Kamis, 23 Juni 2016

Perlengkapan Mobil Yang Wajib Selalu Ada

Sedia payung sebelum hujan

Tadi pagi saat saya tiba di kantor dan bertemu teman kantor saya di tempat kami biasa sarapan pagi dia bercerita pada saya :
"Semalem gue sama Pak Arif apes banget, pas semalem dapat tugas untuk inspeksi ke kantor cabang, di jalan tol ban mobil yang kami pakai pecah, pas diperiksa ternyata di dalam mobil ga ada dongkrak..udah pecah bannya di tempat yang sepi lagi, mau pinjem dongkrak ga ada orang, mau nyetopin mobil ga ada yang mau berhenti. Akhirnya gue berdua pasrah aja sampai akhirnya petugas tol datang dan membantu untuk mengganti ban, terpaksa deh kasih uang tips buat petugas yang bantuin".

Mungkin cerita seperti teman saya tersebut pernah juga terjadi pada anda atau teman anda, ya karena masalah sepele tidak mau meluangkan waktu untuk melakukan pemeriksaan sebelum berkendara akhirnya mengalami kesulitan saat berkendara di jalan raya yang mengakibatkan banyak pekerjaan jadi tertunda atau malah dapat mengakibatkan kecelakaan.

Oleh karena itu pada artikel kali ini saya mencoba akan membahas sedikit tentang persiapan yang harus dan wajib kita lakukan sebelum melakukan perjalanan baik itu jarak jauh maupun jarak dekat, terlebih jika kendaraan yang kita gunakan bukan kendaraan kita pribadi ( kendaraan kantor yang dipakai bersama atau kendaraan yang kita pinjam dari teman atau rental).


SIM dan STNK


Perlengkapan Mobil Yang Wajib Selalu Ada
SIM dan STNK harus selalu anda bawa saat berkendara jika anda tidak ingin mengalami kesulitan dengan hukum.

Pastikan bahwa surat – surat kendaraan yang kita gunakan dalam keadaan lengkap dan masih berlaku, jangan sampai karena surat – surat kendaraan tidak lengkap anda akan mendapat kesulitan di jalan, dengan surat kendaraan yang lengkap anda juga akan berkendara dengan tenang dan akan terhindar dari kesulitan jika suatu saat anda sedang berkendara diberhentikan pihak berwajib yang sedang melakukan razia. 

Anda pasti akan menghadapai masalah jika tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat – surat kendaraan anda, karena bisa saja anda dianggap menggunakan kendaraan curian yang tentunya hal ini akan memakan banyak waktu.

Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut saat menyetir keluar kota dan STNK mobil saya tertinggal dirumah, dan kebetulan saat tersebut memang sedang musim razia karena maraknya teror bom di Indonesia.

Akibatnya perjalanan saya tertunda sampai satu hari menunggu kerabat saya mengantarkan STNK mobil tersebut sebagai bukti pada pihak berwajib bahwa mobil yang saya gunakan bukan mobil hasil tindak kriminal.
Jadi sekali lagi sebelum anda bepergian pastikanlah SIM dan STNK selalu anda bawa.

Pastikan peralatan yang dibutuhkan pada situasi emergency tersedia

Sebelum anda memulai perjalanan, tidak ada salahnya meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan pengecekan peralatan–peralatan emergency yang memang harus tersedia di dalam mobil, dimana peralatan - peralatan tersebut akan sangat membantu menghadapi kondisi - kondisi yang sangat tidak kita harapkan selama dalam perjalanan.

Berikut beberapa peralatan yang harus selalu tersedia di dalam mobil kita :


Ban serep


Perlengkapan Mobil Yang Wajib Selalu Ada
Ban serep yang TIDAK LAYAK dan KEMPES = TIDAK MEMBAWA ban serep


Hal ini harus anda perhatikan betul apabila anda menggunakan mobil yang anda pinjam dari teman atau keluarga anda.

Ban serep ini sering luput dari pemeriksaan karena biasanya diletakkan di bawah bagasi atau untuk beberapa tipe kendaraan ada yang digantung pada bagian bawah kendaraan sehingga membuat orang malas atau sering lupa untuk memeriksa kondisi dan tekanan angin ban serepnya. 

Tekanan angin pada ban serep harus diperiksa minimal 1 minggu sekali untuk memastikan tekanan anginnya masih cukup.

Dongkrak dan Kunci roda


Perlengkapan Mobil Yang Wajib Selalu Ada
Pastikan Dongkrak berfungsi dan anda bisa menggunakannya...!!!

Dongkrak, kunci roda, segi tiga pengaman merupakan peralatan yang harus tersedia di dalam mobil jika anda tidak ingin terdampar di jalan tol tengah malam seperti teman yang saya ceritakan diatas, karena kelalaian tersebut akhirnya banyak waktu yang terbuang sia-sia dan harus menunggu pertolongan orang lain.

Pastikan dongkrak yang anda bawa juga dalam kondisi bekerja dengan baik dan anda mampu untuk menggunakannya.

Periksa kondisi kunci roda juga dalam keadaan bagus, tidak aus atau patah, karena hal tersebut akan menyulitkan anda saat akan membuka mur atau baut roda.



Perlengkapan Mobil Yang Wajib Selalu Ada


Segi tiga pengaman perlu juga anda perhatikan, peralatan yang satu ini harus anda pasang beberapa meter dari mobil saat anda mengganti ban yang bocor khususnya jika hal itu terjadi pada malam hari di dalam jalan tol yang penerangannya kurang, hal ini untuk memberi peringatan pengemudi lain tentang keberadaan anda.

Banyak juga kasus kecelakan lalu lintas di jalan tol saat ada mobil yang berhenti di tepi tanpa memberi tanda peringatan apapun tertabrak oleh mobil yang melintas dengan kecepatan tinggi.

  

Kotak P3K


Perlengkapan Mobil Yang Wajib Selalu Ada
Selalu harus dibawa, tetapi berharaplah jangan pernah menggunakannya.
Kotak P3K, pastikan setiap mobil yang anda pergunakan mempunyai kotak P3K dan pastikan isinya lengkap, karena terkadang kotak p3k nya ada, tapi isinya kosong. 

Kotak P3K merupakan kelengkapan yang harus ada walaupun kita tidak berharap akan menggunakannya, namun segala kemungkinan terburuk selama berkendara harus kita antisipasi.

Contohnya saat anda berkendara tengah malam diderah yang jauh dari pemukiman penduduk dan tiba-tiba ban anda pecah, dan saat anda mengganti ban tanpa sengaja kunci roda anda melejit yang menyebabkan tangan anda terluka, coba anda bayangkan jika anda tidak mempunyai kotak P3K yang berisi obat anti septik dan plester untuk membalut luka anda.


Kunci – kunci standard ( kunci pas, Tang, Obeng dll )


  
Perlengkapan Mobil Yang Wajib Selalu Ada
Tool Kit standard pada mobil Toyota

Tool kit ini diperlukan untuk melakukan perbaikan - perbaikan ringan
Walaupun anda bukan seorang mekanik namun tidak ada salahnya jika anda juga perlu untuk selalu menyediakan kunci – kunci standard untuk melakukan perbaikan – perbaikan darurat yang ringan.

Contohnya saat ada kerusakan – kerusakan kecil seperti mobil yang tidak bisa starter hanya dikarenakan kepala akinya yang kendor bisa anda perbaiki tanpa harus memanggil mekanik atau orang lain untuk melakukannya.

Namun jika anda merasa kerusakan tersebut tidak bisa anda tangani apalagi itu berhubungan dengan safety, sebaiknya segera hubungi mekanik atau bengkel langganan anda.


Kabel jumper, Senter, Tambang

Perlengkapan Mobil Yang Wajib Selalu Ada
Kabel jumper, Senter, Tambang juga wajib ada di mobil anda


Kabel jumper harus selalu tersedia di bagasi anda jika anda menggunakan mobil dengan transmisi otomatis.

Karena jika tiba – tiba aki anda soak, maka mobil anda hanya bisa dihidupkan dengan cara mengganti aki baru atau menjumper dengan mobil lain menggunakan kabel jumper.

Anda tidak akan bisa menghidupkan mobil matic anda dengan cara didorong seperti halnya mobil dengan transmisi manual.

Senter juga akan sangat menolong anda jika anda mengalami masalah pada malam hari di areal yang penerangannya kurang.

Jika mobil anda mengalami masalah dan tidak dapat ditangani saat itu, maka anda membutuhkan tambang untuk menarik mobil anda sampai bengkel terdekat atau menuju ke tempat yang lebih aman dan nyaman sambil menunggu mekanik dan bengkel kepercayaan anda datang untuk melakukan perbaikan.

Demikianlah beberapa tips tentang apa saja yang harus kita periksa atau harus selalu ada dalam mobil kita agar kita senantiasa dapat berkendara dengan nyaman dan saat mengalami masalah tidak akan membuat kita menjadi tambah sengsara karena tidak memeriksa atau mengabaikan hal-hal yang kelihatannya sepele namun jika terjadi masalah akan menimbulkan kerugian yang besar buat diri kita dan orang lain.


Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!




www.montirpro.com  08111857333

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *