Menganalisa Gangguan Lampu Depan Mobil

Ada beberapa masalah yang dapat menimbulkan gangguan pada lampu depan atau lampu headlight mobil. Mulai dari lampu depan yang berangsur-angsur menjadi redup, hingga sekering lampu yang sering putus.


Berikut panduan melakukan analisa terkait gangguan pada lampu depan mobil.

Merupakan hal yang biasa seiring dengan pemakaian lampu depan mati. Namun sebelum melakukan penggantian coba lakukan sedikit pemeriksaan untuk mengetahui apakah memang matinya lampu tersebut karena sudah lama dipakai. Periksa apakah bohlam terlihat menghitam dan ada filamen yang putus. Jika demikian berarti memang bohlam sudah waktunya diganti.




Masalah : Lampu Depan Sering Putus

Mungkin ada masalah serius yang menyebabkan bohlam lapu depan terlalu sering putus. Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan bohlam lampu depan mobil terlalu sering putus dari seharusnya.
Periksa kemungkinan adanya korosi pada bohlam dan dudukan bohlam. Jika terdapat korosi, ganti bohlam atau bersihkan korosi dengan anti karat. Bohlam yang harganya murah lebih mudah untuk putusjadi sangat disarankan untuk menggunakan bohlam sesuai rekomendasi pabrikan. Periksa pada buku pedoman pemilik untuk mengetahui bohlam yang direkomendasikan.


Masalah: Lampu Depan Redup

Lampu yang redup merupakan salah satu tanda bahwa bohlam yang digunakan sudah mendekati batas pemakaiannya. namun sebelum melakukan penggantian bohlam ada beberapa hal yang perlu diperiksa.

Pertama, periksa kondisi lensa lampu depan. Jika lensa tampak kusam,buram dan berembun segera bersihkan dan poles dengan menggunakan headlight polish and cleaner. Anda mungkin akan terkejut betapa banyak lapisan tipis hitam yang menutupi lensa lampu depan saat dibersihkan.



Kemudian periksa tegangan output alternator dengan menggunakan AVO meter. Kadang lampu depan yang redup disebabkan oleh kurangnya tegangan listrik karena alternator yang lemah atau kabel ground yang tidak bagus.


Cara Mengganti Bohlam Lampu Depan



Masalah: Koneksi Yang Buruk

Lampu depan berkedip-kedip merupakan gejala yang umum ditemui pada lampu depan yang sudah menggunakan bohlam HID. Hal ini biasanya disebabkan oleh koneksi yang buruk. Sebelum memutuskan mengganti bohlam periksalah terlebih dahulu kondisi koneksi kabel baterai.

Getaran yang dihasilkan mesin secara terus menerus dapat mengakibatkan kleman pada terminal baterai menjadi kendor. Untuk memastikan setiap kabel terpasang dengan baik, coba goyag-goyangkan kabel tersebut dengan tangan untuk melihat apakah ada koneksi kabel yang kendor.


Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!






0 Response to "Menganalisa Gangguan Lampu Depan Mobil "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel