Penyebab Body Mobil Bergetar Saat Putaran Idle

Gejala getaran saat idle dapat dirasakan saat mesin dihidupkan pada putaran stationer atau idle  sekitar 700 - 800 Rpm dan kita dapat merasakan getaran halus di area body kendaraan, panel instrument, roda kemudi tuas transmisi dan tempat duduk.


Penyebab Body Mobil Bergetar Saat Putaran Idle



Getaran yang dihasilkan dapat berlangsung secara terus menerus atau bahkan sesekali menghilang. Getaran yang dihasilkan sama seperti dengan getaran yang dihasilkan saat putaran idle tidak sempurna, Namun saat putaran mesin dinaikkan sampai tingkat tertentu getaran ini menghilang.

Penyebab Utama

  • Torsi mesin berubah-rubah (fluktuasi)
  • Resonansi pipa exhaust
  • Getaran diteruskan melalui mounting mesin.
  • Getaran diteruskan melalui penumpu pipa exhaust.

Mekanisme

Torsi mesin yang berubah-rubah naik dan turun menyebabkan terjadinya getaran mesin pada sumbu gulingnya Getaran memburuk jika beban mesin meningkat atau setelan mesin buruk.


2. Getaran ini diteruskan melalui mounting mesin ke bodi, sehingga bodi bergetar.


3. Getaran mesin dialirkan melalui pipa exhaust dan menyebabkan getaran. Getaran diteruskan ke bodi melalui ring penumpu exhaust.


4. Roda kemudi dan tempat duduk juga bergetar,  bersamaan dengan getaran bodi.


PETUNJUK:
Getaran saat mesin idle lebih mungkin terjadi ketika AC diputar ke ON, motor blower bekerja, kecuali transmisi otomatis berada pada posisi "N" atau "P", rem kaki atau rem tangan sedang dipakai, saat kendaraan belum bergerak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel