Senin, 17 Oktober 2022

Mana Yang Lebih Baik? Memperbaiki Atau Mengganti Mesin

Perbaiki Atau Ganti?



Ketika mengalami kerusakan mesin, itu merupakan pengalaman yang sangat buruk, karena terkadang menimbulkan dilema untuk mengambil keputusan.
Haruskah Anda menghabiskan uang Anda untuk mengganti mesin lama Anda? Atau akankah lebih baik untuk mengganti mesin yang lama dengan yang baru? 

Apakah mesin lama Anda bisa diperbaiki? Atau harus diganti dengan mesin baru, remanufactured engine atau mesin bekas?
Manakah dari opsi ini yang merupakan cara terbaik untuk dilakukan, dan mana yang akan memberi Anda keuntungan secara finasial?
 

PERBAIKI MESIN  ATAU GANTI?

Jika mobil  Anda sudah berusia lebih dari 10 tahun, dan Anda sangat menyukai mobil tersebut, atau Anda tidak mampu membeli kendaraan lain saat ini, pilihan terbaik Anda mungkin adalah memperbaiki atau mengganti mesin Anda. 

Harga suatu mobil akan terdepresiasi  seiring berjalannya waktu, meskipun jika kilometer tempuhnya masih sangat sedikit. Pada saat kendaraan Anda membutuhkan mesin, perhitungkan nilai jual kendaraan tersebut dengan biaya perbaikan yang kadang yang kita kelauarkan agar mobil tersebut dapat berfungsi dengang baik, yang terkadang nialinya sangat tidak masuk akal. Jika mobil a Anda bernilai kurang dari sekitar 100juta, pikirkan baik-baik sebelum Anda memutuskan mengeluarkan dana besar untuk perbaikan. Mungkin uang Anda akan lebih baik dihabiskan untuk memebeli kendaraan yang lebih baru.


Jika mesin lama Anda sudah menempuh jarak yang lumayan tinggi (100.000 Km atau lebih), konsumsi bahan bakarnya boros, putarannya kasar dan berisik maka biaya perbaikannya biasanya akan sangat mahal. 
Membangun kembali mesin dengan jarak tempuh yang tinggi sering kali membutuhkan boring cylinder untuk dapat memasukan oversized piston  yang lebih besar. Ini tentu saja  akan memakan banya biaya terkait dengan penggantian part dan pekerjaan bubut. Blok mesin mungkin juga harus dibubut untuk mengembalikan keselarasan dan kebulatan  crankshaft main bores. Permukaan dek pada blok mesin mungkin harus dibubut juga  untuk mengembalikan kerataan.

Cylinder head juga harus di- resurfacedexhaust valve diganti, mungkin valve seat jika itu adalah aluminum head, dan overhead cam bore mungkin perlu lubang garis juga untuk mengembalikan permukaan bantalan dan pelurusan cam bore.

Selain melakukan pekerjaan bubut pada mesin, mesin harus benar-benar dibongkar, dibersihkan secara menyeluruh dan diperiksa dari keretakan atau kerusakan lain yang mungkin membuat block atau heads tidak dapat dibangun kembali. Jika block dan heads  baik, crankshaft mungkin harus dibubut ulang menjadi terlalu kecil untuk mengembalikan permukaan journalcamshaft dan lifters mungkin diperlukan jika suku cadang lama menunjukkan terlalu banyak keausan. Sama untuk piston.


Suku cadang baru lainnya yang akan diperlukan termasuk main, rod and cam bearingstiming chain and gear set (or timing belt if it is an OHC engine with a belt) oil pump baru, dan bagian lain yang rusak. atau terlalu banyak dipakai. Semuanya menambahkan hingga perbaikan yang sangat mahal.

Karena semua suku cadang dan tenaga kerja yang diperlukan untuk membangun kembali mesin dengan jarak tempuh yang tinggi, banyak bengkel dan dealer merekomendasikan untuk mengganti mesin lama Anda dengan "crate engine" baru atau mesin "remanufactured" (reman). Keduanya datang kurang lebih lengkap, dan biasanya bisa dipasang dalam sehari. Tidak ada penundaan menunggu pekerjaan mesin atau suku cadang untuk mesin lama Anda, dan sebagian besar mesin peti dan mesin reman dilengkapi dengan garansi.


Adapun mesin bekas, mereka bisa berisiko. Mesin dari kecelakaan jarak tempuh rendah di tempat penyelamatan mungkin baik-baik saja. Dengan jarak tempuh rendah, maksud kami kurang dari sekitar 60.000 mil. Dan jika salvage yard akan menjamin mesinnya bagus (beberapa akan, beberapa tidak), mungkin akan jauh lebih murah untuk membeli mesin bekas dan memasangnya. Tetapi jika mesin memiliki banyak mil di atasnya, atau keluar dari mobil rongsokan (bukan mobil yang rusak), atau tempat penyimpanan tidak menjaminnya, jangan membelinya. Terus mencari atau memilih mesin peti baru atau mesin reman dari pemasok terkemuka.


Satu hal yang sangat penting untuk diingat jika Anda berbelanja untuk mesin bekas yang bagus adalah bahwa mesin itu harus kompatibel dengan sistem manajemen mesin Anda, sensor dan wiring harness. Karena desain dan kalibrasi mesin sering berubah dari satu tahun ke tahun berikutnya, Anda mungkin mengalami masalah dalam menemukan mesin dari tahun yang sama, membuat dan model seperti kendaraan Anda saat ini, atau yang "cukup dekat" untuk kompatibel.


MESIN  BARU ATAU MESIN REMANUFAKTUR?

New Engine adalah Mesin baru yang dimana seluruh bagian dalam mesin merupakan komponen baru  yang berasal dari pabrik manufaktur dan bisanya datang dalam wadah pengiriman berupa peti.  Mesin-mesin produksi terbaru sebuah mobil banyak yang sudah di "upgrade" dari versi sebelumnya, yang bisa saja berbeda dari segi displacement atau  horsepower. Selebihnya pada dasarny sama dengan mesin aslinya. 


Sebuah mesin remanufaktur  adalah mesin bekas yang telah dibongkar, dibersihkan, diperiksa dan di-rebuilt  kembali dengan spesifikasi seperti mesin baru. Beberapa komponen yang mungkin sudah mengalami keausan karena usia seperti, bearing, ring, timing chain, valve spring, gasket, seal, oil pump  dan suku cadang lainnya akan langsung diganti terlepas apapun kondisinya, dan suku cadang utama mesin crankshafts, camshafts and pistons jika akan diganti sesuai dengan kondisi komponen tersebut. Mesin yang ihasilkan akan memiliki spesifikasi kualitas atau bahkan melebihi mesin OEM.


Keuntungan lain dari memilih mesin remanufactured atau rebuilt engine daripada mesin baru adalah ia mesin jenis ini menggunakan komponen yang didaur ulag yang sangat ranah lingkungan. 


sebagai perbandingan, mesin-mesin  baru, menggunakan semua komponen yang benar-benar baru (engine block, cylinder heads, crankshaft , connecting rods, pistons, camshaft, valves, dll.). Karena itu, mesin baru  harganya pasti jauh lebih mahal daripada mesin remanufaktur 
Mesin baru  dan mesin remanufaktur  biasanya sama-sama memberikan garansi. 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *