...

Menggunakan Mode $06 Pada OBD II Untuk Memaksimalkan Fungsi Scantool

June 23, 2018
Mode $06 merupakan salah satu fitur di dalam sistem onboard diagnostic OBD II yang sudah diterapkan pada mobil-mobil produksi tahun 1996 ke atas. Mode $06 didesain untuk memonitor fungsi atau  kerja semua sensor-sensor  dan komponen sistem kontrol emisi secara terus menerus.




Mode $06 dapat diakses dengan menggunakan scantool profesional, dan membutuhkan scantool dengan software yang dapat merubah kode heksadesimal (kode komputer 16 bit) ke dalam bentuk angka dan nomor biasa.

Dengan kata lain ini merupakan mode diagnostik tingkat advance yang dapat mengungkapkan sistem kerja di dalam OBD II dan dapat memberitahukan kapan kode akan muncul bahkan sebelum kode DTC ditampilkan dan lampu cek engine menyala, Mode $06 tidak dapat diakses menggunakan code reader biasa atau dengan basic scantool.

Pada umunya teknisi sering mengabaikan mode $06. Pada scantool keluaran lama mode $06 sangat sulit untuk diakses, dan jika teknisi berhasil menemukannya, kode heksadesimal terlihat seperti tak mempunyai makna sama sekali. 

Teknisi membutuhkan sebuah tabel konversi untuk menerjemahkan kode heksadesimal tersebut menjadi angka-angka biasa dan teknisi harus mempunyai referensi kode dari pabrikan mobil untuk dapat memahami arti setiap baris kode tersebut. Jadi hal itu sangat sulit untuk digunakan dan bahkan teknisi banyak yang tidak menyadari keberadaan mode tersebut.


Seiring perjalanan waktu, banyak pabrikan scantool yang menambahkan software khusus pada alat mereka agar Mode $06 lebih mudah ditemukan dan digunakan.

Banyak scantool profesional dapat menampilkan semua data Mode $06 dalam bahasa inggris yang sederhana dengan satuan pengukuran untuk berbagai jenis data (tekanan, suhu dll).

Beberapa diantaranya memberi tanda dengan warna merah untuk nilai yang diluar spesifikasi sehingga lebih mudah untuk memetakan masalah yang memunculkan kode DTC.


Manfaat terbesar dari Mode $06 dari sudut pandang diagnostik adalah dapat digunakan untk memverifikasi bahwa perbaikan yang dilakukan telah mengatasi masalah yang terjadi tanpa perlu menungu berhari-hari agar self test OBD II tertentu sampaii diaktifkan.

Untuk memastikan emisi kendaraan tidak melebih batas yang ditentukan, sistem OBD II menjalankan berbagai fungsi self check (disebut "monitor") saat kendaran dijalankan.

Beberapa dari monitor ini bersifat berkelanjutan atau "continuos" dan memonitor sensor-sensor dan sistem tertentu sepanjang waktu. Monitor yang lain ("non continuous" monitor) hanya berjalan setelah beberapa kondisi tertentu tercapai.

Konsekuensinya non continuous monitor akan lebih lambat menyelesaikan sistem self-checknya, dan tidak menampilkan kode DTC selama beberapa hari atau bahkan minggu setelah terjadi kerusakan.

Jadi dengan kemampuan melakukan verifikasi bahwa perbaikan yang dilakukan telah menyelesaikan masalah tanpa menunggu lampu cek engine menyala kembali merupakan cara yang baik bagi bengkel dan teknisi mengurangi kustomer yang tidak puas kembali lagi dengan masalah yang sama.


Mode $06 sangat berguna sekali untuk memeriksa masalah misfire pada mobil Ford dan untuk memeriksa catalytic converter dan sistem evaporative emission (EVAP) pada banyak merk mobil.

Kedua sistem tersebut termasuk non continuous monitor yang  sangat lambat menyelesaikan self check tergantung kondisi pengendaraan.

Mendiagnosa Problem Misfire Menggunakan Mode $06

Setiap kali silinder mengalami misfire, sistem OBD II menambahkan satu angka perhitungan berjalan dari misfire pada silinder tersebut.

Saat batas misfire pada tiap silinder telah melewati batas tertentu (biasanya sekitar 2 %), sistem OBD II biasanya akan menampilkan kode DTC misfire untuk silider yang mengalami misfire dan membuat lampu cek engine menyala atau berkedip.

Jika misfire tidak melebihi dari 2 % biasanya kode DTC tidak akan dimunculkan, walaupun begitu gejala misfire masih cukup dapat dirasakan saat mesin berada dalam beban berat atau akselerasi.

Dengan menggunakan scantool untuk mengakses data mode $06, kita dapat membaca berapa banyak misfire yang terjadi dan tercatat pada setiap silinder.

Catatan:
 Hal ini mungkin memerlukan mencari kode referensi pengujian Mode $06, kecuali scantool yang digunakan dapat menerjemahkan informasi tersebut.


Contoh pembacaan data misfire Mode $06 dengan scantol Auto Doctor 


Sebagai contoh, pada mobil Ford, data misfire silinder mungkin dicantumkan dibawah TID $053. setiap silinder diidentifikasi sebagai Komponen $01, $02, $03, dll, dimana nomor $ merujuk pada nomor silinder di dalam firing order mesin.


Normalnya, jika tidak ada masalah jumlah misfire pada tiap silinder harus Nol atau mendekati Nol. Jika hanya ada beberapa kejadian misfire yang terjadi (katakanlah sekitar 100 kejadian selama jangka waktu tertentu, hal tersebut masih dapat diterima.

Namun jika terlihat jumlah yang cukup tinggi  ( lebih dari beberapa ratus atau seribu misfire pada satu silinder tertentu) maka hal itu memberitahu silinder tersebut mengalami misfire dalam tingkat yang tidak wajar dan ada masalah pada sistem pengapian, bahan bakar atau tekanan kompresi pada silinder tersebut.


Bagaimana Data Mode $06 Ditampilkan

Pada scantool profesional yang lebih lama, semua data Mode $06  ditampilkan dengan kode heksadesimal tanpa ada penjelasan unit pengukuran. Pada scantool keluaran terbaru, sudah menggunakan software yang menerjemahkan data Mode $06  kedalam  istilah  dan satuan pengukuran yang dikenal. Data ditampilkan di dalam 3 kolom:

 "TID" singkatan dari  Test identification. Ini merupakan sensor atau komponen yang dimonitor pada jalur tersebut.

 "CID" Singkatan dari Component identification. Merupakan hasil pengetesan dari sensor atau komponen tersebut.

PASS  atau FAIL pada kolom terakhir menunjukkan jika nilai pengukuran berada dalam spesifikasi atau diluar spesifikasi (lebih kecil dari spesifikasi nilai minimum atau lebih besar dari nilai spesifikasi maksimum dari komponen atau sensor-sensor).




Menerjemahkan Kode Heksadesimal Mode $06

Jika scantool tidak dapat menerjemahkan kode heksa desimal dari Mode $06, tabel yang mencamtumkan definisi TID dan CID harus digunakan untuk memahami data Mode $06 tersebut.

Pembacaan nilai Mode $06 dalam format kode heksadesimal


Tidak semua pabrikan mobil mempublikasikan informasi mengenai data Mode $06-nya. Informasi data Mode $06 mobil Ford dan GM dapat ditemukan pada website service information-nya atau pada website International Automotive Technicians Network (www.iatn.net).

Tabel  Mode $06 untuk GM, Klik disini.

Tabel  Mode $06  untuk Honda atau  Acura, klik disini.


Informasi tambahan Mode 06 Diagnostic

Mode 06 parameters for GM 4.6L engine (PDF file)

Honda Mode 06 info for MY 2005 (PDF file)


Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!





Artikel Terkait

Previous
Next Post »