...

Apakah Yang Dimaksud Dengan Remapping ECU ...?

May 01, 2018

 Remapping  ECU

Mobil-mobil modern saat ini sudah dilengkapi oleh ECU (Engine Control Unit) yaitu sebuah komputer kecil yang mengontrol seluruh kinerja mesin.

Pabrikan mobil melakukan setingan mesin dengan menggunakan software yang ditanam di ECU sebagai software default sebelum mobil keluar dari perakitan.

Software yang ditanam di ECU bervariasi tergantung dimana mobil akan dipasarkan, sehingga beberapa hal seperti kondisi iklim, undang-undang yang berlaku di negara pemasaran, dan peraturan emisi.

ECU Remapping pada dasarnya adalah melakukan modifikasi atau merubah software default yang tertanam di mobil tersebut.


Remapping  ECU

Remapping  ECU



Bagaimana Cara Melakukan Remapping ECU...?

Seperti disebutkan di atas pekerjaan remapping ECU adalah merubah software default yang tertanam di dalam ECU dan kemudian menuliskan software baru yang berisi program untuk mengoptimalkan kemampuan mesin.

Hal ini disebut dengan remapping mobil karena pada dasarnya ECU adalah program komputer yang mengontrol cara kerja mesin.


Saat melakukan remapping mobil software tuning dimasukkan melalui car serial port atau OBD port yang kemudian merubah engine map dengan versi baru untuk meningkatkan performa mesin.


Kemampuan melakukan flashing melalui OBD telah membuat industri tuning membuat loncatan yang melampaui batas yang cukup maju, dengan pengembangan secara kontinyu pada mesin sekarang lebih mudah melakukan peningkatan power mesin melalui proses flashing.

Baca Juga: Diagnosa Kerusakan ECU Bagian 1: Melakukan Pemeriksaan Komponen ECU Secara Visual

Apakah yang dimaksud dengan Chip Tuning

Chip tuning merupakan definisi awal dari yang sekarang dikenal dengan remapping ECU. Chip tuning membutuhkan untuk melepas EPROM dari ECU dan kemudian software baru diprogram ke dalam chip di luar ECU. Chip tuning sudah semakin jarang dilakukan sejak tahun 1996 ketika OBD remapping yang dapat dilakukan melalui OBD port dan tidak perlu melepaskan chip EPROM.


Apakah Dampak Dari Melakukan Remapping ECU

Banyak orang mengatakan bahwa remapping ECU tidak mempengaruhi konsumsi bahan bakar, namun secara teknikal hal ini tidak sepenuhnya tepat. Karena proses remapping ECU adalah dengan menambah suplai bahan bakar untuk meningkatkan power mesin.

Apabila setelah melakukan remapping ECU mobil dikendarai dengan cara yang agresif maka konsumsi bahan bakar  akan meningkat.

Namun jika pengemudi merubah gaya mengemudinya untuk memanfaatkan peningkatan tenaga dan momen mesin pada setiap rentang putaran mesin maka efisiensi konsumsi bahan bakar dapat meningkat.

Sebagai contoh peningkatan momen mesin setelah melakukan remapping ECU membuat pengemudi tidak perlu menurunkan gigi persneling untuk mempertahankan kecepatan mobil saat ditanjakan atau tidak terlalu sering melakukan perpindahan gigi saat merambat di jalan raya yang padat. Hal - hal ini akan memberikan kontribusi pada efisiensi konsumsi bahan bakar.


Baca Juga: Diagnosa kerusakan ECU Bagian 2 : Memeriksa Kerusakan Komponen ECU dengan alat Test.

Alasan Melakukan Remapping ECU


  • Ada beberapa lasan mengapa orang mau melakukan remapping ECU, antara lain:
  • Mesin lebih responsif saat pedal gas diinjak
  • Meningkatkan power dan momen mesin secara keseluruhan
  • Perpindahan daya mesin akan lebih halus membuat pengemudian yang lebih aman dan pada gilirannya akan membuat proses menyalip kendaraan akan lebih mudah dan aman.
  • Jika dikemudikan dengan normal maka konsumsi bahan bakar mobil akan menurun sehingga menghemat pengeluaran biaya bahan bakar dan juga lebih ramah lingkungan.


Apakah Ada Efek Samping Melakukan Remapping ECU..?

Ada beberapa laporan yang menyebutkan kerusakan mesin, tetapi ini sangat jarang. Biasanya kerusakan terjadi karena mobil dikendarai secara agresif dan melakukan remapping ECU secara sembarangan tanpa memperhitungkan keuatan komponen mekanikal mesin.



Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!




Artikel Terkait

Previous
Next Post »