3 Cara Menghilangkan Jamur Pada Cat Mobil Yang Bisa Dilakukan Sendiri

Menghilangkan Jamur Penyebab Mobil Kusam


Salah satu unsur yang mempercantik mobil adalah kondisi cat body mobil yang selalu terlihat mengkilap. Namun seiring waktu cat mobil banyak yang mengalami degradasi saehingga akan terlihat kusam. Untuk menjaga tampilan mobil selalu kinclong banyak pemilik mobil yang menggunakan paint protection atau melakukan pemolesan body mobil secara berkala, misalnya 4 atau 6 bulan sekali.

3 Cara Menghilangkan Jamur Pada Cat Mobil Yang Bisa Dilakukan Sendiri
Mobil kusam karena jamur


Tampilan cat mobil yang menjadi kusam bisa menjadi lebih parah karena adanya jamur pada body mobil. Jamur pada mobil secara sekilas memang tidak terlihat, namun jika diamati lebih jelas akan terlihat cat mobil yang tidak mengkilap dan jika dipegang dengan tangan tidak licin.
Jamur yang dibiarkan dalam waktu lama dapat merusak cat mobil, sehingga akan sulit dihilangkan dan satu-satunya cara untuk mengembalikan tampilan mobil supaya mengkilap lagi adalah dengan melakukan pengecatan ulang.

Jamur pada body mobil dapat ditimbulkan oleh beberapa hal, antara lain sering membiarkan mobil terparkir diluar ruangan malam atau siang hari tanpa penutup. Kelembaban udara di ruang terbuka akan mempercepat munculnya jamur.


Satu lagi hal yang menimbulkan jamur adalah tidak segera mengeringkan air pada body mobil setelah mencuci mobil. Tetesan-tetesan air yang tertinggal pada mobil akan menyebabkan jamur.
Begitu pula apabila setelah terkena air hujan mobil tidak segera dikeringkan, air hujan mempunyai kandungan asam yang cukup tinggi dan akan mempercepat munculnya jamur.

Jadi langkah untuk menghindari munculnya jamur pada mobil adalah rajin membersihkan mobil dari kotoran dan segera mengeringkan body mobil yang terkena air.

Namun jika sudah terlanjur muncul jamur pada body mobil, apa yang harus kita lakukan,,,??


Berikut dibawah ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jamur pada body mobil, dengan catatan kondisinya belum terlalu parah.


1. Menghilangkan Jamur pada Body Mobil Dengan Akohol

Jamur pada body mobil dapat dihilangkan dengan menggunakan alkohol . Alkohol dengan kandungan 50-90% cukup efektif untuk menghilangkan jamur yang membandel.
Pertama, celupkan kain bersih kedalam alkohol, kemudian gosokkan pada body mobil yang terlihat jamur, gosok dengan gerakan memutar sampai jamur yang menempel hilang, kemudian bersihkan dengan lap yang bersih.



2. Menghilangkan Jamur Pada Body mobil Dengan Water Spot Remover.

Metode ini cukup mudah dan memperkecil kemungkinan baret pada body mobil, cara ini juga sangat efektif membasmi jamur yang tidak terlalu parah.



3 Cara Menghilangkan Jamur Pada Cat Mobil Yang Bisa Dilakukan Sendiri
Water Spot Remover dan Lap Microfiber


Berikan water spot remover pada bagian body mobil yang mengalami jamur secukupnya dan kemudian gosok dengan menggunakan lap microfiber. Gosok sampai bersih dan ulangi beberapa kali. Setelah dianggap cukup, bersihkan body mobil kembali dengan menggunakan lap microfiber lain yang bersih.


3. Menghilangkan Jamur Pada Body Mobil Dengan Poles

Apabila jamur yang menempel pada body mobil tidak juga hilang dengan metode diatas kemungkinan jamur tersebut sudah menempel cukup lama.

Sebelum memoles mobil gunakan clay bar untuk membersihkan permukaan cat agar tidak terkontaminasi selama proses pengerjaan poles.


3 Cara Menghilangkan Jamur Pada Cat Mobil Yang Bisa Dilakukan Sendiri
Clay Bar


Setelah permukaaan body mobil sudah bersih, poles bagian yang terkena jamur dengan menggunakan compound sampai jamur tersebut hilang, kemudian laposi dengan polishing agar mengkilap dan jamur tidak mudah muncul lagi.

Jika seluruh metode diatas tidak berhasil mengembalikan tampilan mobil mengkilap kembali maka satu-satunya jalan adalah dengan melakukan pengecetan ulang.




Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!





0 Response to "3 Cara Menghilangkan Jamur Pada Cat Mobil Yang Bisa Dilakukan Sendiri"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel