Bau di Dalam Mobil..? : Kenali dan Ketahui Cara Mengatasinya

Bau yang muncul pada mobil bisa menjadi petunjuk adanya masalah pada mobil.

Bau atau aroma yang muncul di dalam mobil bisa diakibatkan oleh beberapa hal yang diantaranya munculnya bau tersebut merupakan indikasi ada masalah pada mobil.
Berikut panduan singkat untuk mengenali dan menganalisa masalah bau yang timbul pada mobil  :

Bau di dalam kabin mobil
Bau di dalam kabin mobil


Bau Plastik Terbakar

Bau ini bisa muncul jika ada kabel yang terbakar akibat short circuit atau korsleting pada kabel atau komponen kendaraan.
Jika tercium bau ini segera hentikan kendaraan dan lakukan pemeriksaan secara seksama untuk mengetahui sumber bau tersebut.


Muncul Aroma Wangi

Jika tercium aroma yang cukup wangi, patut dicurigai telah terjadi kebocoran sistem pendingin mobil. Antifreeze yang terdapat di dalam cairan pendingin biasanya menimbulkan aroma wangi tersebut.
Perhatikan indikator temperatur mobil apakah menunjukkan indikasi overheat.

Jika terlihat semburan uap panas keluar dari bawah kap mesin bagian depan segera hentikan mobil dan matikan mesin.

Perhatian :
Hati-hati saat membuka kap mesin untuk melakukan pemeriksaan jangan sampai uap panas tersebut mengenai tubuh.
Tunggu sampai mesin mobil dingin sebelum menambahkan cairan pendingin.

Kebocoran cairan pendingin juga bisa terjadi di dalam kabin mobil yang berasal dari sistem heater yang terletak di bawah dashboard. Tanda kebocoran dapat dilihat dari bekas air di atas karpet pada sisi penumpang.


Muncul Bau "Roti Bakar"

Bau ini muncul mengindikasikan telah terjadi kebocoran oli mesin dan mengenai exhaust manifold atau pipa Knalpot yang panas.
Periksa kebocoran oli dan periksa jumlah oli melalui dipstick untuk memastikan jumlah oli di dalam mesin masih cukup.

Perbaiki kebocoran oli dengan mengganti deal-deal atau gasket yang menjadi penyebab kebocoran oli dan tambahkan oli sesuai dengan spesifikasi.
Bau seperti "roti bakar" ini juga bisa disebabkan oleh kebocoran oli transmisi otomatis dan mengenai pipa knalpot yang panas.

Periksa bagian bawah mobil karena sumber kebocoran ini biasanya berasal dari gasket karter transmisi, seal input shaft atau seal Drive shaft dan juga bisa berasal dari pipa yang menghubungkan transmisi dengan oil cooler di radiator.


Asap Mesin Diesel

Saat berada di belakang truk atau bus yang bermesin diesel dan tercium bau asap diesel di dalam kabin mobil yang kemungkinan masuk melalui saluran ventilasi sirkulasi udara luar atau kaca jendela tidak tertutup rapat.

Tutup jendela dengan rapat dan jika sistem AC dilengkapi dengan Recirculation mode, tekan tombol RECIRC untuk menutup saluran ventilasi udara luar.
Jika pada mobil yang sudah dilengkapi dengan filter kabin dan kemudian tercium udara dari luar di dalam kabin mobil, hal tersebut menandakan Charcoal active yang terdapat pada filter kabin sudah melewati masa pakainya.

Kandungan Charcoal active yang mampu untuk menyerap bau tersebut hanya mampu berfungsi efektif kurang lebih selama satu tahun.
Periksa kondisi filter kabin dan disarankan untuk diganti jika filter kabin sudah dipakai lebih dari dua tahun.


Carbonmonoksida

Carbon monoksida merupakan salah satu gas berbahaya yang tidak berbau dan tidak berwarna. 
Asap dari gas buang dapat dirasakan dengan indera penciuman namun karbonmonoksida tidak akan tercium.

Kebocoran pada sistem exhaust dapat mengakibatkan gas karbonmonoksida masuk kedalam kabin mobil, hal ini sangat berbahaya terutama pada cuaca dingin dan seluruh kaca mobil dalam keadaan tertutup.
Gas karbonmonoksida dapat membuat manusia lemas bahkan meninggal tanpa disadari sama sekali.


Tercium Bau Apek

Jika pada kabin mobil tercium bau apek saat AC dihidupkan kemungkinan besar terdapat jamur atau bakteri yang menempel pada permukaan evaporator. Evaporator terdapat dibawah dashboard dan cukup sukit untuk diakses karena biasanya ditutupi oleh cover plastik dan membuat pemeriksaan dan pembersihan evaporator menjadi cukup sulit.

Salah satu cara untuk menanggulangi bau apek tersebut bisa dengan menyemprotkan pengharum ruangan melalui ventilasi AC atau melalui bagian terbuka lainnya yang paling dekat dengan evaporator dibawah dashboard . Gunakan semprotan pengharum ruangan dengan ujung yang panjang sehingga dapat mengenai langsung evaporator. Jamur dan bakteri mudah bersarang pada evaporator karena kondisi yang lembab disekitarnya.

Evaporator AC keluaran terbaru mempunyai kandungan kimia anti bakteri yang dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada evaporator.


Beberapa mobil ada yang menggunakan fitur afterblow yaitu sistem yang akan menjaga blower fan tetap berputar beberapa saat setelah kunci kontak atau sistem AC dimatikan, hal ini akan membantu mengeringkan evaporator. Jika sistem ini tidak bekerja tetesan atau  uap air yang menempel pada evaporator akan membuat jamur atau bakteri tumbuh subur.

Jika bau apak di dalam mobil tercium setiap saat  baik AC hidup maupun mati kemungkinan penyebabnya adalah karpet yang basah akibat terkena kebocoran air dari seal karet kaca atau pintu yang tidak rapat atau juga berasal dari selang pembuangan air AC yang tersumbat dan akhirnya mengenai karpet. Bau yang muncul sama seperti jika mobil terkena banjir dan sangat sulit untuk dihilangkan. Seluruh karpet mobil harus dilepas kemudian dicuci bersih dan dikeringkan di panas matahari.


Bau Telur Busuk

Bensin mengandung sedikit sulfur, saat pertama mobil dihidupkan dan tercium aroma seperti telur busuk atau bau sulfur. Bau ini ditimbulkan oleh catalytic converter yang berfungsi merubah sulfur menjadi hidrogen sulfida. Hal ini merupakan hal yang wajar untuk beberapa mobil, namun mnbau itu bisa lebih menyengat jika bensin yang digunakan mengandung sukfur lebih tinggi lagi.


Bau Bensin

Jika tercium bau bensin di dalam kabin mobil mungkin telah terjadi kebocoran pada tangki bahan bakar atau saluran bahan bakar. hal ini bisa jadi sistuasi yang sangat berbahaya. hentikan kendaraan dan segera lakukan pemeriksaan pada bagian bawah kendaraan dari kemungkinan terjadinya kebocoran bahan bakar. Jika bau bensin sangat kuat segera perbaiki kendaraan ke bengkel.


Aroma Mobil Baru

Aroma khas mobil baru yang tercium saat masuk ke dalam mobil belum tentu sesuatu yang baik. Aroma itu berasal dari  volatile organic hydrocarbons (VOCs) yang menguap secara perlahan dari bahan plastik dan karpet di dalam mobil. Senyawa ini termasuk bahan karsinogen yang dapat memicu timbulnya kanker.

VOC yang menguap dari bahan jok dan karpet mobil akan membentuk seperti kabut asap tipis pada kaca jendela mobil sama seperti jika ada orang merokok di dalam mobil. Aroma ini biasanya akan bertahan selama 6 bulan sebelum benar-benar hilang dan selama itu pula anda akan menghirupnya selama berada di dalam mobil. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk sering membuka kaca jendela saat mobil diparkir (garasi) untuk mempercepat penguapan zat ini.


Menggunakan Pengharum Udara

Saat ini dipasaran banyak terdapat pengharum udara dengan berbagai aroma dan berbagai bentuk. Pilihlah pengharum udara yang sesuai dengan selera dan tidak mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan atau merusak interior mobil.
.


Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!




www.montirpro.com  08111857333


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel