Tips menghidupkan mobil yang akinya soak

Tiga cara menghidupkan mobil saat aki soak


Mungkin ini adalah hal yang paling menjengkelkan, saat sedang terburu – buru akan pergi atau sedang berada di tempat parkir tiba – tiba mobil tidak dapat distarter karena aki mobil soak, dan hal itu terjadi  tanpa ada gejala yang dapat dirasakan sebelumnya.


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan aki mobil dapat menjadi soak tanpa disadari.


Mungkin saja saat meninggalkan mobil lupa untuk mematikan sistem kelistrikan mobil seperti lampu depan, radio atau pun pintu tidak tertutup rapat sehingga lampu kabin terus menyala.

Jika hal itu berlangsung  dalam waktu yang cukup lama maka dapat menyebabkan aki menjadi soak, dan mobil tidak akan kuat untuk distarter.

Aki yang soak bisa juga terjadi karena sistem pengisian mobil yang tidak berfungsi dengan benar, sehingga saat mobil berjalan tenaga listrik yang tersimpan di aki akan habis terpakai.

Saat mobil sudah hidup seharusnya seluruh kebutuhan listrik harus dapat ditanggung oleh alternator dan aki saat itu selalu dijaga dalam kondisi penuh oleh alternator, sehingga akan selalu siap saat dibutuhkan untuk melakukan starter.

Oleh karena itu hindarilah memasang aksesoris kelistrikan yang berlebihan pada mobil dan melebihi kemampuan alternator mensuplai tenaga listrik saat mobil sudah hidup.

Faktor lain yang dapat menyebabkan aki menjadi soak secara mendadak adalah perawatan yang tidak benar pada aki, seperti tidak pernah menambah air aki sehingga membuat sel – sel aki menjadi kering.

Kondisi kepala aki yang kotor atau berjamur juga dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter, oleh karena itu lakukanlah pemeriksaan aki dengan benar.

Namun jika hal itu sudah terjadi, apa yang dapat dilakukan agar mobil dapat dihidupkan ?.

Kalau kebetulan posisi mobil mogok tersebut dekat dengan toko sparepart yang menjual aki mungkin tidak terlalu masalah, tapi jika sebaliknya, hal tersebut pasti sangat mengganggu.


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghidupkan mobil dengan aki yang soak selain dengan mengganti aki.





  1. Di Jumper dengan menggunakan kendaraan donor atau kabel jumper
  2. Dijumper dengan menggunakan bantuan alat charging
  3. Dengan didorong menggunakan bantuan orang lain ( khusus untuk kendaraan dengan transmisi Manual )



Mari kita bahas satu-persatu


1.Dengan menggunakan kendaraan donor dan kabel jumper.

Tips menghidupkan mobil yang akinya soak
Jumper Menggunakan Mobil Lain




Mobil yang akinya soak dapat coba dihidupkan dengan bantuan mobil lain atau istilahnya dipancing dengan menggunakan kabel jumper.

Oleh karena itu sangat disarankan kabel jumper ini selalu  tersedia di dalam mobil, khususnya pada mobil yang menggunakan tranmisi otomatis.
Karena mobil yang menggunakan transmisi otomatis tidak dapat dihidupkan dengan cara didorong.


 Mobil yang akan digunakan untuk membantu menghidupkan mobil yang akinya soak harus mempunyai kapasitas aki yang lebih besar atau minimal sama dengan mobil yang mogok.




Pertama hidupkan mobil donor tersebut, kemudian hubungkan kabel jumper yang berwarnah merah ke terminal positif aki, lalu berikutnya hubungkan kabel jumper yang berwarna hitam ke terminal negatif aki.
Hati – hati saat melakukan hal tersebut, jangan sampai kedua kepala jumper bersentuhan karena hal ini dapat menimbulkan hubungan singkat dan aki menjadi rusak, kemudian hubungkan kabel jumper yang berwarna merah ke terminal positif mobil yang mogok dan kabel jumper yang warna hitam ke terminal negatifnya.
Setelah itu mintalah seseorang untuk menginjak pedal gas mobil yang memberikan pertolongan, dan tahan Rpm-nya diatas angka 2000. Putar kunci kontak mobil yang mogok untuk melakukan starting sampai mobil tersebut dapat hidup, jika mobil sudah hidup injak pedal gas untuk menaikkan rpm sampai 2000. Kemudian lepaskan kabel jumper dari kedua mobil tersebut. Biarkan mobil hidup beberapa saat ( sekitar 10 – 15 menit ) agar alternator melakukan pengisian.
Setelah itu coba matikan mobil tersebut dan kemudian hidupkan lagi, jika mobil sudah dapat dihidupkan dengan normal berarti aki sudah kembali terisi penuh. Namun jika setelah dimatikan, mobil kembali tidak kuat starter berarti ada kemungkinan aki sudah benar – benar soak dan sudah tidak bisa menyimpan tenaga listrik, segeralah ganti aki tersebut di toko sparepart atau bengkel langganan.



2. Dengan menggunakan bantuan alat charging


Tips menghidupkan mobil yang akinya soak
Jumper dengan menggunakan Battery Charging



Alat ini dapat digunakan jika lokasi mobil mogok terdapat sumber listrik yang dapat digunakan untuk menghidupkan alat charger tersebut.



Menggunakan alat ini cukup mudah, pasang kabel warna merah ke terminal positif aki, pasang kabel warna hitam ke terminal negatif aki, jika dialat tersebut ada pilihan angka 12 V atau 24 V maka pilihlah yang sesuai dengan aki mobil.
Dalam hal ini pilihlah angka 12 V.
Kemudian colokkanlah stekker alat charger tersebut ke sumber listrik dan kemudian hidupkanlah mobil tersebut.



3. Dengan didorong menggunakan bantuan orang lain


Jika ternyata kita tidak mempunyai alat – alat tersebut diatas, mungkin langkah terakhir yang dapat kita lakukan adalah menghidupkan mobil dengan cara didorong, namun hal itu hanya berlaku untuk mobil – mobil yang menggunakan transmisi manual.

Tips menghidupkan mobil yang akinya soak
Menghidupkan Mobil dengan Cara Didorong


 Mobil yang menggunakan transmisi otomatis tidak dapat dihidupkan dengan cara di dorong, mobil seperti itu hanya dapat dihidupkan dengan cara mengganti akinya atau di jumper dengan menggunakan bantuan mobil lain atau alat charger.


Langkah pertama yang harus diperhatikan sebelum menghidupkan mobil adalah perkirakan jaraknya apakah cukup panjang sampai mobil bisa hidup.
Kemudian Putar kunci kontak pada posisi ON, injak dan tahan pedal kopling, masukkan transmisi pada posisi gigi 2 atau 3.
Mintalah bantuan orang lain untuk mendorong mobil dengan kecepatan yang cukup. Saat mobil sudah mulai bergerak dan meluncur dengan kecepatan yang cukup lepaskan pedal kopling sambil imbangi dengan menginjak pedal gas.


Hati – hati saat mobil sudah hidup jaga jangan sampai mati lagi, tahan pedal gas pada rpm 2000 untuk membantu proses pengisian baterai oleh alternator.



Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!




www.montirpro.com  08111857333

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel