5 Lampu Indikator Dashboard Yang Tidak Boleh Diabaikan.

Lampu Indikator Dashboard 

Jangan abaikan jika salah satu lampu peringatan dibawah ini menyala saat sedang berkendara, Segeralah tepikan kendaraan ditempat yang aman, periksa dan lakukan perbaikan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah dan kemungkinan terjadi kecelakaan yang fatal.

1. Lampu Indikator Tekanan Oli 

5 Lampu Indikator Dashboard Yang tidak boleh diabaikan.
Indikator Oli Mesin

Lampu indikator tekanan oli akan menyala jika tekanan oli mesin berkurang atau tekanan oli mesin terlalu rendah sehingga tidak bersirkulasi dengan maksimal untuk melumasi dan melindungi komponen mesin, segera pinggirkan mobil, matikan mesin dan periksa jumlah oli pada dipstick oli.

Kemungkinan Penyebab Lampu Indikator Oli Mesin Menyala :

  • Jumlah oli terlalu sedikit (karena konsumsi atau kebocoran)
  • Viskositas oli terlalu rendah
  • Kerusakan pompa oli.
  • Kerusakan alat pengukur tekanan oli (oil Pressure switch).
Jika penurunan tekanan oli mesin dibarengi munculnya suara kasar pada mesin menandakan mesin tidak mendapat pelumasan yang cukup .

Jika mobil dengan kondisi seperti itu tetap dipaksa beroperasi maka dapat menimbulkan kerusakan yang cukup parah pada komponen-komponen bagian dalam mesin.

Baca juga : Penyebab Konsumsi Oli Mesin Boros

2. Lampu Indikator Temperatur mesin

5 Lampu Indikator Dashboard Yang tidak boleh diabaikan.
Indikator Temperatur mesin

Lampu indikator temperatur mesin akan menyala jika temperatur mesin terlalu tinggi (overheat).
Jangan paksakan mobil berjalan saat mengalami overheat karena dapat mengakibatkan kerusakan mesin yang parah seperi piston meleleh, katup-katup macet, cylinder head retak atau melengkung.

Hentikan kendaraan, matikan mesin, buka kap mesin dan periksa kondisi air radiator, radiator dan selang-selang radiator, perhatikan jumlah air radiator pada tangki cadangan (reservoir tank).

PERHATIAN :

JANGAN membuka reservoir tank atau tutup radiator saat mesin masih panas, tunggu sekitar 30 menit sampai suhu mesin turun. Uap panas di dalam mesin dapat menyembur keluar dan membakar tubuh. 

Jika air radiator kurang, tambahkan dengan air yang bersih atau menggunakan coolant radiator pada saat mesin sudah dingin.

Kemungkinan Penyebab Lampu Idikator Temperatur Mesin Menyala: 


  • Air Radiator Kurang
  • Thermostat macet
  • Water pump rusak
  • Kipas radiator rusak
  • Fan belt putus
  • Radiator bocor atau tersumbat
  • Tahanan pada gas buang ( Cataltic converter tersumbat ).


Petunjuk:

Jika overheat mesin diakibatkan cuaca yang panas atau mobil berjalan dengan beban berat, matikan AC dan setel heater pada posisi HIGH.
Hal ini dapat membantu menurunkan temperatur mesin. Namun trik ini tidak akan berhasil jika overheat disebabkan air radiator yang kurang.
Baca Juga :
Lampu Indikator Temperatur Mesin Menyala Tanda Mesin Overheat
Penyebab Mesin Over Heat 

3. Lampu Indikator Pengisian Baterai 

5 Lampu Indikator Dashboard Yang tidak boleh diabaikan.
Indikator Baterai

Lampu dengan lambang baterai akan menyala jika tegangan pengisian yang dihasilkan alternator terlalu rendah. Saat lampu ini menyala mobil masih dapat hidup sekitar 20 -  30 menit sampai tegangan baterai habis dan mesin berhenti berputar (waktu habisnya baterai bisa lebih cepat jika berkendara dimalam hari dengan lampu depan menyala).

Kemungkinan Penyebab Lampu Indikator Pengisian Baterai Menyala : 


  • Fan belt atau serpentine belt yang menggerakkan alternator putus
  • Alternator rusak
  • Kabel baterai korosi atau kendor. 


Buka kap mesin dan periksa drive belt yang memutar alternator dalam keadaan terpasang dengan baik, dan dapat memutar alternator pada putaran idle.

Jika fan belt tidak bermasalah kemungkinan besar masalahnya dari sistem pengisian yang memerlukan analisa dan  perbaikan lebih lanjut.
Segera cari bengkel terdekat, sebelum baterai benar-benar habis dan mobil mogok.

Baca juga : Tips Menangani Baterai Mobil Yang Soak

4. Indikator Peringatan Rem 

5 Lampu Indikator Dashboard Yang tidak boleh diabaikan.
Indikator REM

Lampu indikator rem pada mobil akan menyala karena beberapa hal diantaranya : saat rem tangan atau rem parkir tidak dilepaskan, jumlah minyak rem di tabung berkurang, dan tekanan hidrolis di dalam saluran minyak rem rendah.

Kekurangan minyak rem mengakibatkan hilangnya tekanan hidrolis  akan membuat sistem rem tidak berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan saat pedal rem diinjak.

Injak pedal rem untuk memeriksa fungsi rem. Apakah system rem berfungsi..?
Jika ya, segera pinggirkan kendaraan, buka kap mesin dan periksa jumlah minyak rem yang terdapat pada tabung minyak rem yang terletak di atas master rem.
Jika minyak rem kurang, periksa kebocoran pada saluran system rem, dan jika terdapat kebocoran kendaraan tidak aman untuk dikendarai.

Saat berkendara dan sistem rem dirasa kurang maksimal dengan gejala yang dapat dirasakan seperti pedal rem terasa terlalu ringan dan bahkan sampai menyentuh lantai mobil saat diinjak, lakukanlah beberapa hal ini untuk membantu menghentikan laju mobil :


  • Kocoklah pedal rem beberapa kali   untuk meningkatkann tekanan rem agar kendaraan dapat berhenti. 
  • Jika tidak berhasil gunakan rem tangan untuk memperlambat laju kendaraan.
  • Pada transmisi manual, sambil melepas kaki anda dari pedal gas,segera pindahkan tranmisi ke posisi netral kemudian ke gigi yang lebih rendah untuk mendapatkan efek engine braking untuk memperlambat laju kendaraan.
  • Jika semua tidak berhasil arahkan mobil ketempat yang terbuka atau menanjak.


Kemungkinan Penyebab Lampu Indikator Rem Menyala : 


  • Minyak rem berkurang karena kebocoran pada komponen system rem  (master cylinder, caliper, wheel cylinder, brake lines atau hose ).
  • Kerusakan pada switch minyak rem.
  • Rem tangan atau rem parkir tidak terlepas dengan sempurna.
  • Kerusakan switch rem parkir.


Peringatan :
Jika pedal rem terasa ringan atau terlalu rendah sampai menyentuh lantai mobil atau pedal rem harus dikocok agar mobil bisa berhenti menandakan mobil sangat tidak aman untuk dikendarai. Bawa atau derek mobil anda segera ke bengkel untuk perbaikan. 
Baca Juga : Penyebab Rem Tidak Pakem 

5. Indikator tekanan ban 

5 Lampu Indikator Dashboard Yang tidak boleh diabaikan.
Indikator TPMS

Pada mobil-mobil yang sudah dilengkapi sistem TPMS, lampu indikator ini akan menyala jika tekanan angin di dalam ban berkurang sampai 25 % dari seharusnya.

Berkendara dengan tekanan ban yang rendah sangat berbahaya karena bisa membuat ban meledak. Tekanan ban yang rendah juga mengurangi efektivitas rem, mengurangi daya cengkeram ban ke jalan, kerusakan atau keausan yang tidak merata pada tapak ban, tarikan mobil menjadi berat dan menaikkan konsumsi bahan bakar.

Carilah tempat pengisian angin ban dan periksa tekanan pada setiap ban dengan menggunakan gauge yang akurat. Tambahkan tekanan  angin ban sampai tekanan yang ditentukan (Lihat petunjuk pada buku manual atau pada label yang terpasang dekat pilar pintu ). Biasanya tekanan ban untuk mobil penumpang sekitar 32 sampai 34 Psi.

Kemungkinan Penyebab Lampu Indikator Tekanan Ban Menyala : 


  • Kekurangan angin disebabkan oleh ban tertusuk benda tajam atau kerusakan pada pentil ban. Kekurangan tekanan secara alami ( tekanan angin ban akan berkurang sekitar 1 sampai 2 psi dalam 1 bulan ).
  • Kerusakan pada sensor TPMS.


Periksa tekanan ban secara berkala ( setidaknya 1 bulan sekali atau sebelum melakukan perjalanan jauh.)

Periksa tekanan ban dalam keadaan dingin atau sebelum mobil berjalan, karena jika pemeriksaan setelah mobil berjalan hasilnya jadi tidak akurat karena tekanan ban cenderung tinggi. Temperatur ban yang habis berjalan akan meningkat akibat gesekan dan hal ini akan membuat tekanan angin di dalam ban meningkat.

Indikator peringatan yang lain 


 Lampu Indikator Dashboard
 Lampu Indikator Dashboard 

Lampu indikator pada tiap mobil berbeda-beda bentuk dan letaknya. Keterangan mengenai indikator ini dapat ditemui pada buku pedoman pemilik .


Catatan :

Lambang dan bentuk indikator juga terkadang berbeda pada negara dimana mobil tersebut dijual.



Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!




www.montirpro.com  08111857333

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel