Pertanyaan Mengenai Oli Dan Bahan Bakar

PERTANYAAN


1. Saat melakukan penggantian oli mesin saya menggunakan oli SAE 5W20 padahal  sesuai rekomendasi pabrikan seharusnya menggunakan SAE 5W30. Apakah hal ini akan menimbulkan masalah..??


2. Setelah melakukan penggantian oli mesin, saya melihat ada tetesan oli berasal dari baut tap oli. Saya cek baut tersebut dan ternyata dalam keadaan kencang. Mengapa bisa ada tetesan oli dari baut tap oli yang kencang...?


3. Apakah filter udara after market yang menggunakan oli pada elemennya  memberikan keuntungan yang lebih dibandingkan filter udara orisinil..?


4. Apakah kebiasaan mengemudi dengan kecepatan rendah dapat menghemat BBM..?

5. Bagaimana membuat mobil lebih irit tanpa melakukan penggantian komponen apapun...?

6. Dengan menggunakan oli sintetik apakah waktu penggantian oli dapat diperpanjang dari rekomendasi pabrikan..?

7. Dapatkah oli SAE5W30 diganti dengan oli SAE10W30...?


8. Bolehkah menggunakan oli transmisi otomatis untuk oli power steering..?


9. Dapatkah saya menggunakan oli mineral SAE 5W30 regular menggantikan oli Dexos pada mobil produksi GM 2011 keatas...?


10. Benarkah mesin diesel lebih irit  bahan bakar daripada mesin bensin...?


11. Bolehkah menambahkan zat aditif  pada oli mesin..?

12. Apakah oli mesin dapat menguap..?

13. Bolehkah mencampur oli mineral  dengan oli sintetik...?

14. Apakah mobil membutuhkan oli yang lebih kental saat musim panas...?

15. Apakah angka oktan bensin ada hubungannya dengan kwalitas bensin tersebut...? Apakah keuntungan menggunakan bensin dengan angka oktan 89 atau 93 pada mesin yang didesain menggunakan angka oktan 87...?

16. Bagaimana metode paling akurat menghitung konsumsi BBM mobil...?

17. Seberapa seringkah penggantian oli mesin harus dilakukan...?


18. Apakah minyak rem sama dengan oli power steering..?

19. Apakah oli mineral konvensional direkomendasikan pada wilayah yang beriklim panas...?


20. Apakah menggunakan oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat memberikan dampak buruk ..?


21. Apakah filter oli yang dijual pabrikan merupakan yang terbaik...?


22. Apakah ada cara untuk memeriksa fuel filter sehingga dapat menentukan fuel filter harus diganti...?


23. Konsumsi oli mobil saya mulai tinggi, apakah saya harus menggunakan oli yang lebih kental..?

24. Pada buku manual tertulis oli yang harus digunakan adalah SAE 5W30, apakah tipe oli tersebut tetap harus digunakan walaupun jarak tempuh mobil sudah sangat tinggi dan umur mobil sudah lebih dari sepuluh tahun...?

25. Mobil chevrolet saya menggunakan Dexos 1, apakah ini merupakan standard kekentalan oli ..?


26. Pada owner manual disebutkan waktu penggantian oli setiap 5 bulan atau 10.000 km. Jarak tempuh mobil saya adalah 5.000 km dalam waktu 5 bulan. Saya tidak mengerti mengapa saya harus mengganti oli dengan jarak tempuh hanya 5.000 km. Apakah kualitas oli akan menurun setelah 5 bulan...?

27. Oli power steering saya kurang dan menimbulkan bunyi pada pompa power steering. Setelah minyak power steering ditambah bunyi tersebut hilang. Namun setelah mesin dimatikan, oli power steering tampak meluap dari tabung reservoir...


28. Mobil saya direkomendasikan menggunakan bensin oktan 92. Bolehkah saya ganti dengan oktan yang lebih rendah..?


29. Jarak tempuh mobil saya sudah mencapai 100.000 km dan saya ingin mengganti oli saya dengan oli ful sintetik..?


30. Mobil saya tidak dihidupkan hampir satu tahun, apakah perlu menambahkan fuel stabilizer sebelum mencoba menghidupkan mesin..?


31. Mobil saya direkomendasikan menggunakan bensin oktan 87, apa dampaknya jika saya menggunakan oktan 92...?


32. Saya melakukan penggantian oli mesin sendiri. Sahabat saya mengatakan agar mengisi filter oli dengan oli sebelum memasangnya ke mesin, katanya hal ini akan mempercepat oli bersirkulasi di dalam mesin...




33. Saya menempuh jarak sejauh 1000 Km setiap minggu dan kebanyakan di jalan tol. Bagaimana interval penggantian oli mesin yang ideal untuk kondisi pengendaraan seperti itu...?


34. Mobil saya dengan kilometer tempuh 50.000 mengeluarkan bunyi dengung saat melakukan akselerasi dan saat berjalan. Ketika mbil melambat dan berhenti bunyi tersebut juga berangsur-angsur mengecil dan menghilang. Bunyi dengung tersebut mulai terasa setelah melakukan penggantian oli mesin dan filter oli...?



35. Pada kolong mobil saya terlihat tetesan oli yang jernih...?


36. Kapankah waktu penggantian oli yang tepat untuk mobil baru...?

37. Pada kemasan oli selalu terdapat tulisan API dan kemudian diikuti tulisan seperti SN. Apakah arti kedua tulisan tersebut...?


38. Mobil saya dianjurkan menggunakan oli SAE 5W20, namun saya perhatikan oli tersebut sangat encer khususnya pada suhu panas, Bolehkah saya mengganti oli mobil saya tersebut dengan SAE 5W30...?

39. Saya melihat iklan tentang "PIL" ajaib yang katanya dapat menghemat bahan bakar hanya dengan mencampurnya dengan bensin di dalam tangki. Apakah benar...?

40. Ada yang mengatakan bahwa oli transmisi yang digunakan mobil Honda berbeda dengan yang digunakan mobil merk lain. Apakah benar...?

41. Apakah menambahkan fuel injector cleaner pada mesin mobil memberikan manfaat untuk jangka pendek dan jangka panjang...?


42. Mobil saya tidak dipergunakan setiap hari, dalam setahun kilo meter tempuhnya hanya sekitar 10.000 karena hanya digunakan untuk perjanan jarak pendek saja, Apakah oli mesin saya boleh diganti satu tahun sekali..?

43. Mobil saya dikatakan hanya boleh menggunakan oli trasnmisi otomatis jenis tertentu saja. Apakah ini hanya "trik marketing" saja atau saya harus mengikuti rekomendasi tersebut..?

44. Pabrikan mobil mengatakan bahwa oli transmisi otomatis tidak perlu diganti kecuali mobil sering dipakai menarik beban berat. Saya tidak pernah menggunakan mobil saya untuk menarik beban berat dan sekarang jarak tempuhnya sudah mencapai 250.000 Km. Apakah oli saya harus diganti atau tidak...?


45. Mobil saya diwajibkan menggunakan oli sintetik, apakah sama dengan oli SAE 5W30..?


46. Bengkel memberi tahu bahwa oli mesin saya ada gejala mengental dan harus di flushing. Namun saya tidak merasakan gejala tersebut, haruskah saya khawatir...?


47. Kemanakah perginya oli mesin yang kurang..?


48. Oli mesin apakah yang harus saya gunakan ...?


49. Kenapa mengemudi dengan kecepatan tinggi membuat boros bahan bakar...?


50. Mengapa oli sintetik tidak direkomendasikan untuk digunakan pada mesin mobil-mobil tua...?


51. Mengapa oli mesin saya berwarna coklat susu..?


 Oli Dan Bahan Bakar
 Oli Dan Bahan Bakar



JAWABAN


1. Saat melakukan penggantian oli mesin saya menggunakan oli SAE 5W20 padahal  sesuai rekomendasi pabrikan seharusnya menggunakan SAE 5W30. Apakah hal ini akan menimbulkan masalah..??

Jika pabrikan merekomendasikan  untuk menggunakan oli SAE5W30 maka gunakanlah oli tersebut.
Angka 20 pada oli SAE5W20 menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut pada saat panas. Oli SAE20 lebih encer dibandingkan oli SAE30, artinya oli SAE5W20 ini akan lebih encer dibandingkan oli SAE5W30 pada temperatur 100 derajat celcius, dimana temperatur ini merupakan temperatur kerja mesin pada umumnya. Gunakan selalu oli  sesuai dengan rekomendasi pabrikan.



2. Setelah melakukan penggantian oli mesin, saya melihat ada tetesan oli berasal dari baut tap oli. Saya cek baut tersebut dan ternyata dalam keadaan kencang. Mengapa bisa ada tetesan oli dari baut tap oli yang kencang...?

Ulir pada baut tap oli tidak dapat menyekat dengan sempurna. Sebagai catatan hanya pipa yang mempunyai ulir berbentuk tirus dan dapat menyekat kebocoran.

Baut tap oli biasanya dilengkapi oleh seal washer atau O-ring. Seal tersebut dipasang pada bagian bawah baut tap oli dan berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran.
Jika O-ring mengalami keausan atau rusak maka akan mengakibatkan kebocoran oli mesin dari baut tap oli.



3. Apakah filter udara after market yang menggunakan oli pada elemennya  memberikan keuntungan yang lebih dibandingkan filter udara orisinil..?

Filter udara orisinil yang di rekomendasikan oleh pabrikan merupakan pilihan yang paling tepat. Menggunakan filter udara after market tersebut tidak akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit, dari sudut itu berarti penggunaan filter udara aftermarket jenis tersebut tidak bermanfaat, belum lagi timbulnya masalah lain seperti waktu perawatan yang dibutuhkan dan jika oli mengenai sensor air flow meter dapat mengganggu pembacaan sensor.



4. Apakah kebiasaan mengemudi dengan kecepatan rendah dapat menghemat BBM..?

Berkendara dengan kecepatan rendah dan kebiasaan melakukan akselerasi dengan lembut dapat membuat mobil lebih hemat bahan bakar.



5. Bagaimana membuat mobil lebih irit tanpa melakukan penggantian komponen apapun...?

Konsumsi BBM mobil dapat dihemat dengan berbagai cara. Hal pertama yang mesti diperhatikan adalah kondisi mesin. segera lakukan perbaikan jika indikator lampu cek engine menyala dan lakukan perawatan kendaraan secara rutin.

Temperatur mesin juga sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Jika mobil dilengkapi  indikator temperatur, pastikan jarum menunjuk pada area temperatur normal. Jika mesin bekerja pada suhu yang terlalu rendah akan mengakibatkan bahan bakar boros.

Periksa tekanan angin ban karena hal ini juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar, Tekanan angin ban  paling baik agar kendaraan hemat bahan bakar adalah 10 % lebih rendah dari tekanan maksimum yang diizinkan pada ban tersebut.

Pola mengemudi merupakan faktor yang paling menentukan konsumsi bahan bakar mobil. Jika sering melakukan akselerasi dan deselerasi denga kasar maka bahan bakar akan boros. Kemudian kebiasaan mengemudi dengan kecepatan tinggi juga membuat konsumsi bahan bakar lebih boros dibandingkan mengemudi dengan kecepatan rendah walaupun jarak tempuhnya sama.



6. Dengan menggunakan oli sintetik apakah waktu penggantian oli dapat diperpanjang dari rekomendasi pabrikan..?

Karena beberapa alasan hal tersebut tidak boleh dilakukan. Oli sintetik memang mempunyai daya pelumasan dan daya tahan yang lebih baik dibandingkan oli konvensional.

Dari sudut pandang kemampuan melindungi komponen mesin, oli sintetik mampu melindungi untuk waktu yang lebih lama. Oli sintetik juga mempunyai sifat pembersih yang lebih baik, sehingga oli sintetik kemungkinan akan menyerap kotoran lebih banyak.

Salah satu fungsi oli mesin adalah menyerap dan membuang kontaminasi dari dalam mesin. Zat kontaminan yang berbentuk padat dengan ukuran yang besar akan di saring oleh filter oli, sedangkan zat kontaminan yang berbentuk cair dengan ukuran yang sangat kecil (di bawah 40 mikron) akan mampu melewati elemen filter oli. 

Zat kontaminan ini dapat merusak struktur oli mesin sehingga oli mengental dan kemudian timbul keausan di dalam mesin  dan mengakibatkan karat. Zat kontaminan ini hanya  dapat dikeluarkan dengan sempurna dari dalam mesin dengan melakukan penggantian oli.

Oli  sintetik  memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan oli konvensional, tetapi berdasarkan pengalaman memperpanjang waktu penggantian oli mesin bukan pilihan tepat untuk menghemat biaya perawatan mobil secara keseluruhan.



7. Dapatkah oli SAE5W30 diganti dengan oli SAE10W30...?

Mengganti tingkat kekentalan oli sangat tidak disarankan. Tidak ada keuntungan yang diperoleh dengan mengganti oli mesin yang standardnya SAE5W30 dengan oli SAE10W30.
Tingakat kekentalan kedua oli tersebut sama pada suhu 100 derajat celcius, namun pada suhu dingin oli SAE5W30 lebih encer dan lebih mudah mengalir.



8. Bolehkah menggunakan oli transmisi otomatis untuk oli power steering..?

Beberapa pabrikan mobil merekomendasikan menggunakan ATF (Automatic Transmission Fluid) untuk power steering, dan ada juga yang merekomendasikan menggunakan oli khusus untuk power steering. 

Jadi sebaiknya selalu ikuti apa yang direkomendasikan oleh masing-masing pabrikan. Karena harga oli khusus power steering yang cukup mahal masih tetap saja lebih murah jika dibandingkan ongkos perbaikan kerusakan sistem power steering.



9. Dapatkah saya menggunakan oli mineral SAE 5W30 regular menggantikan oli Dexos pada mobil produksi GM 2011 keatas...?

Dexos bukanlah merk oli. Dexos adalah spesfikasi oli yang dikeluarkan oleh GM untuk mobil-mobil produksi mereka.
Oli SAE5W30 tidak sesuai dengan spesifikasi Dexos sehingga ditakutkan dapat menimbulkan masalah pada mesin yang tidak ditanggung oleh warranty GM. 

Kebanyakan oli mesin yang memenuhi atau melebihi standar Dexos biasanya adalah oli ful sintetis atau sekurang-kurangnya oli semi sintetis.

Pilihan yang paling aman adalah dengan menggunakan oli mesin yang sudah disetujui oleh Dexos, kecuali anda benar-benar yakin bahwa oli tersebut telah memenuhi atau melebihi standar Dexos.



10. Benarkah mesin diesel lebih irit  bahan bakar daripada mesin bensin...?

Mesin diesel lebih irit konsumsi bahan bakar daripada mesin bensin. Hal ini karena bahan bakar diesel atau solar mempunyai energi per liter lebih besar dari bensin. Mesin diesel juga bekerja dengan rasio kompresi yang lebih tinggi sehingga menghasilkan ledakan yang lebih kuat dan menghasilkan tenaga lebih besar.



11. Bolehkah menambahkan zat aditif  pada oli mesin..?

Tidak ada bukti kuat yang menyatakan penambahan zat aditif pada oli mesin dapat meningkatkan kwalitas oli mesin. 
Tidak ada pabrikan mobil atau produsen oli yang merekomendasikan penggunaan zat aditif pada oli mesin. 
Gunakanlah oli mesin kwalitas tertinggi (standard API ) dan lakukan penggantian oli mesin secara berkala. Jika membutuhkan perlindungan ekstra lebih baik gunakan oli mesin ful sintetis dari pada menambahkan zat aditif ke dalam oli mesin.



12. Apakah oli mesin dapat menguap..?

Secara umum oli tidak akan berkurang karena penguapan. Pada oli terdapat beberapa bahan yang mudah menguap yang akan menguap jika dibiarkan dalam udara terbuka secara terus-menerus. Pada mesin otomotif hal ini tidak terlalu terasa dan tidak memberikan dampak yang signifikan pada berkurangnya jumlah oli.



13. Bolehkah mencampur oli mineral  dengan oli sintetik...?

Selama kandungan aditif kedua oli tersebut serupa, mencampur oli mineral  dengan oli sintetik tidak akan menimbulkan masalah pada mesin.

Sedikit berbeda jika mencampur oli mesin dengan merek yang berbeda-beda baik oli mineral maupun oli sintetik, karena masing-masing merek oli memiliki kandungan aditif yang berbeda-beda.



14. Apakah mobil membutuhkan oli yang lebih kental saat musim panas...?

Temperatur di musim panas tidak akan terlalu mempengaruhi tingkat kekentalan oli karena pada kenyataannya temperatur kerja mesin  jauh melebihi temperatur udara di musim panas sekalipun.
Temperatur kerja mesin berkisar 100 derajat celcius baik pada musim dingin maupun musim panas. 

Temperatur yang dingin justru menjadi perhatian utama menyangkut tingkat kekentalan oli mesin, karena kebutuhan pelumasan mesin mulai saat awal dihidupkan. Oli yang terlalu kental akan sangat sulit mengalir pada temperatur rendah.

Hal tersebut menjadi faktor penyebab pabrikan menggunakan oli multi-viscosity yang mampu bekerja dengan baik pada rentang suhu yang lebih lebar. Sebagai contoh oli SAE 5W20 mempunyai karakteristik mengalir yang sama dengan oli SAE 5 pada suhu Nol derajat celcius dan memberikan perlindungan yang sama dengan oli SAE 20 pada suhu 100 derajat celcius.



15. Apakah angka oktan bensin ada hubungannya dengan kwalitas bensin tersebut...? Apakah keuntungan menggunakan bensin dengan angka oktan 89 atau 93 pada mesin yang didesain menggunakan angka oktan 87...?

Angka oktan bensin tidak ada hubungannnya dengan tingkat kwalitas bensin. Mesin-mesin modern akan menghasilkan tenaga yang lebih besar dan lebih irit jika menggunakan bahan bakar dengan angka oktan yang lebih tinggi.



16. Bagaimana metode paling akurat menghitung konsumsi BBM mobil...?

Cara paling akurat mengetahui konsumsi bahan bakar mobil adalah dengan  melakukan pengisian bensin setelah mobil menempuh kilometer yang panjang. Pertama isi tangki secara penuh, catat pembacaan odometer dan jumlah bensin yang diisi ke dalam tangki. Ulangi langkah ini beberapa kali.

Saat melakukan pengisian  bahan bakar tunggu sampai nozzle berhenti sendiri karena bensin  sudah penuh. Kemudian lakukan perhitungan untuk mengetahui konsumsi rata-rata BBM anda. Secara sederhana cukup kurangi KM akhir yang tertera di odometer dengan KM awal yang dicatat saat melakukan pengisian BBM untuk mendapatkan total tempuh mobil. Lalu kemudian jumlahkan total liter bensin yang dibeli, Kemudian bagi Kilo meter tempuh dengan jumlah total liter pengisian BBM.

Semakin panjang jarak tempuh maka perhitungan konsumsi BBM akan semakin akurat 



17. Seberapa seringkah penggantian oli mesin harus dilakukan...?

Jawabannya tergantung kondisi operasi mobil.  Kebanyakan pabrikan merekomendasikan melakukan penggantian oli setiap 5000 - 10.000 km dan harus dilakukan lebih cepat pada kondisi kerja yang lebih berat.

Kondisi kerja mesin berat inilah yang sering membingungkan orang, sebagai contoh, Jika rata-rata tempuh mobil kurang dari 20 km perhari hal ini berarti mesin bekerja lebih berat. Lalu lintas yang padat merayap juga termasuk kerja berat mesin. Membiarkan mesin putaran idle dan mobil tidak digunakan setiap hari merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kualitas oli.



18. Apakah minyak rem sama dengan oli power steering..?

Minyak rem sangat berbeda dengan oli power steering. Minyak rem terbuat dari bahan dasar alkohol sedangkan minyak power steering terbuat dari bahan dasar minyak bumi. 
Minyak bumi dapat merusak seal dan komponen rem yang tebuat dari karet.
Sedangkan minyak rem tidak dapat melumasi komponen power steering dan dapat mempecepat timbulnya karat pada sistem power steering. 



19. Apakah oli mineral konvensional direkomendasikan pada wilayah yang beriklim panas...?

Temperatur udara luar yang panas bukan faktor penentu utama pemilihan oli. Mesin biasa bekerja pada temperatur kerja yang mencapai 100 derajat celcius yang tentu saja lebih panas dari temperatur udara luar. Oli ful sintetik lebih tahan terhadap panas dibandingkan oli konvensional. Oli konvensional juga mampu bertahan pada wilayah yang panas, namun jika pabrikan merekomendasikan menggunakan oli ful sistetik maka sebaiknya gunakan oli tersebut.

Dan harus diingat jika temperatur udara luar mengakibatkan mesin bekerja dengan temperatur yang lebih panas hal ini berarti beban mesin lebih berat. Mesin yang bekerja dengan beban yang lebih berat membutuhkan penggantian oli yang lebih cepat.



20. Apakah menggunakan oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat memberikan dampak buruk ..?

Ya. Pada mesin-mesin modern, oli mesin tidak hanya berfungsi sebagai media pelumasan saja namun ada fungsi lain seperti penggerak sistem variable valve timing, hydraulic tensioner dan beberapa sistem lainnya yang menggunakan oli mesin.
Pabrikan memperhitungkan berbagai faktor tersebut sebelum menentukan tipe oli yang cocok digunakan pada tiap -tiap mesin. Untuk mendapatkan hasil yang paling optimal ikutilah rekomendasi dari pabrikan.



21. Apakah filter oli yang dijual pabrikan merupakan yang terbaik...?

Istilah "TERBAIK' tergantung pada banyak faktor. sebagai contoh ada filter oli yang dapat menyaring partikel yang sangat kecil (micron) dibandingkan dengan komponen orisinil. Hal ini dapat dianggap baik pada kondisi tertentu. Masalahnya adalah filter oli seperti itu dapat menghambat aliran oli dan lebih cepat untuk tersumbat.

Ada banyak faktor menyangkut kemampuan filter oli. OEM part merupakan plihan yang paling baik karena sudah disesuaikan dengan kondisi mesin.



22. Apakah ada cara untuk memeriksa fuel filter sehingga dapat menentukan fuel filter harus diganti...?

Sangat sulit untuk menentukan kondisi fuel filter dari tampilan fisiknya. Bisa saja mengukur flow rate fuel filter, namun karena fuel filter memang harus diganti tentu saja melakukan pekerjaan ini dianggap kurang efektif.
Karena harga fuel filter juga tidak teralalu mahal dan proses penggantiannya juga tidak terlalu sulit maka biasanya penggantian fuel filter dilakukan berdasarkan jarak tempuh dan performanya.



23. Konsumsi oli mobil saya mulai tinggi, apakah saya harus menggunakan oli yang lebih kental..?

Menggunakan oli dengan tingkat kekentalan yang sama saat oli masih baru merupakan faktor yang dapat memperpanjang usia mesin. Menggunakan oli yang lebih kental tidak akan mengurangi konsumsi oli, justru hal itu akan memberikan dampak yang lebih buruk. Oli yang lebih kental akan melekat lebih lama pada dinding silinder dan membuat konsumsi oli semakin tinggi dan membuat penguapan oli semakin besar yang dapat merusak catalytic converter. Solusi yang paling baik adalah tetap menggunakan oli sesuai rekomendasi namun melakukan penggantian oli lebih cepat.



24. Pada buku manual tertulis oli yang harus digunakan adalah SAE 5W30, apakah tipe oli tersebut tetap harus digunakan walaupun jarak tempuh mobil sudah sangat tinggi dan umur mobil sudah lebih dari sepuluh tahun...?

Ya. Tingakat kekentalan oli yang sama akan menjamin mesin lebih awet. Ada persepsi yang salah antara tingakat kekentalan oli dengan usia mobil. Oli yang lebih kental cenderung membuat tekanan oli menjadi tinggi, dimana hal ini tidak diinginkan dan tidak dibutuhkan. Masalah yang lain adalah oli yang lebih kental akan lebih lambat untuk turun ke karter oli dan ini dapat menimbulkan masalah  jika saluran-saluran oli pada mobil yang sudah tua mulai terhambat.



25. Mobil chevrolet saya menggunakan Dexos 1, apakah ini merupakan standard kekentalan oli ..?

Dexos bukanlah standard tingkat kekentalan oli melainkan lisensi spesifikasi oli yang dikeluarkan oleh GM dan dibeli oleh produsen oli. Mesin bensin produksi GM menggunakan dexos 1 yang mempunyai tingkat kekentalan yang sama dengan oli SAE 5W30.



26. Pada owner manual disebutkan waktu penggantian oli setiap 5 bulan atau 10.000 km. Jarak tempuh mobil saya adalah 5.000 km dalam waktu 5 bulan. Saya tidak mengerti mengapa saya harus mengganti oli dengan jarak tempuh hanya 5.000 km. Apakah kualitas oli akan menurun setelah 5 bulan...?

Jarak tempuh 5.000 km dalam waktu 5 bulan artinya mobil jarang digunakan atau sering digunakan pada perjalanan pendek. Kondisi perjalanan pendek memberikan dampak buruk pada mesin dan akan meningkatkan pembentukan lumpur dan asam di dalam oli mesin. Pada kondisi ini cenderung terbentuk uap air di dalam oli mesin yangg membuat oli mengental sehingga disarankan untuk melakukaan penggantian oli lebih cepat walaupun kilo meter tempuh belum tercapai.

Kondisi paling ideal adalah menggunakan mobil pada perjalanan panjang sehingga panas yang dihasilkan mesin dapat menguapkan uap air yang ada di dalam oli mesin.


27. Oli power steering saya kurang dan menimbulkan bunyi pada pompa power steering. Setelah minyak power steering ditambah bunyi tersebut hilang. Namun setelah mesin dimatikan, oli power steering tampak meluap dari tabung reservoir...

Jika minyak power steering berkurang artinya telah terjadi kebocoran pada sistem. Minyak power steering yang kurang menyebabkan udara masuk ke dalam sistem dan menimbulkan bunyi. Saat minyak ditambahkan, udara di dorong masuk ke dalam sistem dan ditekan oleh tekanan minyak power steering. Saat pompa berhenti berputar tekanan turun dan udara yang tadi di kompresi kembali mengembang. Saat udara mengembang maka minyak power steering akan meluap keluar. Periksa dan perbaiki kebocoran kemudian isi kembali minyak power steering dan lakukan langkah bleeding untuk mengatasi problem tersebut.



28. Mobil saya direkomendasikan menggunakan bensin oktan 92. Bolehkah saya ganti dengan oktan yang lebih rendah..?

Mesin yang direkomendasikan menggunakan angka oktan tinggi mempunyai perbandingan kompresi yang tinggi. Kompresi adalah proses penekanan campuran udara dan bahan bakar sebelum di bakar oleh busi. Semakin tinggi kompresinya maka tenaga yang dihasilkan akan semakin besar. Hal inilah yang membuat mesin kompresi tinggi menghasilkan tenaga yang lebih besar dari mesin kompresi rendah namun membutuhkan bahan bakar dengan angka oktan yang lebih tinggi. 

Oktan memperlambat proses pembakaran untuk mencegah kerusakan mesin. Jika mesin kompresi tinggi menggunakan oktan rendah maka campuran bahan bakar dan udara akan terbakar sebelum busi memercikkan bunga api, hal ini akan mengakibatkan gerakan piston naik keatas akan terhalang oleh ledakan yang sudah terjadi di atas piston sehingga piston akan membentur dinding silinder dan mengeluarkan suar ketukan. Fenomena inilah yang disebut dengan knocking yang dapat menimbulkan kerusakan pada mesin. 


29. Jarak tempuh mobil saya sudah mencapai 100.000 km dan saya ingin mengganti oli saya dengan oli ful sintetik..?

Oli ful sintetik mempunyai daya tahan yang lebih baik dan mempunyai sifat pembersih yang lebih baik daripada oli konvensional. Oli ful sintetik akan membersihkan endapan yang terbentuk di dalam mesin. Endapan kotoran yang terlepas tersebut harus disaring. Hal ini akan membuat filter oli cepat tersumbat.  Disarankan untuk melakukan penggantian filter oli setelah  2500 km dari merubah oli konvensional ke oli ful sintetik.
Untuk mencapai usia mesin yang optimal lakukan penggantian oli ful sintetik setiap 5000 km . 


30. Mobil saya tidak dihidupkan hampir satu tahun, apakah perlu menambahkan fuel stabilizer sebelum mencoba menghidupkan mesin..?

Fuel stabilizer hanya kan bekerja dengan baik pada bensin baru, sebelum mobil disimpan. Fuel stabilizer tidak dapat meremajakan bensin yang sudah lama disimpan. Solusi yang paling baik adalah dengan menguras tangki bahan bakar dan mengisinya dengan bensin baru sebelum mobil dihidupkan. Solusi lain adlah dengan dengan mencampur bensin baru kemudian kendarai mobil sampai bahan bakar tinggal setengah, isi kembali dan kemudian ulangi beberapa kali.



31. Mobil saya direkomendasikan menggunakan bensin oktan 87, apa dampaknya jika saya menggunakan oktan 92...?

Jika mesin tidaj diharuskan menggunakan bensin oktan tinggi sebaiknya tidak usah digunakan karena tidak memberikan dampak yang signifikan pada mesin.

Namun sebaliknya jika menggunakan oktan yang lebih rendah dapat menimbulkan masalah pada mesin seperti knocking yang jika terjadi pada waktu yang lama dapat menimbulkan kerusakan pada mesin.



32. Saya melakukan penggantian oli mesin sendiri. Sahabat saya mengatakan agar mengisi filter oli dengan oli sebelum memasangnya ke mesin, katanya hal ini akan mempercepat oli bersirkulasi di dalam mesin...


Hal tersebut berisiko membuat partikel kotoran dapat masuk ke dalam filter oli melalui lubang outlet sehingga partikel kotoran tersebut tidak tersaring dan dapat langsung masuk ke dalam mesin. Walaupun oli berasal dari wadah yang tertutup tidak terjamin 100% kondisinya benar-benar bersih.

Langkah paling baik adalah dengan menggunakan filter orisinil, oli berkualitas dan melakukan pengisian oli melaului lubang pengisian agar oli langsung menuju ke crank case dan dapat disaring oleh filter oli sebelum bersirkulasi di dalam mesin.



33. Saya menempuh jarak sejauh 1000 Km setiap minggu dan kebanyakan di jalan tol. Bagaimana interval penggantian oli mesin yang ideal untuk kondisi pengendaraan seperti itu...?

Berkendara pada jalan bebas hambatan yang lancar dengan jarak yang cukup jauh merupakan kondisi yang ideal buat oli mesin. Karena pada kondisi itu mesin bekerja pada temperatur kerja maksimal dan efisien. 

Dengan kondisi pengendaraan seperti itu waktu penggantian oli mesin dapat lebih panjang, ideal nya dapat dilakukan 3 bulan sekali.



34. Mobil saya dengan kilometer tempuh 50.000 mengeluarkan bunyi dengung saat melakukan akselerasi dan saat berjalan. Ketika mbil melambat dan berhenti bunyi tersebut juga berangsur-angsur mengecil dan menghilang. Bunyi dengung tersebut mulai terasa setelah melakukan penggantian oli mesin dan filter oli...?

Periksa apakah bunyi dengung tersebut juga muncul saat mobil tidak bergerak atau diam. Jika bunyi tetap ada  kemungkinan ada hubungannya dengan penggantian oli, coba cek apakah filter oli yang digunakan filter orisinil. Filter oli yang tersumbat dapat menimbulkan bunyi dengung pada pompa oli saat oli mengalir melalui saluran by pass. Penggunaan filter oli yang tidak orisinil dengan harga murah sering menimbulkan problem tersebut.

Namun jika bunyi menghilang kemungkinan problem tersebut berhubungan dengan sistem suspensi atau pemindah daya.



35. Pada kolong mobil saya terlihat tetesan oli yang jernih...?

Cairan fluida yang digunakan pada otomotif banyak yang diberikan zat pewarna untuk memudahkan identifikasi ketika terjadi kebocoran. Namun ada juga cairan tersebut yang dibuat tanpa pewarna atau bening.

Oli Power steering termasuk fluida yang dibuat berwarna bening, saat mengalami kebocoran  biasanya disertai bunyi ketika steering wheel diputar.

Minyak rem juga bertampilan bening, kebocoran minyak rem biasanya terjadi pada area sekitar roda atau di bawah master rem dan biasanya muncul gejala pedal rem dalam dan indikator rem di dashboard menyala.

Oli mesin yang masih bersih atau yang baru diganti ketika bocor juga akan terlihat tetesan yang bening. Kebocoran sering terjadi dari baut tap oli dan seal filter oli. 



36. Kapankah waktu penggantian oli yang tepat untuk mobil baru...?

Jika anda ingin mesin anda berada dalam kondisi fit untuk jangka waktu yang panjang, lakukanlah penggantian oli pertama saat kilo meter mobil mencapai 1000 km, dan kemudian ganti setiap 10.000 km ( atau sesuai rekomendasi dari pabrikan).

Saat proses perakitan mesin ada kemungkinan partikel-partikel kecil yang lolos dari proses pembersihan. Penggantian oli pertama berfungsi untuk mengeluarkan partikel-partikel tersebut dari dalam mesin.



37. Pada kemasan oli selalu terdapat tulisan API dan kemudian diikuti tulisan seperti SN. Apakah arti kedua tulisan tersebut...?

API merupakan singkatan dari American Petroleum Institute suatu badan yang memberikan standard kualitas oli.

Huruf SN merupakan tingkat kualitas oli. Penggunaan kode ini dimulai pada tahun 1920 diawali dengan huruf SA, S artinya service atau passenger car dan truk ringan.

SA merupakan oli mineral murni tanpa tambahn zat aditif sama sekali.  Seiirng dengan perkembangan teknologi kualitas oli pun semakin berkembang yang ditandai munculnya kode-kode baru seperti SB, SC dst.

Pada tahun 2001 mulai diperkenalkan standard kualitas oli SL, kemudian menyusul SM pada tahun 2005. Saat ini standard kualitas oli yang tertinggi adalah SN yang mulai digunakan pada tahun 2010.



38. Mobil saya dianjurkan menggunakan oli SAE 5W20, namun saya perhatikan oli tersebut sangat encer khususnya pada suhu panas, Bolehkah saya mengganti oli mobil saya tersebut dengan SAE 5W30...?

Fungsi oli pada mesin modern saat ini bukan hanya sebagai pelumas saja, namun mempunyai fungsi-fungsi lain seperti untuk mengoperasikan sistem variable valve timing, displacement on demand.

Oli yang direkomendasikan oleh pabrikan merupakan pilihan yang paling tepat karena sudah melalui berbagai rangkaian pengujian sebelum diputuskan untuk digunakan.



39. Saya melihat iklan tentang "PIL" ajaib yang katanya dapat menghemat bahan bakar hanya dengan mencampurnya dengan bensin di dalam tangki. Apakah benar...?

Belum ada percobaan yang dilakukan untuk mendukung klaim tersebut, menambahkan zat aditif yang tidak jelas kandungannya ke dalam mesin akan berisiko menimbulkan kerusakan pada mesin.



40. Ada yang mengatakan bahwa oli transmisi yang digunakan mobil Honda berbeda dengan yang digunakan mobil merk lain. Apakah benar...?

Mobil Honda harus menggunakan Honda ATF-Z1 atau oli yang direkomendasikan oleh Honda. Oli transmisi Honda ATF-Z1 pada dasarnya adalah oli Dexron yang ditambahkan zat aditif dan friction modifier yang sesuai dengan kebutuhan sistem transmisi otomatis Honda.



41. Apakah menambahkan fuel injector cleaner pada mesin mobil memberikan manfaat untuk jangka pendek dan jangka panjang...?

Melakukan pemebrsihan injector secara teknis tidak diperlukan, karena injector merupakan komponen yang mempunyai kemampuan self cleaning.

Memberikan cairan yang mengandung detergent secara terus menerus dapat mengikis lapisan pelindung pada bagian ujung nozzle injector.

Saat injector benar-benar tersumbat dan memerlukan pemebrsihan (hal ini sebetulnya sangat jarang sekali terjadi) gunakanlah alat yang dapat mem-bypass saluran fuel system sehingga bahan kimia pembersih injector dapat dimasukkan langsung ke dalam fuel rail dan tidak bersirkulasi pada komponen-komponen fuel system seperti fuel tank, fuel pump dan sensor-sensor.



42. Mobil saya tidak dipergunakan setiap hari, dalam setahun kilo meter tempuhnya hanya sekitar 10.000 karena hanya digunakan untuk perjanan jarak pendek saja, Apakah oli mesin saya boleh diganti satu tahun sekali..?

Mobil yang jarang dipakai atau lebih sering digunakan untuk perjalanan jarak pendek saja akan memberikan dampak yang buruk pada oli mesin. Untuk kondisi penggunaan mobil seperti ini interval penggantian oli harus lebih cepat.

Saat mesin dihidupkan, temperatur mesin akan meningkat  dalam beberapa menit akan mencapai suhu 90 derajat celcius atau lebih. Saat mesin dimatikan temperatur mesin akan berangsur-angsur turun. Pergantian kondisi dari panas ke dingin menyebabkan terjadinya kondensasi uap air di dalam crankcase.

Uap air dapat merusak komponen dalam mesin dan dapat myebabkan oli menjadi kental atau berlumpur, uap air tersebut juga masuk melalui filter oli. Uap air akan dapat dilepaskan dari dalam mesin ketika temperatur mesin mencapai 100 derajat celcius. Pada titik ini uap air berubah menjadi gas dan dibuang keluar oleh sistem ventilasi crank case. Jika mobil hanya digunakan untuk perjalanan pendek proses ini tidak akan terjadi.

Direkomendasikan untuk menggunakan oli sintetik dan melakukan penggantian oli setiap 6 bulan jika penggunaan kendaraan seperti diatas.



43. Mobil saya dikatakan hanya boleh menggunakan oli trasnmisi otomatis jenis tertentu saja. Apakah ini hanya "trik marketing" saja atau saya harus mengikuti rekomendasi tersebut..?

Hampir setiap pabrikan mobil mempunyai rekomendasi tentang jenis oli transmisi yang harus digunakan pada mobil-mobil mereka. Seperti Honda mempunyai spek oli transmisi otomatis sendiri, Ford dengan oli transmisi Mercon. Setiap oli yang direkomendasikan oleh pabrikan mempunyai formula dengan aditif khusus yang disesuaikan dengan desain transmisinya.



44. Pabrikan mobil mengatakan bahwa oli transmisi otomatis tidak perlu diganti kecuali mobil sering dipakai menarik beban berat. Saya tidak pernah menggunakan mobil saya untuk menarik beban berat dan sekarang jarak tempuhnya sudah mencapai 250.000 Km. Apakah oli saya harus diganti atau tidak...?

Latar belakang dari rekomendasi tersebut adalah pabrikan mengkhawatirkan bahwa resiko kerusakan transmisi akibat salah perlakuan saat servis (seperti salah memilih jenis oli, pengisian oli yang kurang, salah memilih filter oli atau pemasangan filter oli yang tidak tepat) lebih besar daripada membiarkan oli transmisi tidak diganti.  Rekomendasi ini berlaku berdasarkan rata-rata usia pakai mobil sekitar 150.000 Km.

Dengan perawatan yang tepat transmisi dapat berumur lebih panjang. Perawatn yang buruk dapat menimbulkan kerusakan seperti filter yang tersumbat, ada partikel kotoran di dalam oli dan volume oli yang kurang. 

Untuk mobil yang sudah menepuh jarak 250.000 Km kemungkinan akan mulai mengalami kerusakan pada sistem transmisi otomatis. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai melakukan perawatan transmisi otomatis untuk mobil-mobil seperti itu.



45. Mobil saya diwajibkan menggunakan oli sintetik, apakah sama dengan oli SAE 5W30..?

Tidak. Oli sintetik merujuk pada standard dimana oli harus memenuhi syarat menyangkut beban kerja mesin dan faktor-faktor lainnya. Sedangkan oli SAE 5W30 merujuk pada viskositas atau tingkat kekentalan oli. Angka 5 adalah viskositas oli pada suhu rendah, Huruf W berarti dapat digunakan pada musim salju dan angka 30 merupakan viskositas oli pada temperatur tinggi. Oli sintettik harus digunakan pada mesin-mesin yang memang membutuhkan dan viskositasnya juga harus sesuai.



46. Bengkel memberi tahu bahwa oli mesin saya ada gejala mengental dan harus di flushing. Namun saya tidak merasakan gejala tersebut, haruskah saya khawatir...?

Flushing oli merupakan salah satu "trik" bengkel untuk mendapatkan keuntungan lebih dari pekerjaan yang seharusnya tidak perlu dilakukan. Melakukan flushing dengan  bahan kimia tidak direkomendasikan oleh pabrikan karena dapat berisiko merusak mesin. Solusi yang lebih baik adalh dengan menggunakan detergent alami ke dalam oli untuk membersihkan mesin, ganti oli dan oli mesin beberapa kali dalam interval yang lebih pendek, contohnya ganti oli setiap 2500 km sebanyak 3 kali akan membantu mengikis kotoran di dalam mesin dan tidak akan menimbulkan resiko kerusakan.



47. Kemanakah perginya oli mesin yang kurang..?

Oli mesin dapat berkurang karena dua hal.
Yang pertama oli masuk ke dalam ruang mesin dan ikut terbakar melalui ring piston atau valve guide. Jika hal ini terjadi cukup parah maka harus dilakukan pembongkaran mesin untuk perbaikannya.
Kedua, terjadi kebocoran eksternal akibat seal dan gasket mesin yang mulai mengeras. Biasanya akan terlihat bekas rembesan oli atau tercium bau oli terbakar.

Penurunan sejumlah oli dalam beberapa ribu kilometer masih dianggap wajar. Karena sebagus apapun ring piston masih ada sebagian kecil oli yang dapat lolos. Pengurangan oli mesin sebanyak  1 liter setiap 5000 km masih dianggap wajar, lebih dari itu berarti ada masalah.



48. Oli mesin apakah yang harus saya gunakan ...?

Memilih oli yang cocok untuk suatu mesin cukup kompleks. Untungnya pabrikan mobil sudah melakukan hal tersebut dan mengeluarkan rekomendasi oli yang sesuai dengan tiap-tiap mesin.
Pada owner manual selalu disebutkan oli yang harus digunakan. Hati-hati setiap rekomendasi yang diberikan oleh bengkel atau toko sparepart yang mungkin berbeda dari rekomendasi pabrikan.



49. Kenapa mengemudi dengan kecepatan tinggi membuat boros bahan bakar...?

Bensin adalah sumber energi. Energi dibutuhkan untuk mengatasi gaya inersia dan gesekan. semakin cepat mobil dipacu maka semakin banyak energi dalam bentuk bensin yang dibutuhkan.

Mobil-mobil modern saat ini juga dapat "membaca" pola pengemudian. Jika mobil dikemudikan lebih agresif maka "shift point" dan setingan mesin akan disesuaikan sehingga akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar.



50. Mengapa oli sintetik tidak direkomendasikan untuk digunakan pada mesin mobil-mobil tua...?

Tidak ada alasan yang melarang menggunakan oli sintetik berdasarkan jarak tempuh yang sudah dicapai suatu mobil. Beda merk oli beda pula kandungan aditif di dalamnya. Mengganti merk oli baik konvensional atau sintetik dapat meningkatkan konsumsi oli. Mobil-mobil tua jika dirawat dengan baik juga tidak akan menimbulkan masalah.

Pada mesin yang kurang dirawat, kandungan detergent pada oli sintetik akan merontokkan kerak yang menutup kebocoran sementara waktu sehingga akhirnya jadi bocor.

Saat mengganti oli menjadi oli sintetik juga disarankan untuk mengganti filter oli dua kali lebih cepat dari seharusnya. hal ini untuk mencegah filter oli tersumbat oleh kotoran yang rontok karena oli sintetik tadi. Sebagai contoh ganti dengan oli sintetik, jalan sampai 2500 km, ganti filter oli, jalan kembali 2500 km dan kemudian ganti oli dan filter oli selanjutnya lakukan penggantian oli dan filter oli sesuai dengan interval yang direkomendasikan.



51. Mengapa oli mesin saya berwarna coklat susu..?

Penyebab paling umum warna oli mesin menjadi coklat susu adalah karena tercampur dengan air. Hal ini dapat disebabkan oleh kebocoran gasket intake manifold, gasket cyilinder head , cylinder head retak, atau kebocoran pada oil cooler dan radiator.  Hal ini sangat berbahaya karena sejumlah kecil saja air di dalam oli maka akan mebuat oli tidak mampu melindungi mesin. Analisa dan perbaikan yang akurat harus segera dilakukan untuk mencegah kerusakan mesin yang parah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel