...

8 Tips membeli mobil bekas berkwalitas dan aman

June 07, 2016

Apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli mobil bekas...??


Buat sebagian orang membeli mobil, baik itu mobil baru ataupun mobil bekas merupakan keputusan yang harus dipikirkan secara matang, terlebih jika kondisi keuangan pas-pasan.
Buat orang dengan kemampuan finansial yang baik tentu hal tersebut tidak menjadi masalah besar, mereka tinggal siapkan dana dan pilih mobil yang mereka sukai.

Jika mobil yang mereka beli tidak cocok dengan harapan mereka tinggal jual, kemudian cari lagi mobil yang lain .


Namun buat orang dengan keuangan terbatas, apalagi ini pertama kali membeli mobil mungkin akan sedikit mengalami kesulitan untuk menentukan apakah membeli mobil baru atau mobil bekas sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.




Jika pilihan jatuh pada membeli mobil bekas, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menimbulkan penyesalan dikemudian hari.





1. Tentukan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda

Sebelum anda melangkah ke showroom atau mulai melakukan pencarian di internet untuk mencari mobil yang anda inginkan, tentukanlah terlebih dahulu jenis mobil apa yang sebenarnya benar – benar  anda butuhkan dan untuk keperluan apa nanti mobil itu sering dipergunakan, apakah anda membutuhkan mobil 7 seat untuk keluarga, atau anda membutuhkan mobil LCGC untuk keperluan transportasi harian anda ke tempat kerja.

Banyak orang yang membeli mobil penumpang 7 seat dengan kapasitas mesin yang besar, namun setiap hari mobil itu hanya digunakan seorang diri untuk pulang pergi dari rumah ke kantor, selebihnya mobil itu menganggur.

Kalau penggunaan mobil anda hanya seperti itu disarankan untuk membeli mobil ukuran lebih kecil dengan kapasitas mesin yang lebih rendah, karena mobil penumpang 7 seat pasti konsumsi bahan bakarnya lebih boros dan pajaknya juga pasti lebih tinggi.

Faktor lainnya yang juga mempengaruhi saat ingin memilih mobil adalah kemudahan layanan purna jualnya, ketersediaan suku cadang sampai harga jual kembali mobil tersebut.




2. Carilah Informasi sebanyak - banyaknya tentang mobil idaman anda

Setelah anda memutuskan jenis mobil apa yang anda inginkan, maka sekarang anda akan mulai mencari kira - kira merk mobil apa yang sesuai dengan kondisi kantong anda. Saat ini di Indonesia hampir semua merk mobil global ada disini, sehingga kita akan lebih banyak pilihan mobil apa yang ingin kita beli.

Jika anda termasuk orang yang mempertimbangkan efisiensi dan biaya maka pilihan yang masuk akal adalah merk – merk mobil yang populasinya cukup banyak di Indonesia dan layanan purna jualnya yang sudah ada dimana – mana seperti  merk yang sudah mempunyai pondasi cukup kuat di indonesia.

Jika anda mempertimbangkan faktor kenyamanan, prestise mungkin pilihan bisa jatuh pada mobil – mobil keluaran eropa seperti Mercedes-Benz, BMW atau Volvo.

Kalau dahulu jaman internet belum populer, komsumen banyak tergantung dari para salesman untuk mencari informasi tentang spesifikasi tiap - tiap merk mobil, namun di era keterbukaan informasi seperti ini konsumen dapat mencari sendiri informasi tentang spesifikasi mobil yang mereka inginkan. 

Banyak situs - situs internet  yang menyedikan katalog informasi mengenai kendaraan, di situs tersebut anda dapat mencari berbagai informasi mengenai merk-merk mobil, kelebihan dan kekurangan setiap merk juga biasa diulas dalam katalog mobil di situs tersebut.

Oleh karena itu tidak ada salahnya anda meluangkan waktu sejenak untuk mencari informasi - informasi tersebut, sehingga anda akhirnya dapat menentukan mobil mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.

Setelah anda memutuskan jenis dan merk mobil yang anda inginkan maka sekarang tibalah saatnya anda untuk berburu mobil idaman anda tersebut. Mungkin anda bisa menggunakan beberapa cara untuk mendapatkan mobil tersebut, bisa dengan cara langsung datang ke showroom mobil bekas, mencari di situs jual beli mobil atau informasi dari kolega anda. 

Nah, jika mobil sudah anda dapatkan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika membeli mobil bekas agar anda tidak menyesal dikemudian hari.




3. Periksa kelengkapan dan keaslian surat – surat kendaraan









8 Tips membeli mobil bekas berkwalitas dan aman
STNK & BPKB

Hal ini cukup penting anda lakukan, apalagi jika anda membeli mobil melalui dunia maya, atau melalui orang yang tidak anda kenal. Pastikan keaslian surat – surat kendaraan seperti STNK dan BPKB tidak bermasalah, serta kesesuaian keterangan yang tertera di surat – surat tersebut seperti nomor rangka, nomr mesin, warna dll. 

Jika anda merasa ragu atau ada kejanggalan lebih baik urungkan niat anda untuk membeli mobil tersebut atau anda bisa melakukan kroscek keabsahan surat – surat kendaraan tersebut ke kantor ditlantas polri atau samsat. 
Intinya jangan sampai anda membeli mobil yang tidak jelas asal usulnya apalagi mobil hasil tindak kriminal, hal ini akan sangat menyulitkan anda nantinya.





Periksa kondisi mobil secara seksama


Langkah selanjutnya anda harus memastikan kondisi mobil tersebut dalam keadaan prima, jika anda orang yang awam tentang mobil anda  bisa meminta bantuan teman atau keluarga yang anda anggap mempunyai pengetahuan baik tentang mobil atau anda bisa meminta bantuan mekanik profesional atau membawa mobil tersebut kebengkel untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.


Ada beberapa hal mengenai kondisi teknis mobil yang anda harus perhatikan saat akan membeli mobil bekas.


4. Periksa bagian dalam mobil




8 Tips membeli mobil bekas berkwalitas dan aman
Interior Mobil

Pertama anda dapat memeriksa bagian dalam mobil, mulai dari kondisi Jok, dashboard, plafon, dll apakah kondisinya masih terawat. Jika busa jok pengemudi masih kelihatan tebal dan empuk kemungkinan mobil tersebut jarang dipakai.

Nyalakan dan periksa Sistem AC, apakah masih berfungsi dengan baik, rasakan hembusan angin yang keluar dari grill ac harus dingin dan dapat di setel sesuai dengan keinginan kita.

Kemudian anda periksa instrument panel, putarlah kunci kontak ke posisi ON dan perhatikan semua lampu indikator yang ada di instrument panel harus menyala yang menandakan semua masih berfungsi dengan baik, kemudian hidupkan mesin dan perhatikan seluruh lampu tersebut harus mati ketika mesin hidup yang menandakan tidak ada masalah pada mobil tersebut.

Beri perhatian khusus pada lampu CHECK ENGINE, jika lampu tersebut menyala kemungkinan ada kerusakan pada sensor – sensor yang mungkin harganya cukup mahal.



5.Periksa Bagian mesin



8 Tips membeli mobil bekas berkwalitas dan aman
Cek kondisi mesin mobil



Setelah mesin sudah hidup, anda bisa melanjutkan pemeriksaan ke bagian mesin. Dengarkan dengan seksama apakah suara mesin tersebut masih halus atau ada bunyi yang abnormal.
Perhatikan pula apakah putaran idle mesin tersebut normal tidak pincang atau bahkan rpm-nya terlalu tinggi dan periksa tidak ada terlihat ada kebocoran oli mesin dan air radiator.



6. Periksa bagian body kendaraan


Setelah itu anda bisa melanjutkan dengan memeriksa bagian eksterior kendaraan, pastikan apakah kendaraan tersebut sudah pernah mengalami tabrakan parah atau belum, kondisi cat body apakah masih standard atau malah sudah banyak dempulan.



7. Periksa bagian kolong mobil


8 Tips membeli mobil bekas berkwalitas dan aman
Cek kondisi bagian bawah mobil


Jika memungkinkan mobil bisa dinaikkan keatas car lift dan anda melakukan pemeriksaan pada bagian kolong kendaraan.

Pada posisi ini periksa apakah ada rembesan oli pada bagian mesin, transmisi atau gardan.
Anda juga dapat memeriksa kondisi chasis pada bagian bawah apakah anda yang mengalami bengkok atau patah karena bekas benturan.

8. Lakukan test drive


Setelah melakukan pemeriksaan seperti diatas, mintalah ijin kepada pemilik mobil untuk melekukan test drive. Hal ini perlu dilakukan agar kita dapat mengetahui secara pasti tentang kondisi mobil saat sedang berjalan.

Jika pemilik mobil menolak permintaan anda untuk melakukan test drive sebaiknya urungkanlah niat untuk membeli tersebut, kemungkinan ada sesuatu yang disembunyikan oleh pemilik mobil tersebut tentang kondisi mobilnya.

Pada saat melakukan test drive jalankanlah kendaraan pada beberapa tingkat kecepatan dan perhatikan apakah putaran mesin tetap stabil dan halus, kemudian coba untuk melakukan akselerasi, apakah tarikan mobil terasa berat atau tidak.

Kemudian pada saat berjalan lurus coba lepaskan steering wheel dan perhatikan apakah kendaraan dapat berjalan dengan lurus dan stabil saat steering wheel dilepaskan.

Terakhir periksa sistem rem, lakukan pengereman halus dan pengereman mendadak. Saat melakukan pengereman pastikan tidak terdengar bunyi – bunyi yang tidak normal dan kerja rem juga responsif.

Saat melakukan pengereman juga harus diperhatikan tidak terasa getaran pada steer dan body kendaraan dan kendaraan tidak tertarik ke salah satu sisi.

Jika hasil pemeriksaan anda memuaskan, anda bisa lanjutkan untuk melakukan pembicaraan mengenai harga mobil tersebut.

Tapi jika anda menemukan beberapa kerusakan bicarakanlah kepada pemilik mobil, hal ini dapat anda bicarakan kepada pemilik mobil untuk memperbaiki terlebih dahulu kerusakan – kerusakan yang mungkin membutuhkan biaya cukup mahal atau anda dapat meminta penurunan harga mobil dan anda yang akan memperbaiki kerusakan – kerusakan tersebut. Tapi ingat anda harus sudah mempunyai perkiraaan tentang besarnya ongkos perbaikan yang mungkin anda keluarkan.


Dalam membeli mobil, khusunya mobil bekas anda harus ekstra waspada dan teliti agar tidak menyesal dikemudian hari.

Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!





www.montirpro.com  08111857333

Artikel Terkait

Previous
Next Post »