Memeriksa Kerusakan Water Pump

Cara Memeriksa dan Mengganti Water Pump

Water Pump merupakan salah satu komponen vital dari sistem pendingin mobil. Water pump berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin dari mesin ke radiator untuk melakukan proses pendinginan dan mencegah mesin mengalami overheat.

Water Pump

Water Pump


Di dalam water pump terdapat baling-baling yang terbuat dari logam atau plastik untuk memompa air pendingin agar bersirkulasi. Baling-baling water pump dipasang pada sebuah shaft di dalam housing water pump dan ditopang oleh bearing dan mempunyai seal untuk mencegah terjadinya kebocoran. Water pump biasanya dipasang pada bagian depan mesin dan digerakkan oleh fan belt atau timing belt.

Kerusakan Pada Water Pump

Kerusakan yang sering terjadi pada waterpump biasanya rusaknya seal water pump yang menyebabkan air pendingin bocor, water pump mengeluarkan suara berisik karena bearing yang rusak, dan baling-baling water pump rusak atau mengalami keausan.

Saat terjadi kebocoaran dari seal water pump maka air pendingin akan keluar dari mesin, jika kebocoran ini tidak segera diperbaiki maka dapat menyebabkan problem overheat pada mesin. Biasanya pengemudi tidak menyadari hal tersebut sampai jarum penunjuk temperatur menunjukkan mesin over heat atau lampu indikator temperatur menyala. Segera matikan mesin saat mesin mengalami overheat, jika mesin yang overheat tetap dipaksakan untuk beroperasi maka dapat menimbulkan kerusakan yang parah pada mesin.

Periksa semua komponen sistem pendingin (radiator, selang, water pump dll) apabila mesi pernah mengalami overheat. Jika terlihat tanda kebocoaran water pump melalui shaft atau lubang ventilasi, gantilah segera water pump.

Kerusakan Seal Water Pump


Seal yang terpasang pada shaft water pump berfungsi untuk mencegah kebocoran air pendingin mengenai bearing. Kerusakan seal water pump dapat disebabkan oleh karat dan kotoran atau sedimen yang terdapat pada air pendingin yang bersirkulasi di dalam sistem pendingin mesin.

Pada saat bekerja, shaft water pump dan bearing selalu menerima tekanan atau beban dari drive belt atau timing belt, dan juga dari fan pada kendaraan dengan desain fan dipasang pada pulley water pump. Beban tekanan yang diterima tersebut lambat laun dapat menimbulkan kerusakan pada shaft water pump dan bearing dan membuat water pump bocor.

Pada umumnya water pump produksi OEM didesain untuk dapat bertahan sampai 150.000 km lebih, namun banyak juga yang sudah mengalami kerusakan sebelum jarak tempuh tersebut. Jika shaft water pump terasa oblak dan bearing water pump mengeluarkan suara yang kasar sebaiknya water pump segera diganti walaupun belum bocor, karena biasanya tidak lama lagi pasti akan bocor.


Kerusakan Water Pump


Terkadang juga terjadi kerusakan di dalam water pump yang diakibatkan korosi pada baling-baling water pump atau baling-baling pada shaft water pump selip.

Beberapa merk mobil ada yang menggunakan baling-baling water pump dari bahan plastik untuk meningkatkan efisiensi pendinginan dan mengurangi kavitasi. Namun baling-baling dari plastik lebih cepat mengalami keausan jika air pendingin kotor dan mengandung bahan abrasif. Walaupun water pump tidak bocor, namun water pump tidak mampu mensirkulasikan air pendingin yang cukup untuk mendinginkan mesin.

Salah satu cara memeriksa water pump yang rusak adalah dengan memencet selang radiator atas  saat mesin panas dan berputar idle. Hati-hati selang radiator tersebut bisa sangat PANAS. Kemudian naiikkan putaran mesin dan rasakan apakah terasa aliran air pada selang radiator yang diremas tadi, jika tidak terasa aliran air kemungkinan water pump sudah tidak bagus. Penyebab lainnya bisa karena thermostat yang tidak terbuka atau radiator yang tersumbat.


Baca Juga : Lampu Indikator temperatur mesin menyala tanda mesin mengalami over heat

Cara Melepas Water Pump

Water pump pada tiap-tiap merk mobil mempunyai desain yang berbeda-beda baik dari segi ukuran, bentuk, panjang shaft. Sebelum melakukan penggantian water pump pastikan bahwa water pump yang baru sama persis dengan water pump yang rusak .

Prosedur melepas water pump



1. Kuras Air Radiator

Kendurkan valve drain yang terdapat dibawah radiator, jika radiator tidak dilengkapi valve tersebut air radiator dapat dikuras dengan membuka selang radiator bawah. Lakukan hal ini saat mesin sudah DINGIN. Jika air radiator akan digunakan kembali, tampung air radiator pada wadah yang bersih. Jika air radiator sudah saatnya diganti ikutilah prosedur pembuangan air radiator yang benar apalagi jika menggunakan anti freeze coolant. JANGAN BUANG langsung ke tanah karena anti freeze coolant merupakan bahan beracun yang dapat merusak tanaman dan juga sangat berbahaya terhadap binatang dan manusia.

2. Lepaskan fan belt.

Pada mesin yang menggunakan serpentine drive belt hal in i dilakukan dengan mengendurkan automatic tensioner. Pelajari jalur pemasangan belt sebelum melepaskannya sehingga saat pemasangan tidak salah. (ambil photo atau gambar diagram pemasangan belt).

3. Lepaskan komponen yang terhubung ke water pump

Lepaskan komponen seperti fan, fan shroud, timing belt cover jika water pump digerakkan oleh timing belt, braket-braket dan aksesoris kelengkapan mesin yang menghalangi untuk melepas water pump.



4. Lepaskan baut -baut pengikat water pump ke mesin

5. Bersihkan permukaan body mesin tempat kedudukan water pump dari bekas seal atau gasket. Pastikan permukaan tersebut bersih dan rata sebelum memasang water pump yang baru.


6. Pasang gasket yang baru pada water pump

Gunakan gasket sealer atau adheshive pada gasket untuk menjamin tidak terjadi kebocoran, kemudian pasang water pump ke mesin.

7. Isi kembali air radiator.

Lakukan pengisian air radiator secara perlahan agar udara di dalam sistem pendingin keluar. Kebanyakan sistem pendingin mempunyai valve ventilasi yang dapat terbuka saat mengisi air prndingin dan mendorong udara yang di dalam mesin untuk keluar.

Catatan :
Jika di dalam sistem pendingin terdapat karat atau sedimen maka sebaiknya lakukan pengurasan sebelum melepas water pump yang rusak dan mencegah terjadinya kerusakan pada water pump yang baru. Jika air radiator yang dikuras terlihat berkarat dan kotor jangan dipergunakan lagi dan  isi sistem pendingin dengan campuran 50/50 anti freeze dengan air bersih


Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!




www.montirpro.com  08111857333

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel