...

Penyebab Muncul Bunyi Dengung Pada Gardan

January 24, 2017

Bunyi Dengung Bikin Bingung

Pada saat mobil berjalan pada kecepatan menengah dan tinggi terdengar bunyi mendengung dari bagian bawah mobil.

Bunyi ini dihasilkan oleh benturan yang terjadi antara roda gigi gardan. Bunyi yang dihasilkan cukup tinggi dan sangat mirip dengan bunyi dengaung yang diakibatkan roda gigi transmisi.


Penyebab Muncul Bunyi Dengung Pada Gardan




Karakteristik bunyi dengung yang diakibatkan oleh roda gigi gardan adalah biasanya terasa saat mobil berjalan pada kecepatan antara 40 sampai 50 Km/Jam pada semua tingkat percepatan transmisi.

Bunyi yang dihasilkan juga tidak terlalu memekakkan telinga namun cukup mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Penyebab utama bunyi dengaung pada gardan

  1. Getaran karena benturan roda gigi gardan
  2. Kurangnya rigiditas carrier diferensial
  3. Getaran poros propeller
  4. Kurangnya rigiditas kotak poros transmisi
  5. Getaran dialirkan melalui mounting mesin

PETUNJUK:
  • Bunyi dengung pada gardan dapat dihilangkan dengan melakukan penyetelan bearing gardan.



  • Kadang masalah ini juga dapat diperbaiki dengan meluruskan bagian suspensi atau rumah gardan pada kendaraan berpenggerak belakan dengan suspensi belakang type independent.



  • Jika hal tersebut tidak dapat menghilangkan bunyi dengung mungkin perlu dilakukan penggantian ring gear dan roda gigi pinion.



  • Pada kendaraan berpenggerak roda depan dengan  transmisi otomatis, bunyi yang dihasilkan oleh counter gear dari  transaxle akan bersuara nyaring.


Proses terjadinya bunyi dengung

1. Mobil penggerak roda belakang


  • Jika terjadi backlash yang terlalu besar antara ring gear dan pinion gear pada saat keduanya berputar maka akan menimbulkan benturan diantara keduanya dan menghasilkan getaran yang menimbulkan bunyi dengung.
  • Getaran yang dihasilkan pada gardan akan bertambah kuat saat getaran tersebut beresonansi atau diteruskan oleh propeller shaft dan suspensi belakang.

  • Kemudian getaran yang sudah bertambah kuat ni akan diteruskan ke body mobil dan menghasilkan suara dengaung yang cukup keras. 

2. Mobil berpengerak roda depan


  • Pada mobil penggerak depan yang menggunakan transaxle getaran yang dihasilkan pada roda gigi diferential akan diteruskan oleh transaxle case ke body mobil lewat munting-mounting mesin.
  • Getaran roda gigi differential juga dapat diteruskan ke body mobil melalui sambungan pemindah gigi transmisi, speedo meter untuk mobil yang masih menggunakan kawat baja. Bunyi yang dihasilkan oleh transaxle ini dapat terdengar samapi ke dalam mobil.


Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!




www.montirpro.com  08111857333

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar