Tips rahasia menghemat BBM mobil

Hemat BBM, Hemat Energi, Hemat Biaya


Harga bahan bakar minyak setiap tahun terus meningkat, hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar mengingat  bahan bakar minyak merupakan sumber energi yang tidak terbarukan dan cadangannya semakin menipis, sementara konsumsinya semakin meningkat.

Bagi orang yang setiap hari beraktifitas menggunakan mobil pribadi mahalnya harga BBM tentu saja menjadi perhatian, dan pasti setiap orang ingin menekan biaya pembelian bahan bakar tersebut seminim mungkin.

Untuk melakukan penghematan BBM mobil ada banyak cara yang dapat dilakukan, namun pada dasarnya hanya mencakup dua hal yaitu : melakukan perawatan mobil secara berkala dan gaya mengemudi yang hemat BBM.


Tips rahasia menghemat BBM mobil
Pompa Bensin SPBU

Berikut beberapa tips yang  dapat diterapkan untuk menghemat konsumsi BBM


Langkah pertama adalah mengetahui konsumsi rata-rata BBM mobil 


Banyak pengemudi mobil jarang sekali mengetahui konsumsi rata- rata mobil mereka secara real, dan tidak sedikit yang tidak tahu bagaimana menghitung konsumsi BBM rata-rata mobil mereka.

Mobil – mobil modern saat ini rata -rata sudah dilengkapi dengan informasi konsumsi bahan bakar yang ditampilkan pada layar instrument cluster di dashboard. Namun berdasarkan pengalaman hasil penghitungan yang ditampilkan tersebut tidak terlalu akurat, dapat melenceng sekitar 5 -10 % dari kondisi sebenarnya.


Jadi bagaimana melakukan pengukuran konsumsi bahan bakar secara sederhana dan lebih akurat ..??


Pertama isi tangki mobil anda sampai PENUH, yang dimaksud pengisian sampai penuh disini adalah ketika melakukan pengisian BBM di SPBU biarkan sampai alat pengisian pompa bensin mati sendiri akibat BBM di tangki sudah penuh.

Kemudian seting trip meter mobil anda ke posisi Nol.

Perhitungan konsumsi BBM mobil yang lebih real dapat dilakukan, dengan kondisi tangki penuh dan trip meter menunjukkan angka Nol.

Catat total kilo meter tempuh yang tertera di trip meter saat akan melakukan pengisian BBM kembali.

Saat melakukan pengisian kembali lakukan juga sampai tangki kondisi penuh.  Catat jumlah bensin yang dimasukkan dan kilometer yang tercatat di Trip meter.

Jumlah konsumsi rata-rata bahan bakar dapat diperoleh dengan membagi total Km dengan jumlah bahan bakar yang dimasukkan saat pengisian kedua.

Contoh :

Bensin yang masuk : 20 Liter
KM tempuh : 200 Km
Konsumsi BBM mobil  = 200 Km : 20 Liter = 10 Km/Liter

Artinya konsumsi BBM mobil = 1 liter bensin  dapat digunakan untuk  menempuh jarak  sejauh 10 Km (1:10).

Kemudian seting kembali trip meter ke posisi Nol.

Lakukan proses ini 4 sampai 5 kali untuk mendapatkan konsumsi BBM rata-rata yang lebih akurat.

Setelah mengetahui konsumsi BBM rata – rata mobil baru kita dapat membandingkan konsumsi BBM mobil kita dengan konsumsi BBM mobil lain yang sejenis atau bandingkan dengan rasio BBM sesuai klaim dari pabrikan.

Apakah konsumsi BBM anda lebih boros ..?

Jika jawabannya adalah Ya, berarti anda harus membaca artikel ini sampai habis dan menerapkannya.


Cara mengemudi yang hemat BBM


Ngebut = Boros 

Biasakanlah mengemudi dengan kecepatan yang wajar. Saat anda menginjak pedal gas semakin dalam bensin yang dikonsumsi mesin akan semakin banyak.

Mobil yang berjalan dengan kecepatan tinggi diatas 100 km/jam akan mendapat tahanan angin yang sangat besar sehingga tenaga mesin yang lebih besar harus dikeluarkan untuk melawan tahanan angin tersebut akibatnya konsumsi BBM akan meningkat

Kemudikanlah mobil anda dengan kecepatan yang wajar.

Mobil yang dipacu dengan kecepatan diatas 100 km/jam akan mengkonsumsi BBM lebih besar 10 - 15 %  jika dibandingkan dengan mobil yang kecepatannya dipertahankan antara 60-80km/jam.

Lalu bagaimana dengan yang suka ngebut ?

Ya. Kita harus realistis dengan tujuan kita.

Jika anda pecinta kecepatan tinggi maka lupakan  keinginan untuk menghemat BBM.

Ingat...Ngebut  = Boros


Lakukan STOP and Go dengan halus.

Hindarilah melakukan penginjakan pedal gas dan pedal rem secara mendadak.
Saat berkendara kita harus pandai membaca situasi jalan raya agar dapat menjaga momentum jalannya mobil.

Contohnya saat berjalan merayap ditengah kemacetan jagalah jarak dengan mobil di depan sehinga kita bisa mengatur kecepatan mobil agar tidak sampai berhenti karena di rem. Tenaga yang dikeluarkan mesin mobil akan lebih besar untuk mulai berjalan dari posisi berhenti total, sehingga konsumsi BBM pastinya akan lebih boros.

Satu lagi contoh saat akan menjelang traffic light, perhitungkanlah kondisi lalu lintas di depan, jika memungkinkan aturlah kecepatan mobil agar saat menjelang traffic light lampu sudah berwarna hijau dan kendaraan di depan sudah mulai bergerak.

Jika anda dapat melakukan ini, berarti anda seorang pengemudi yang sangat ahli...

Namun jika anda terpaksa harus berhenti di lampu merah lakukanlah pengereman dengan halus dan lepaskan kaki anda dari pedal gas, hal ini sering tidak disadari saat kaki menempel di pedal gas katup throtle akan terbuka dan bensin yang masuk ke dalam mesin akan lebih banyak.


Melakukan metode " block gear changing"

Mobil dengan transmisi manual cenderung lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan mobil tipe yang sama menggunakan transmisi otomatis.

Sesuaikakanlah gigi transmisi yang dipilih dengan kecepatan mobil

Biasanya saat menggunakan transmisi manual perpindahan gigi dilakukan secara berurutan dari 1..2...3..dst sesuai dengan kecepatan mobil.
Ada satu metode yang diklaim dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih irit dengan menggunakan metode "blok gear changing" yaitu melakukan pemindahan gigi secara tidak berurutan seperti dari gigi 1...3... 5 dst.

Jika anda cekatan anda dapat berpindah dari gigi 1 langsung ke gigi 3 dan dari gigi 3 langsung ke gigi 5 ( hal ini memerlukan latihan berulang ulang agar anda mahir ).

Kuncinya adalah untuk memastikan bahwa mesin tidak berputar terlalu tinggi pada gigi rendah dan tidak berputar terlalu lambat pada gigi tinggi.

Putaran mesin yang terlalu tinggi pada gigi rendah akan membuat bahan bakar terbakar secara sia-sia. Putaran mesin yang rendah pada gigi tinggi akan membuat mesin bekerja terlalu berat.


Gunakan gigi tertinggi saat berjalan menurun

Banyak orang beranggapan agar mobil lebih irit , saat jalan menurun memasukkan persneling pada posisi netral, padahal mobil akan lebih irit jika diposisikan pada posisi gigi tertinggi saat diturunan.
Banyak mobil yang sekarang dilengkapi teknologi yang akan memutuskan suplai bahan bakar saat mobil berjalan diturunan dengan posisi masuk gigi tertinggi. Jika mobil seperti ini diposisikan di gigi netral maka bahan bakar akan tetap  mengalir ke mesin.

Manfaatkan engine braking (memindahkan gigi ke yang lebih rendah) untuk mengurangi kecepatan mobil, selain hal ini juga membuat mobil lebih irit, juga dapat meringankan kerja rem.


 Teliti saat melakukan pengisian BBM di SPBU

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan pengisian BBM agar mendapatkan BBM yang berkualitas dan sesuai takaran.


Pilihlah SPBU yang jujur.

Kita sering mendengar berita adanya pengusaha SPBU yang berlaku tidak jujur dengan mengurangi takaran dari seharusnya, sebagai konsumen kita harus jeli dalam memilih SPBU agar jangan sampai dirugikan.

Salah satu trik yang dapat dilakukan dalam memilih SPBU adalah dengan membeli di SPBU yang terlihat ramai, terutama jika SPBU tersebut sering digunakan oleh para pengemudi angkot atau taksi.

Pengemudi angkot atau taksi pastilah sangat memperhaikan konsumsi BBM mobil mereka dan mereka pastinya dapat mengetahui perbedaan konsumsi BBM yang terjadi jika takarannya dikurangi.

Lebih baik melakukan pembelian BBM di pagi hari  

Hal ini akan sangat mempengaruhi jumlah bahan bakar yang anda peroleh per rupiahnya. Dapatkan keuntungan dengan mengisi BBM di pagi hari saat suhu udara masih dingin. Temperatur bahan bakar seperti bensin, solar dan ethanol akan sangat mempengaruhi uang yang anda keluarkan per liternya.

SPBU tidak menggunakan alat yang akan mengkompensasi perubahan temperatur BBM . Tempat penyimpanan BBM SPBU berada di tangki bawah tanah, maka semakin dingin suhu BBM maka tingkat kepadatan BBM juga semakin tinggi (Density).

Saat BBM dalam kondisi panas maka akan mulai memuai. Jadi ketika anda membeli BBM sebanyak 1 liter di siang hari maka akan mendapatkan kurang dari 1 liter.

Pompa SPBU tidak mengukur volume aktual atau kepadatan BBM tapi melakukan pengukuran flow rate BBM yang kemudian diterjemahkan kedalam ukuran  Volume (liter)
Tingkat aliran (flow rate) tidak terpengaruh oleh perubahan suhu seperti hal-nya density ( kepadatan ) BBM.

Jadi jika pompa SPBU di seting untuk mengeluarkan BBM 1 Liter dalam 10 detik berdasarkan tingkat aliran BBM . Pada saat pagi suhu dingin sekitar 15 derajat celcius BBM akan lebih padat dan anda akan memperoleh 2. 5% BBM lebih banyak jika dibandingkan anda mengisi BBM pada siang hari dengan suhu 35 derajat celcius.

Gunakan BBM dengan oktan yang sesuai anjuran pabrikan.

Bensin yang tersedia di Indonesia terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan oleh nilai oktan-nya.
Gunakanlah bensin dengan angka oktan yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Banyak orang menggunakan bahan bakar oktan tinggi walaupun sebenarnya mobilnya tidak mengharuskan hal tersebut.
Jika pada buku manual mengatakan untuk menggunakan oktan rendah, gunakanlah bensin dengan oktan rendah.

Menggunakan bahan bakar oktan tinggi pada mobil tersebut hanya menghamburkan uang.

Kenapa ..?

Bensin dengan angka oktan yang tinggi dibutuhkan oleh mesin-mesin kompresi tinggi yang temperatur mesinnya jauh lebih panas, sehingga membutuhkan bensin oktan tinggi untutk mencegah terjadinya knocking dan mesin dapat mencapai tenaga maksimal.

Jadi jika mobil anda menggunakan mesin kompresi rendah cukup gunakan bensin oktan rendah.


Mobil Berat = Boros 

Beban kendaraan akan sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil oleh karena itu keluarkan semua barang- barang yang tidak diperlukan dari dalam mobil.

Sebagai contoh kalau anda mempunyai mobil  untuk 7 penumpang , namun mobil lebih sering anda naiki seorang diri ataupun kalau ada penumpang sesekali bukankah hanya pada kursi baris kedua saja..?

Jadi ada boleh mempertimbangkan untuk melepas kursi baris ketiga dan menyimpannya di gudang dan dapat dipasang sewaktu-waktu kalau memang dibutuhkan.


Menggunakan Velg Alumunium 

Menggunakan velg alumunium yang lebih ringan dari pada velg baja dapat mengurangi berat mobil secara keseluruhan sehingga tenaga mesin yang dikeluarkan untuk memutar roda akan lebih kecil sehingga mobil akan terasa lebih bertenaga dan BBM akan lebih irit.

Namun anda harus hati-hati, ketika mobil terasa lebih bertenaga biasanya anda akan terpancing untuk ngebut dan tentu saja hal ini akan membuat mobil malah jadi boros.


Lepaskan roof rack yang terpasang di atap mobil

Berkendara dengan roof rack yang terpasang diatas mobil akan menimbulkan beberapa kerugian yaitu bobot mobil jadi bertambah, tahanan angin semakin besar dan mobil menjadi tidak stabil saat berjalan dengan kecepatan agak tinggi.

Roof rack memang akan sangat membantu jika bepergian dan membawa barang yang banyak, contohnya saat berlibur.
Namun untuk aktivitas harian mobil yang menggunakan roof rack akan mempunyai hambatan yang lebih besar dan akan membuat bahan bakar lebih boros.

Ada juga yang menggunakan roof rack dengan desain aerodinamis dan beranggapan tidak akan mempengaruhi aerodiamika mobil, namun sayang sekali hal tersebut tidak benar karena walaupun bentuknya sudah aerodinamis namun tetap saja memberikan hambatan pada laju kendaraan, oleh karena itu lebih baik lepaskan saja semua jenis roof rack yang terpasang jika memang sedang tidak digunakan.

Jadi lepaskan roof rack anda jika tidak digunakan.


Bukankah anda ingin menghemat bahan bakar anda..?


Gunakan telapak ban jenis "Low Resistance".

Pernahkah anda melihat mobil atau motor saat di jalan raya menggunakan ban untuk Off road..?

Kira-kira bagaimana konsumsi BBM mobil atau motor tersebut…?

Saat merancang ban, pabrikan ban mempertimbangkan desain tapak ban untuk mendapatkan tahanan gesek yang rendah.. Ban dengan rolling resistance yang rendah membuat beban mesin lebih ringan untuk menggelinding di jalan.

 Beban ringan = Tenaga mesin sedikit = BBM irit

 Menggunakan tapak ban yang salah dapat membuat BBM mobil jadi boros.




Perawatan mobil secara berkala menjaga kondisi mobil selalu efisien.

Mobil yang dirawat dengan teratur akan menjaga kondisi mesin selalu sehat, sehingga proses pembakaran yang terjadi di dalam mesin dapat berlangsung dengan sempurna dan efisien. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat melakukan perawatan berkala yaitu :

Periksa tekanan angin ban secara teratur

Walaupun terdengar sederhana namun tekanan angin ban yang rendah merupakan salah satu faktor utama penyebab BBM boros. Ban dengan kondisi kurang angin akan menimbulkan tahanan yang besar dengan permukaan jalan, mobil jadi lebih berat dan BBM jadi boros.

Periksalah tekanan  ban secara rutin setidaknya dua minggu sekali dan sesuaikan tekanan dengan standard yang ditetapkan oleh pabrikan. Standard tekanan angin ban biasanya ditempel pada pilar pintu depan sebelah kanan.

Ganti filter udara yang kotor

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara dari partikel debu dan kotoran sehingga tidak masuk ke dalam mesin. Karena tugasnya menyaring kotoran maka filter udara dapat tersumbat .

Jika filter udara tersumbat karena kotor maka mesin akan bekerja lebih berat untuk menghisap udara masuk kedalam ruang bakar. Untuk mengatasi menurunnya aliran udara maka sistem kontrol mesin akan memperkaya campuran bahan bakar agar mesin tetap dapat berputar dengan halus. Periksa dan ganti filter udara secara berkala agar mesin anda lebih irit bahan bakar.


Ganti oli mesin dan filter oli

Dengan mengganti oli memang tidak akan terlihat dampak secara langsung terhadap konsumsi bahan bakar, namun penggantian oli yang rutin akan menjamin semua komponen mesin dalam keadaan baik.

Ganti Busi

Fungsi utama busi adalah untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. Busi bekerja di ruang bakar yang sangat panas dan penuh jelaga, sehingga harus sering diperiksa dan diganti secara berkala. Busi yang bagus dan tidak tertutup kotoran karbon akan membakar bahan bakar dengan optimal.


Membersihkan Injektor dengan mesin pembersih injector ultrasonic

Injektor merupakan komponen yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke mesin.
Terkadang injektor akan mengalami  gangguan berupa tersumbat kotoran di dalam injektor.
Untuk membersihkan kotoran tersebut dapat menggunakan mesin pembersih injektor ultrasonic.

Pada dasarnya alat ini berupa  tabung kecil berisi cairan pembersih yang kemudian dialirkan kedalam injektor dengan getaran dan frekunsi yang tinggi (ultra high frecuency).
Karena getaran dengan frekuensi tinggi ini akan membuat lapisan karbon yang terdapat di dalam injektor akan terlepas .

Injektor yang dalam keadaan bersih akan menjamin campuran bahan bakar dan udara yang masuk kedalam mesin dapat optimal sehingga proses pembakaran lebih efisien dan mesin menjadi irit.

Perhatikan indikator Lampu cek engine

Lampu cek engine erat kaitannya dengan emisi gas buang kendaraan. Saat lampu tersebut menyala berarti sistem memonitor ada yang tidak benar dengan proses pembakaran di dalam mesin yang dapat membuat mesin jadi boros dan emisi gas buang meningkat.

Segera periksa mobil anda ke bengkel untuk mengetahui penyebab kenapa lampu engine tersebut menyala.

Melakukan modifikasi yang dapat menghemat BBM

Setelah mengubah gaya mengemudi yang lebih hemat BBM dan melakukan perawatan mobil dengan benar namun anda masih ingin melakukan penghematan BBM dengan melakukan beberapa perubahan mobil anda.

Merubah kipas radiator menggunakan motor fan 

Jika mobil anda masih menggunakan kipas radiator mekanikal yang digerakkan oleh fan belt maka anda dapat merubahnya dengan menggunakan motor fan.

Kipas radiator mekanikal diputar menggunakan oleh tenaga mesin secara terus menerus, sehingga beban mesin menjadi lebih berat dan konsumsi BBMnya lebih boros.

Motor fan menggunakan motor listrik untuk memutar kipasnya dan hanya akan memutar pada saat-saat tertentu saja seperti saat mesin sudah panas atau saat AC dihidupkan sehingga tenaga mesin akan lebih efisien.


Menggunakan Electronic Power Steering (EPS)


Mobil- mobil modern saat ini sudah banyak menggunakan Electronic Power steering atau EPS, yang dimana keuntungannya sudah sangat jelas yaitu mengurangi beban mesin untuk memutar pompa power steering seperti pada sistem hydraulic power steering.

Jika mobil anda masih menggunakan power steering hidroslis maka anda dapat mempertimbangkan merubahnya menggunakan EPS.

Merubah interior mobil menjadi warna cerah

Mobil dengan interior yang gelap akan menyerap panas lebih besar khususnya pada siang hari. Jika temperatur kabin mobil panas maka kompresor AC akan bekerja lebih lama untuk mendinginkan ruangan. Saat kompresor AC bekerja maka beban mesin semakin berat akibatnya BBM akan boros. Semakin lama kompresor AC bekerja semakin banyak BBM yang terpakai.

Menggunakan interior mobil yanglebih terang akan membuat ruang kabin lebih cepat dingin dan kompresor AC tidak bekerja terlalu berat.


Melakukan Programming ECU

Ini mungkin tips yang jarang sekali digunakan karena beberapa faktor diantaranya : biayanya mahal dan pemahaman bahwa remapping ECU hanya bisa dilakukan untuk meningkatkan tenaga mesin.

Banyak  sekarang bengkel – bengkel yang menawarkan remapping ECU untuk merubah setingan bahan bakar agar lebih irit, namun biasanya merubah setingan ini akan mempengaruhi tenaga maksimal mesin dan membuat emisi gas buang menjadi tidak ramah lingkungan, untuk negara-negara yang menerapkan standard emisi yang ketat biasanya mobil-mobil yang sudah melakukan remapping ECU ini tidak lolos uji emisi.

Menggunakan produk penghemat BBM after market..Apakah bermanfaat...?


Saat ini dipasaran banyak beredar berbagai macam jenis produk penghemat BBM dengan berbagai berbentuk seperti ada yang berupa pil,fuel line magnetizer, serbuk, cairan dan air flow disruptor.

Dari hasil review berbagai pihak produk - produk  tersebut tidak bekerja seperti yang diiklankan.

Anda harus berhati-hati kalau suatu produk ditawarkan terlalau boombastis biasanya dampak yang dihasilkan tidak terlalu menggembirakan

Secara logika kalau produk itu data menghemat konsumsi BBM sampai 50 % masa sih ga booming dipasaran… pastikan semua orang yang mempunyai mobil akan membeli produk tersebut.

...Kenyataannya…?


Just Do It

Jika anda benar-benar dapat melakukan tips-tips diatas secara konsisten anda akan dapat menghemat konsumsi BBM anda sampai 15%.

Apakah tidak tersa besar ?

Mari kita hitung.

Sebagai contoh Biaya pembelian bensin anda sehari 50.000

Kalau sebulan sekitar  1.500.000

Kalau satu tahun 1.500.00 X 12 = 18.000.000

18.000.000 – 15% = 2.700.000.

Cukup besar bukan.. bagi saya nilai tersebut sangat besar…
Coba hitung jika biaya bbm anda sehari mencapai 100.000. berapa besar biaya yang dapat anda hemat…?



Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!




www.montirpro.com  08111857333

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel