Rabu, 12 September 2018

Memahami Sistem Bahan Bakar Chevrolet Spin Diesel

Sistem Bahan Bakar Chevrolet Spin Diesel-1.3L LDV

Fuel pump module terletak disebelah kanan fuel tank, berfungsi untuk menyuplai bahan bakar melalui fuel feed pipe menuju ke high pressure mechanical fuel injection pump. Mechanical fuel injection pump terletak pada sisi kiri bawah mesin. Bahan bakar dialirkan melalui fuel filter/heater element housing yang merupakan gabungan dari water separator, fuel heater element, dan filter element.


Output dari mechanical fuel injection pump dikontrol oleh engine control module (ECM), untuk menyediakan bahan bakar dengan tekanan sesuai yang dibutuhkan oleh fuel injector. Fuel injector menyuplai bahan bakar langsung  ke dalam ruang bakar mesin. Sebuah pipa pengembali yang terpisah digunakan untuk mengembalikan bahan bakar yang tidak terpakai kembali ke dalam fuel tank. Mechanical fuel injection pump, fuel rail pressure, fuel injection timing, dan injection duration dikontrol oleh ECM.


Fuel Tank

Fuel tank berfungsi untuk menampung bahan bakar. Bahan bakar disalurkan oleh electric fuel pump yang dipasang pada fuel tank module assembly. Fuel pump menyuplai bahan bakar menuju ke high pressure mechanical fuel injection pump. Fuel pump juga menyuplai bahan bakar ke siphon jet pump.  Siphon jet pump menghisap bahan bakar dari  secondary side fuel tank ke primary side fuel tank.



Fuel tank terbuat dari high density polyethylene dan diikat ke rangka kendaraan dengan menggunakan dua buah plat baja.


Fuel Filler Cap

Fuel filler cap mempunyai mekanisme torque limiting yang berfungsi untuk mencegah mengencangkan cap terlalu berlebihan. Putar cap ke arah kanan sampai terdengar bunyi "klik' sebagai tanda fuel filler cap sudah terpasang dengan benar.


Fuel Sender Assembly

Primary fuel tank module terletak pada sisi kanan di dalam fuel tank. Primary fuel tank module terdiri dari komponen-komponen utama berikut ini:

  • Fuel pump and reservoir assembly
  • Fuel level sensor
  • Fuel strainer
  • Jet pump
  • Fuel transfer pipe


Secondary fuel tank module terletak pada sisi kiri fuel tank. Secondary fuel tank module terdiri dari komponen-komponen utama berikut ini:

  • Fuel level sensor
  • Fuel strainer


Fuel Level Sensor

Fuel level sensor terdiri dari  float, wire float arm, dan ceramic resistor card. Posisi dari float arm menunjukkan ketingggian bahan bakar.
Fuel level sensor terdiri dari variable resistor yang nilai tahanannya akan berubah sesuai dengan perubahan ketinggian bahan bakar di dalam fuel tank.

Engine control module (ECM) mengirimkan informasi tentang jumlah bahan bakar ke instrument panel cluster. Informasi ini digunakan oleh  instrument panel fuel gauge dan low fuel warning indicator (jika dilengkapi). ECM juga memonitor informasi tentang jumlah bahan bakar untuk berbagai fungsi diagnostik lainnya.


Fuel Strainer

Fuel strainer dipasang pada bagian bawah  fuel sender. Fuel strainer terbuat dari bahan woven plastic. Fuel strainer berfungsi untuk menyaring kotoran dan sulfur. Fuel strainer bersifat self clening dan normalnya tidak memerlukan perawatan. Jika bahan bakar sampai tersumbat pada lokasi ini berarti ada kemungkinan terdapat sedimen yang tidak lazim di dalam fuel tank.


Fuel Pump


Fuel pump dipasang di dalam  primary fuel tank module reservoir. Fuel pump yang digunakan adalah electric pump. Bahan bakar dipompa ke mechanical fuel injection pump pada tekanan aliran tertentu. ECM mengontrol kerja dari electric fuel pump melalui fuel pump relay.

Fuel Injection Pump



Fuel injection pump merupakan mechanical high pressure pump. Fuel injection pump terletak pada bagaian bawah sisi kiri mesin. Bahan bakar dipompakan menuju fuel dengan tekanan tertentu. Tekanan bahan bakar diatur oleh  fuel pressure regulator yang terletak pada sisi inlet fuel injection pump, dan dikontrol secara langsung oleh engine control module (ECM). Kelebihan bahan bakar dari fuel injection pump dikembalikan ke  fuel tank melalui fuel return pipe.

Fuel Filter



Fuel filter assembly terletak pada bagian bawah mobil di depan fuel tank. Filter element menyaring partikel kotoran didalam bahan bakar yang dapat merusak fuel injection system.


Fuel Feed and Return Pipe



Fuel Feed and Return Pipe

Fuel feed pipe menyalurkan bahan bakar dari dalam  fuel tank menuju fuel filter/heater element housing. Fuel return pipe menyalurkan bahan bakar dari fuel rail kembali ke fuel tank. fuel pipe terdiri dari dua bagian:

Rear fuel pipe assembly terletak pada bagaian atas  fuel tank sampai  chassis fuel pipe. Rear fuel pipe terdiri dari pipa baja dan selang karet yang dilindungi anyaman kawat baja.

Chassis fuel pipe terletak pada bagian bawah kendaraan dan menghubungkan antara rear fuel pipe dengan  fuel rail pipe. Pipa bahan bakar ini terdiri dari pipa baja dan selang karet yang dilindungi anyaman kawat baja.


Quick-Connect Fittings


Quick-connect fittings memberikan kemudahan untuk melepaskan dan memasang komponen sistem bahan bakar. Fittings terdiri dari female connector yang unik dan compatible male pipe end. O-ring yang terdapat di dalam female connector, berfungsi untuk mencegah kebocoran bahan bakar.  Integral locking tab di dalan  female connector berfungsi untuk menahan fitting.

Fuel Pipe O-Ring

O-ring berfungsi untuk mencegah kebocoran pada  fuel system. O-ring seal Fuel system  terbuat dari material khusus sehingga ketika melakukan penggantian harus menggunakan bahan yang sama.


Fuel Rail Assembly


Fuel rail assembly dipasang pada cylinder head. Fuel rail assembly mendistribusikan bahan bakar yang bertekanan ke fuel injector melalui fuel line.

Fuel rail pressure sensor memberikan informasi ke engine control module (ECM) mengenai tekanan bahan bakar. ECM menggunakan informasi ini untuk mengontrol tekanan bahan bakar dengan mengatur fuel pressure regulator yang terlatak di bagian inlet fuel injection pump terbuka atau tertutup


Fuel Injectors and Return Lines


Fuel injector berupa solenoid yang dikontrol oleh ECM yang menyemprotkan bahan bakar ke dalam setiap silinder secara terukur. Tekanan bahan bakar dilepaskan dari bagian atas  fuel injector pintle, dan kemudian dikembalikan kembali ke fuel tank melalui fuel return lines. Perbedaan tekanan bahan bakar pada bagian atas dan bagian bawah pintle akan menyebabkan pintle terbuka. Bahan bakar dari bagian ujung fuel injector disemprotkan langsung ke dalam ruang bakar pada saat langkah kompresi.

Control function dari uel injection system menjadi kesatuan di dalam  engine control module (ECM).



Ada masalah dengan mobil Chevrolet Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!





Postingan Terkait

1 komentar:

sasdads mengatakan...

Good website! I truly love how it is easy on my eyes it is. I am wondering how I might be notified whenever a new post has been made. I have subscribed to your RSS which may do the trick? Have a great day! Ogem

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *