Tips menjaga agar aki mobil lebih awet

Hari minggu yang lalu sekitar jam 6 pagi handphone saya tiba tiba berdering, dalam hati saya berpikir siapa  pagi - pagi buta di hari minggu ada yang telepon, karena masih mengantuk sengaja saya tidak angkat telepon tersebut sampai terlewat beberapa paggilan. Karena handphone saya terus berdering maka dengan agak malas akhirnya hand phone saya raih dan mencoba melihat ke layar hand phone dan di situ tertera nama teman baik saya. 

Biasanya teman saya tersebut tidak pernah menelepon saya pada hari libur kecuali ada hal yang sangat mendesak. kemudian saya tekan tombol untuk menjawab panggilan dan terdengar suara dari seberang yang sedikit panik.

 " Hai Bro..Tolongin dong, gue lagi dijalan, Mobil gue mogok nih," teriak dari teman saya dari seberang telepon.
" Kayanya Akinya soak nih, Soalnya saat di starter mesinnya ga mau hidup," tambah teman saya tersebut.
Setelah menanyakan posisi dimana mobilnya mogok, kemudian saya tutup telepon dan bergegas mandi.

Setelah sekitar 1 jam menunggu akhirnya saya dapat menemukan lokasi teman saya tersebut, tepatnya di depan sebuah ruko penjual makanan burung saya melihat mobil Honda Mobilo warna merah kepunyaan teman saya terparkir melintang menghalangi jalan masuk ke ruko tersebut, untung saja masih pagi ruko tersebut masih tutup, mungkin kalau sudah agak siang ruko tersebut mau dibuka, pemilik ruko bisa marah melihat ada mobil menghalangi jalan masuk ke rukonya, pantas teman saya agak panik tadi saat di telepon, mungkin dia takut pemilik ruko keburu datang.

Setelah bertemu dengan teman saya, dia menceritakan kronologis kejadian bagaimana sampai mobilnya tersebut mogok. Mendengar keterangan teman saya tersebut saya dapat menarik kesimpulan bahwa aki mobil teman saya tersebut sudah soak dan perlu diganti, untuk memastikannya saya kemudian bergegas masuk ke mobil dan memutar kunci kontak untuk mencoba menghidupkan mesinnya, namun dari ruang mesin hanya terdengar suara putaran mesin yang berat dan pelan persis seperti gejala aki soak.

kemudian saya mencoba menarik pembuka kap dan sambil berjalan menuju ke depan mobil saya katakan kepada teman saya bahwa dugaannya benar aki mobilnya soak dan perlu diganti, kemudian dia mengatakan padahal aki mobilnya tersebut belum terlalu lama diganti, mungkin baru sekitar 4 bulan yang lalu diganti. 

"Apakah memang wajar aki baru sekitar 4 bulan sudah minta diganti lagi ?," tanya teman saya. saya katakan hal tersebut tidak wajar, biasanya aki bisa bertahan 12 bulan sampai 24 bulan tergantung perawatannya. kemudian saya buka kap mobil dan saya periksa akinya. Saat melihat aki mobil tersenyum dalam hati, pantas saja aki mobil teman saya itu soak, melihat kepala terminal akinya saja sudah tidak karuan disitu terdapat korosi berwarna kehijauan. dengan sedikit membungkuk saya coba untuk membuka tutup aki dan memeriksa air akinya, kembali saya kaget melihat air akinya sudah benar - benar kering. dalam hati saya berkata teman saya ini paling pandai dalam hal mencari uang dan mampu gonta - ganti mobil, namun urusan pemeliharaan sepertinya tidak bisa diharapkan, buktinya air akinya sampai kering saja dia tidak sadar. 


karena saya lihat kondisi akinya masih cukup bagus maka saya sarankan untuk membeli air aki untuk mengisi akinya yang sudah kosong, setelah aki diisi kemudian kami mencoba menghidupkan mobilnya dengan cara dijumper menggunakan mobil lain dengan menggunakan bantuan kabel jumper, dan untung mobil akhirnya bisa hidup.

Selalu periksa jumlah air aki















Saat ini dipasaran tersedia beberapa jenis aki. Ada aki kering yang tidak menggunakan cairan sama sekali dan ada juga aki basah yang menggunakan accu zuur ( H2SO4) sebagai elektrolit cair. 

Jika anda menggunakan tipe aki basah maka sudah menjadi kewajiban untuk selalu memeriksa ketinggian air aki minimal seminggu sekali, karena jika anda menggunakan aki dengan kondisi airnya kurang dalam jangka waktu lama maka hal tersebut dapat merusak aki.

Jagalah agar ketinggian air aki anda selalu berada diantara batas "UPPER" dan " LOWER".
Jika ketinggian air aki anda sudah berada dibawah garis LOWER maka segera tambahkan dengan menggunakan air aki murni (H20), biasanya dipasaran dijual dengan kemasan botol berwarna biru. Jangan menambah air aki dengan menggunakan accu zuur ( Botol warna merah ).

Jangan pernah menambah air aki dengan menggunakan air tanah atau menggunakan air mineral, karena kedua air tersebut mengandung unsur logam yang nanti justru dapat merusak aki anda.

Sangat tidak disarankan mengisi air aki terlalu berlebihan sampai melewati batas UPPER karena hal ini akan menyebabkan asam sulfat ( H2SO4 ) meluap keluar membasahi bagian atas aki akibatnya akan menimbulkan kebocoran arus dan jamur pada kepala aki.

Periksa kondisi kepala  dan kabel terminal aki
















Periksa kondisi kepala aki dan kabel terminal aki. Segera kencangkan kabel terminal yang kendor dengan menggunakan Kunci pas 10 sampai kabel tersebut tidak dapat diputar dengan tangan. Kabel terminal aki yang kendur dapat mengakibatkan mobil tidak bisa distarter.

Perhatikan pula kondisi kepala aki, jika disitu terdapat jamur yang berwarna kehijauan siramlah dengan menggunakan air panas dan kemudian bersihkan dengan menggunakan kain lap.

kondisi kepala aki yang berjamur dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya pengisian air aki yang berlebihan, aki jarang dibersihkan dan kerusakan pada sil yang terdapat pada kepala aki. Kondisi kepala aki yang dibiarkan berjamur dalam waktu lama dapat merusak kepala aki dan membuat kabel terminal aki putus, pada mobil - mobil terbaru kabel terminal aki menjadi satu dengan engine harness sehingga akan sangat mahal jika harus diganti.

Periksa kebersihan dan saluran ventilasi aki


Selalu periksa kebersihan badan aki secara keseluruhan. Badan aki yang tertutup kotoran selain tidak enak untuk dipandang mata juga akan mempersulit kita untuk mematau ketinggian air aki dan kotoran juga dapan menyumbat lubang ventilasi yang terdapat pada tutup aki. 
Jika ventilasi aki tersumbat dapat mengakibatkan badan aki menjadi cembung dan dalam beberapa kasus dapat mengakibatkan aki meledak.

Untuk beberapa tipe aki yang digunakan pada mobil - mobil eropa seperti volvo dan Mercedes-Benz dimana akinya diletakkan di bagasi, pastikan bahwa selang ventilasi akinya terpasang mengarah keluar, jika tidak penguapan asam sulfat (H2SO4) akan mengakibatkan korosi pada body mobil.

Jangan memasang aksesoris kelistrikan yang berlebihan

Hindarilah memasang aksesoris kelistrikan yang melebihi daya sistem pengisian atau alternator pada mobil. Jika kita memasang aksesoris yang terlalu menyedot kelistrikan sistem pengisian maka akibatnya alternator tidak mampu mengisi aki selama mesin hidup.

Pada kondisi normal, saat mobil sudah hidup aki tidak boleh mengeluarkan arus listrik lagi, seluruh kebutuhan listrik mobil harus dapat ditanggung oleh alternator dan aki selalu dijaga keadaan penuh oleh alternator. 

Perhatikan Kondisi sistem Pengisian mobil anda

Sistem pengisian pada kendaraan berfungsi untuk menjaga aki kita selau dalam keadaan penuh. Jika anda pernah mengalami saat berkendara dimalam hari dengan posisi lampu, Air Conditioner dan aksesoris yang lain menyala, kemudian saat anda parkir atau keesokan harinya saat ingin menghidupkan mobil dan ternyata tidak dapat hidup itu bisa menjadi indikasi sistem pengisian anda tidak mampu berfungsi dengan baik saat diberi beban kelistrikan yang berat. 
Segera periksakan mobil anda ke bengkel kepercayaan anda.

Lepaskan Kabel aki jika mobil tidak dipakai dalam waktu yang lama

Jika suatu saat anda harus meninggalkan mobil anda dalam waktu yang lama, misalnya karena ada tugas kerja ke luar negeri selama satu bulan dan kebetulan tidak ada orang yang bisa memanaskan mobil anda, maka sebaiknya untuk mencegah baterai anda cepat soak atau bahkan rusak lebih baik lepaskan kabel terminal aki, lalu aki anda titipkan pada gerai penyetruman aki agar aki anda dapat disetrum secara berkala.

karena jika anda membiarkan aki anda dalam kondisi terpasang di mobil dalam waktu yang lama maka aki akan cepat soak, apalagi mobil - mobil sekarang mempunyai kontrol unit dalam jumlah yang banyak.
Memori Kontrol unit yang ada dimobil harus dijaga selalu ON dengan menggunakan tegangan aki, artinya walaupun mobil anda dalam kondisi mati tetap ada arus listrik yang keluar dari aki, sehingga aki menjadi cepat soak dan baterai menjadi cepat rusak.

Demikianlah beberapa tips yang mungkin dapat berguna bagi anda untuk memaksimalkan umur pakai  aki mobil kita. Aki memang komponen yang pasti akan rusak karena dipakai, namun perlakuan dan perawatan kita yang tepat akan memperpanjang usia aki sampai tingkat yang paling maksimal dan menghemat pengeluaran yang seharusnya tidak perlu.

Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!




www.montirpro.com  08111857333

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel