Ketahui 4 Jenis Baret Pada Mobil Dan Cara Menghilangkannya

Menghilangkan Baret Mobil Yang Benar Dengan Cara Mudah


Kondisi mobil yang selalu mengkilap dan mulus merupakan dambaan sebagian besar pemilik mobil. Berbagai upaya dilakukan agar tampilan mobil kesayangan selalu terlihat mulus dan kinclong.

Tentu sangat tidak mengenakkan apabila melihat body mobil yang dibeli dengan harga ratusan juta mengalami baret  pada sekujur tubuhnya.

Para pemilik mobil selalu berusaha menjaga agar tidak mengalami baret pada mobilnya, namun tetatp saja ada hal tak terduga yang dapat menyebabkan baret pada mobil.

Menghilangkan Baret Mobil Yang Benar Dengan Cara Mudah


Kondisi lalu lintas diberbagai kota besar Indonesia yang cukup padat dan kebiasaan sebagian pengemudi yang tidak taat aturan mengakibatkan resiko mengalami baret cukup besar.
Selain itu ada beberapa faktor penyebab mobil mengalami baret, seperti terkena batu atau kerikil saat di jalan tol, bersenggolan dengan kendaraan lain, adanya tangan-tangan jahil dll.

Menghilangkan Baret Mobil


Jika body mobil sudah terlihat banyak baret maka ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan baret tersebut. Jika baretnya tidak terlalu dalam perbaikannya dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan peralatan sederhana.

Jika baret yang terjadi pada mobil tidak terlalu parah atau cat mobil tidak sampai terkelupas dapat dihilangkan dengan menggunakan compound.


Lakukan pemeriksaan awal

Lakukan pemeriksaan awal untuk mengetahui kondisi baret pada body mobil. Sebaiknya cuci terlebih dahulu mobil agar dapat melihat dengan jelas apakah benar-benar ada baret atau hanya kotoran saja yang menempel.

Menghilangkan Baret Mobil Yang Benar Dengan Cara Mudah
Level Baret Pada Mobil



Pelajari kedalaman baret pada body mobil

Hal paling mendasar untuk memperbaiki baret pada body mobil adalah dengan mengetahui kedalaman baret tersebut, sehingga dapat menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan baret tersebut.
Apakah cukup dengan melakukan pemolesan atau harus melakukan pengecatan ulang...?

Lapisan body mobil terdiri dari empat bagian, yaitu:
  • Metal/body panel
  • Primer
  • Base coat
  • Clear coat

Memahami jenis baret dan bagian mobil yang mengalami baret merupakan langkah pertama agar dapat menghilangkan baret dengan efektif dan efisien.




Jenis-Jenis Baret Mobil Dan Metode Perbaikannya


Menghilangkan Baret Mobil Yang Benar Dengan Cara Mudah
Level Baret Pada Body Mobil


Baret Level 1A:

Baret halus dan tipis pada permukaan cat mobil merupakan hal yang paling sering terjadi dan cukup mudah dihilangkan.

Baret jenis ini biasanya dapat disebabkan oleh adanya kontak antara cat mobil dengan berbagai benda, bahkan lap yang kotorpun dapat menimbulkan baret jenis ini. Baret ini juga tidak terlalu terlihat karena tidak dalam dan dapat dengan mudah dihilangkan dengan dipoles menggunakan tangan saja.

Untuk menghilangkan baret ini cukup dengan menggunakan bahan poles mobil biasa yang banyak dijual dipasaran. Gosokkanlah menggunakan kain yang bersih secara perlahan sampai baret-baret halus tersebut hilang.

Jika tidak mempunyai poles mobil, salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menghilangkan goresan halus pada body mobil adalah dengan menggunakan lotion anti nyamuk dan pasta gigi. Bahan-bahan ini terbukti cukup efektif menghilangkan goresan yang kecil. Namun sebelum menggunakan bahan ini terlebih dahulu coba pada bagian cat mobil yang tersembunyi untuk mengetahui tingkat reaksi bahan tersebut, jika aman oleskan pada bagian mobil yang baret dan kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.




Menghilangkan Baret Mobil Yang Benar Dengan Cara Mudah
Jenis Baret Pada Lapisan Clear Coat



Baret Level 1B: 

Baret ini juga terjadi pada lapisan  clear coat namun  lebih dalam dari Level 1A dan tidak dapat dihilangkan dengan mudah.
Baret ini dapat dihilangkan atau setidaknya dibuat tidak terlalu kentara dengan menggunakan bantuan mesin poles.

Baret ini sering terjadi dengan bentuk lingkaran yang biasanya dapat diakibatkan oleh mesin pencuci mobil otomatis. Baret ini terasa lebih dalam dari Level 1A tapi belum sampai mengenai cat mobil.


Baret Level 2

Jika terlihat baret pada body mobil dan tidak terlihat warna lain dibalik cat mobil maka dapat dipastikan baret tersebut belum menyentuh lapisan primer atau logam. Pada kasus seperti ini goresan yang terjadi telah menembus lapisan clear coat dan mengenai cat mobil namun jika warna cat masih terlihat bagus maka tidak perlu menggunakan Touch-Up Paint untuk memperbaikinya.

Baret ini hampir sama dengan baret pada lapisan clear coat namun sedikit mengenai lapisan cat mobil.

Karena sudah mengenai lapisan cat, baret jenis  ini tidak dapat dihilangkan sepenuhnya namun dengan teknik pemolesan yang baik menggunakan mesin pole, baret jenis  ini dapat disamarkan sehingga nyaris tidak terlihat.


Baret Level 3 

Goresan atau baret yang terjadi telah mengenai lapisan primer, namun belum mengenai logam body mobil. Baret ini tidak dapat dihilangkan, namun hanya dapat dibuat tidak terlalu terlihat.

Goresan jenis ini akan memunculkan lapisan warna putih atau abu-abu dibawah lapisan cat mobil yang menandakan goresan telah mengenai lapisan dasar cat mobil.

Walaupun goresan jenis ini tidak akan menimbulkan karat pada mobil namun perlu segera untuk diperbaiki. Goresan ini dapat diperbaiki dengan menggunakan Touch-Up paint.


Menghilangkan Baret Mobil Yang Benar Dengan Cara Mudah
Touch-Up Paint



Baret Level 4


Menghilangkan Baret Mobil Yang Benar Dengan Cara Mudah
Jenis Baret Dan Metode Perbaikannya


Jika goresan mengenai lapisan logam body mobil, maka cara menghilangkannya adalah dengan melakukan pengecatan ulang atau menggunakan Touch-Up Paint.

Goresan dengan tingkat kedalaman ini akan memperlihatkan warna mengkilap logam dari body mobil yang jika dibiarkan dalam waktu lama akan menimbulkan karat. Tidak ada bahan poles yang dapat menghilangkan baret yang sudah mengenai logam body mobil. Jangan percaya dengan produk "ajaib"yang dapat menghilangkan baret jenis ini.



Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!






Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ketahui 4 Jenis Baret Pada Mobil Dan Cara Menghilangkannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel