...

Mencuci Mobil Yang Baik Dan Benar (Dan Mengapa Harus dilakukan Sendiri)

April 14, 2018

Metode Mencuci Mobil Sendiri Dengan Benar


Mencuci mobil secara teratur bukan hanya bermanfaat menjaga penampilan mobil namun akan membuat cat dan body mobil lebih awet dalam jangka panjang.

Saat mobil kesayangan terlihat kotor dan kumal memang cara paling gampang adalah dengan membawanya ke tempat cuci steam yang banyak bertebaran.


Namun bagi yang ingin mobil kebanggaanya tampil kinclong dalam waktu yang lama tidak direkomendasikan untuk terlalu sering melakukan pencucian  di tempat cucian mobil, apalagi kalau tempat cucian tersebut kurang berkwalitas.

Membawa mobil ke tempat cucian mobil mungkin solusi yang paling cepat dan mudah, namun belum tentu yang mudah itu selalu yang terbaik.


Cara Terbaik Mencuci Mobil (Dan Mengapa Harus dilakukan Sendiri)
Mencuci Mobil


Saat melakukan pencucian mobil di tempat  steam, pertama kali mobil akan disemprot dengan air yang bertekanan, namun biasanya hal tersebut tidak dapat menyingkirkan seluruh kotoran berpasir yang menempel di badan mobil dan dapat merusak cat mobil.


Ada beberapa alasan mengapa penting sekali mencuci mobil sendiri. Salah satunya kita akan mengetahui secara detail kondisi mobil kesayangan tersebut.
Awalnya memang mencuci mobil sendiri akan terasa lama dan membosankan, namun jika dilakukan dengan cara yang benar tidak akan memakan waktu yang lama dan pasti mobil akan lebih terawat.


Bagi yang baru pertama kali melakukan cuci mobil, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mencuci mobil  dan yang terutama harus dilakukan dengan sabar agar hasilnya  maksimal.


Baca Juga: Tips Perawatan Mobil Yang Dapat Dilakukan Sendiri


Sebelum Mencuci Mobil Perhatikan Kondisi dan Prakiraan Cuaca


Berencana mencuci mobil esok hari...? Perhatikan apakah cuaca cukup bersahabat..

Jangan sampai kerja keras  mencuci mobil terbuang sia-sia karena segera setelah mobil dicuci turun hujan, dan juga jangan sampai saat mencuci mobil angin yang bertiup kencang meniupkan kotoran dan pasir menempel pada body mobil.

Pilihlah tempat yang teduh saat mencuci mobil agar sabun dan shampo tidak sempat mengering sebelum sempat dibilas air.

Waktu yang paling tepat untuk mencuci mobil adalah disore hari sebelum matahari terbenam.




Hati-Hati Memilih Lap Untuk Mencuci Mobil

Jangan gunakan bahan lap yang biasa digunakan untuk membersihkan barang-barang pada umumnya. Karena kebanyakan lap pembersih mempunyai kandungan abrasif yang dapat merusak permukaan cat mobil.

Cara Terbaik Mencuci Mobil (Dan Mengapa Harus dilakukan Sendiri)
Sarung Tangan Cuci Mobil Terbuat Dari Microfiber


Jangan gunakan kain katun, paper towel, spons, bahan chamois atau sejenisnya. Gunakan lap atau sarung tangan microfiber, bahan ini didesain untuk dapat menyerap partikel kotoran kecil yang terdapat pada permukaan mobil ataupun lap.

Setidaknya belilah sekitar 5 lap bahan microfiber  dan sebuah sarung tangan cuci mobil microfiber.


Cara Terbaik Mencuci Mobil (Dan Mengapa Harus dilakukan Sendiri)
Lap Bahan Microfiber



Teliti Memilih Shampo Untuk Mobil

Pemilihan detergent untuk mobil juga harus dilakukan secara teliti. Sabun atau shampo mobil yang berkualitas jelek dapat merusak lapisan cat mobil.

Jangan pernah menggunakan detergent yang digunakan di dapur untuk mencuci mobil. Karena bahan detergent rumah tangga akan mengikis lapisan cat mobil  sehingga body mobil akan menjadi cepat terlihat kusam.


Saya tidak merekomendasikan merk shampo tertentu karena saya sedang tidak mempromosikan produk sebuah perusahaan. Namun jika ragu memilih merk shampo yang akan digunakan sebaiknya jangan memilih yang harganya paling murah.



Saat Mencuci Mobil, Mulailah Dari Bagian Ban Terlebih Dahulu 

Saat mencuci mobil yang pertama kali harus diperhatikan adalah bagian yang paling bawah dan paling kotor yaitu ban.

Ban merupakan bagian mobil yang berhubungan langsung dengan jalan sehingga biasanya akan lebih kotor dibandingkan bagian yang lain.

Gunakan sikat untuk membersihkan lumpur yang menempel pada permukaan ban, lepaskan kerikil yang menempel pada ban, kemudian bilas dengan air dan segera keringkan.



Baca Juga: 8 Tips membeli mobil bekas berkwalitas dan aman


Langkah Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Mencuci Mobil 


Menyemprot Body Mobil Dengan Air Bertekanan

Semprot seluruh body mobil dengan menggunakan air bertekanan, mulailah dari bagian tas mobil lalu menuju kebagian  bawah. Air yang mengalir akan membuang kotoran-kotoran yang menempel pada bagian atas mobil.

Tujuan penyemprotan ini adalah untuk memastikan partikel kotoran yang kasar bisa terbuang sehingga saat mulai mencuci dengan menggunakan tangan kotoran ini tidak merusak body mobil.


Menggunakan Dua Ember Saat Mencuci Mobil 

Setiap orang yang pernah mencuci mobil dengan menggunakan tangan tentu menyadari bahwa akan lebih baik menggunakan dua buah ember saat mencuci dibandingkan hanya satu ember saja.

Ember yang pertama hanya digunakan untuk membilas atau mencuci sarung tangan/lap yang kotor saja. Gunakan ember yang mempunyai grid plastik agar kotoran dapat mengendap dibagian bawah ember dan tidak teraduk saat membilas sarung tangan/lap cuci mobil.




Cara Terbaik Mencuci Mobil (Dan Mengapa Harus dilakukan Sendiri)
Ember Dengan Grid Plastik


Satu ember lagi berisi air dan shampo mobil. Gunakan shampo mobil yang berkwalitas dan baca petunjuk pemakaiannya sebelum dituangkan ke dalam ember.


Lakukan proses mencuci dengan metode berikut:
Gosok body mobil →  Bersihkan Sarung tangan/lap pada ember plastik → Masukkan sarung tangan/lap ke dalam ember sabun untuk mendapatkan busa → Gosok kembali body mobil.

Walaupun sudah dilakukan dengan sangat berhati-hati, namun kemungkinan bisa saja masih ada kerikil kecil yang dapat terselip di sarung tangan atau lap cuci  yang dapat merusak cat mobil saat mencuci, oleh karena itu jangan biasakan menggosok body mobil dengan gerakan memutar untuk menghindari kerusakan yang lebih parah jika memang hal tersebut terjadi.

Busa sampo mobil sangat penting bukan hanya karena mempunyai sifat pembersih namun juga dapat berfungsi sebagai pelumas. Hal ini sangat penting jika mobil sering terkena kotoran burung yang tidak saja meninggalkan noda yang sulit hilang namun juga dapat merusak cat mobil karena kandungan asam yang terdapat pada kotoran burung.


Segera Keringkan Mobil Secara Menyeluruh dan Mulai Dari Bagian Atas

Gunakan  lap microfiber untuk mengeringkan body mobil dan lakukan dengan segera setelah mobil selesai dibilas dengan air bersih.

Jangan membiarkan body mobil kering secara alami, apalagi jika mencuci di bawah panas sinar matahari, hal ini dapat meninggalkan bekas air atau bercak pada permukaaan body mobil yang sangat tidak enak dilihat.

Agar cat mobil telihat lebih mengkilap dan untuk melindungi permukaan cat lapisilah body mobil menggunakan poles atau wax.

Gunakan lap micro fiber untuk memoles mobil, tunggu 10 - 15 menit dan kemudian gunakan lap lain yang bersih untuk membersihkan sisa bahan poles pada body mobil.

Agar body mobil tetap terawat dan catnya tidak cepat pudar direkomendasikan untuk melakukan pencucian minimal seminggu sekali dan memolesnya minimal 4 kali setahun.




Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!






Artikel Terkait

Previous
Next Post »