dan dapat mengakibatkan suhu AC di dalam kabin menjadi panas. Jika kondensor terlihat kotor karena debu cobalah semprot dengan menggunakan air bertekanan untuk melepaskan kotoran tersebut dari sirip - sirip kondensor


Periksa kebocoran Oli pada sistem AC



Pemeriksaan dan Perawatan AC Mobil Yang Dapat Dilakukan Sendiri
Periksa kebocoran freon pada bagian sambungan selang AC


Jika terlihat ada bekas oli di persambungan pipa dan selang AC atau pada kompresor AC hal itu mengindikasikan ada kebocoran freon pada daerah itu, coba kencangkan tiap - tiap persambungan pipa dan selang AC dan kemudian bersihkan bekas kotoran oli tersebut, sambil perhatikan apakah ada kebocoran freon disitu.

Jika dicurigai terjadi kebocoran freon bawalah mobil anda ke bengkel AC kepercayaan anda agar dilakukan pemeriksaan lebih teliti lagi.


Periksa jumlah freon melalui sight glass



Pemeriksaan dan Perawatan AC Mobil Yang Dapat Dilakukan Sendiri




Pada beberapa kendaraan ada yang dilengkapi dengan sight glass untuk memeriksa jumlah refrigerant didalam sistem AC.

Jika banyak terlihat gelembung pada sight-glass, itu artinya jumlah freon tidak mencukupi dan telah terjadi kebocoran freon.

Bersamaan itu periksalah noda oli, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk memastikan tidak ada kebocoran freon. Jika gelembung tidak bisa terlihat lewat sight-glass, bahkan pada saat kondensor didinginkan dengan mengucurkan air, itu artinya jumlah freon dalam sistem masih cukup banyak.

Freon pada sistem AC tidak akan berkurang jika tidak terjadi kebocoran pada sistem AC.
Jika anda sedang memeriksakan AC mobil anda pada bengkel AC dan teknisi mengatakan bahwa freon anda perlu ditambah, anda harus menanyakan dimana letak kebocorannya dan komponen apa yang harus diganti, karena jumlah freon yang berlebihan pada sistem AC juga dapat merusak sistem AC tersebut


Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!




www.montirpro.com  08111857333

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel