Sabtu, 15 Oktober 2022

Memahami Electronic Parking Brake Pada Mobil

Memahami Electronic Parking Brake Pada Mobil



Kendaraan-kendaran terbaru saat ini banyak yang sudah dilengkapin dengan Electronic Parking Brakes atau EPB. Parking brake merupakan salah satu sistem yang sudah diintegrasikan pada onboard electronic mobil untuk mendapatkan pengereman roda yang lebih aman dan nyaman pada berbagai situasi pengendaraan.

Keuntungan Penggunaan Electronic Parking Brake
Electronic Parking Brake menghilangkan tuas atau pedal rem parkir di dalam mobil. Rem parkir elektronik hanya membutuhkan sakelar atau tombol kecil yang dapat ditempatkan di mana saja dan diaktifkan dengan ujung jari. Sistem EPB pintar secara otomatis menerapkan rem tanpa input dari  pengemudi ketika kendaraan berhenti bergerak atau transmisi ditempatkan di posisi Park.


Electronic parking brake  juga dilengkapi dengan fungsi intelligent release function yang dapat  membuat  rem parkir dibebaskan  secara otomatis saat transmisi dipindahkan ke posisi maju atau mundur.  EPB juga desain  untuk memberikan fitur ""hill holding" pada kendaraan dengan transmisi manual sehingga mobil tidak mundur ke belakang, atau ke depan, saat berhenti di jalanan yang menanjak. 

EPB juga dapat berfungsi sebagai rem darurat jika rem hidraulik tidak berfungsi -- meskipun hanya dengan rem belakang saja, namun sudah cukup  untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan yang melaju kencang, daripada tidak ada rem cadangan sama sekali.



Aplikasi Electronic Parking Brake

Aplikasi Electronic Parking Brake pada merek kendaraan impor termasuk Audi A4, A5, A6 & A8, 2002 dan yang lebih baru BMW Seri 5 dan 7, dan model Z4, model Mercedes tahun 2001 ke atas dengan Sensotronic Brake Control, Jaguar S-Type, XF dan XJ, 2003 dan lebih tinggi Volkswagen Passat, dan 2010 Subaru Legacy and Outback. Aplikasi domestik termasuk 2003 hingga 2006 Lincoln LS,


GM and Ford Cable Actuated Electronic Parking Brakes

Pada model saat ini, General Motors dan Ford sama-sama memilih untuk menggunakan sistem rem parkir elektronik dengan tipe  kabel. Pengaturan serupa juga digunakan oleh Lexus pada model LS 460, Jaguar pada model X-Type dan XJ, BMW pada Seri 5 dan 7, dan Z4, dan pada model Land Rover dengan EPB.

Rem belakang pada aplikasi ini diterapkan dengan menarik kabel (seperti rem parkir mekanis), tetapi motor listrik dan rakitan ratcheting digunakan untuk menerapkan gaya daripada tuas tangan atau pedal kaki. Sistem ini memiliki modul kontrol untuk mengoperasikan motor EPB, dengan input yang berasal dari switch EPB yang dioperasikan pengemudi di ruag penumpang. Modul juga dapat menerima input dari modul kontrol onboard lainnya yang mungkin meminta penerapan rem parkir tergantung pada kondisi pengoperasian (seperti saat memarkir mobil, menahan mobil di tanjakan saat berhenti, atau untuk pengereman cadangan darurat).

Pada Cadillac CTS, aktuator EPB dan modul kontrol adalah satu unit, yang terletak di atas subframe belakang. Pada model Lincoln LS dan Jaguar, aktuator EPB terletak di dalam bagasi di belakang kursi belakang, dan modul dipasang di dalam bagasi dekat spatbor kiri.

Dengan sistem EPB yang digerakkan kabel ini, tidak diperlukan prosedur servis khusus saat menyervis rem belakang selain untuk memastikan rem parkir dilepaskan sepenuhnya sebelum mengerjakan kaliper atau mengganti kanvas rem. Hal ini penting untuk diketahui karena rem parkir harus dilepas sebelum kaliper dapat dilepas untuk mengganti kanvas rem belakang.

Pada Cadillac CTS, EPB dapat dilepaskan dengan scan tool, atau dilepaskan secara manual dengan cara menyalakan kunci kontak (engine off), menempatkan transmisi pada posisi Park (atau netral dengan transmisi manual), kemudian menekan dan menahan switch EPB selama 5 detik. Saat lampu peringatan rem parkir mulai berkedip, lepaskan sakelar EPB, lalu segera tekan dan lepaskan sakelar sekali lagi untuk menonaktifkan rem parkir.

Pada Lincoln LS, rem parkir elektronik dilepaskan dengan memutar kunci, menekan pedal rem dan menekan witch EPB ke bawah. Lampu peringatan rem akan padam saat EPB dilepas. Sistem EPB juga akan otomatis lepas jika transmisi digeser keluar dari Park saat kunci dalam keadaan hidup. Namun pada model Lincoln LS hingga tahun 2007, rem parkir elektronik hanya lepas saat transmisi dipindah ke Drive (bukan Mundur). Anda harus menahan kaki Anda di rem jika tidak, rem tidak akan terlepas sampai Anda menekan pedal gas.

Pada aplikasi Audi, VW dan Mercedes EPB, setup yang digunakan berbeda. Kaliper belakang dilengkapi dengan motor listrik kecil dan roda gigi reduksi yang menerapkan rem parkir. Roda gigi melipatgandakan gaya yang diberikan oleh motor listrik untuk memaksa piston kaliper keluar dan menjepit kanvas rem  pada rotor.

Dengan sistem EPB yang digerakkan motor listrik Eropa, prosedur servis bisa lebih rumit. Sistem rem parkir elektronik dapat dihidupkan dan dimatikan menggunakan switch EPB, atau dapat dinonaktifkan dengan alat scantool atau alat servis EPB khusus.

Pada sistem EPB Eropa dan domestik, alat pindai dengan perangkat lunak dan kemampuan yang sesuai diperlukan untuk membaca dan menghapus kode, dan untuk menjalankan pemeriksaan mandiri sistem (seperti menerapkan dan melepaskan rem parkir).



Masalah Electronic Parking Brake

Seperti sistem elektronik lainnya, masalah dapat terjadi di EPB jika kabel atau sirkuit antara sakelar EPB, modul, dan aktuator korsleting, terbuka, atau menghasilkan resistansi tinggi. Kesalahan umum seperti sekering terbuka atau tegangan sistem rendah dapat mencegah sistem beroperasi secara normal. Sebagian besar sistem ini dapat mendiagnosis sendiri kesalahan besar, dan akan menetapkan kode dan menyalakan lampu peringatan rem atau menampilkan pesan "Service Parking Brake" jika ada masalah. Alat scantool kemudian harus digunakan untuk membaca kode.

Jika komponen sistem utama gagal (seperti modul kontrol atau aktuator), suku cadang harus dipasok dari dealer mobil baru karena fakta bahwa sistem ini masih relatif baru dan jumlahnya sedikit. Seiring berjalannya waktu, beberapa komponen EPB kemungkinan akan tersedia melalui toko suku cadang otomotif.

Jika rem parkir gagal dilepaskan secara otomatis atau manual, rem parkir dapat macet karena beberapa alasan:
  • Ada kesalahan elektronik dengan modul kontrol EPB.
  • Motor penggerak listrik rem parkir rusak atau macet.
  • Sakelar pemilih perpindahan gigi atau sakelar pedal rem rusak.
  • Ada kesalahan komunikasi antara salah satu sakelar ini dan modul EPB.
  • Salah satu atau kedua kabel rem parkir korosi dan lengket.


Jika Anda memiliki Lincoln LS dan melihat peringatan "SERVICE PARKING BRAKE" di panel instrumen, itu bisa menunjukkan masalah nyata pada sistem, atau masalah palsu. Modul EBP pada Lincoln sangat sensitif terhadap interfensi elektronik dalam sistem kelistrikan kendaraan. Dalam beberapa kasus, ini dapat disebabkan oleh koil pengapian yang rusak. Koneksi dan ground wiring harness yang buruk dapat menyebabkan masalah serupa.

Jika Anda ingin mengganti bantalan rem belakang pada Lincoln LS dengan rem parkir elektronik, tahan sakelar rem parkir pada posisi  DOWN saat Anda mematikan kunci untuk mencegah rem disetel secara otomatis. Jika Anda tidak melakukannya, rem parkir akan bekerja secara otomatis dan Anda tidak akan bisa melepaskan kaliper dari rotor.


ELECTRONIC PARKING BRAKE RECALLS

Rem parkir elektronik telah terbukti cukup andal, tetapi ada beberapa laporan masalah pada beberapa model Jaguar, Subaru dan VW. Satu-satunya penarikan yang dikeluarkan sejauh ini adalah satu oleh Jaguar untuk model S-Type 2001 hingga 2003 (kampanye 04V488000). Penarikan tersebut dilakukan karena modul kontrol rem parkir pada beberapa Jaguar S-Type akan menerapkan rem parkir tanpa indikasi atau peringatan apa pun saat kendaraan sedang bergerak. Hal ini menyebabkan roda belakang terkunci dan tergelincir. Perbaikannya adalah dealer mengganti modul kontrol rem parkir dengan modul yang didesain ulang tanpa biaya kepada pemilik kendaraan.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *