Cara Mudah menghilangkan Baret Kaca Mobil Akibat Wiper

Masalah baret pada kaca mobil mungkin terlihat sepele, namun hal tersebut selain membuat penampilan mobil menjadi jelaj juga dapat mengganggu jarak pandang mengemudi, khususnya pada saat malam hari.

Baret pada kaca mobil tersebut pada tingkat yang belum terlalu parah dapat dihilangkan dengan beberapa cara sederhana.






Jenis goresan yang umum terjadi pada kaca mobil
Agar dapat menghilangkan baret pada kaca mobil secara efektif maka yang harus diketahui pertama adalah penyebab baret tersebut.

Baret Wiper, jenis baret ini disebabkan oleh gerakan karet wiper yang membentuk pola melengkung pada kaca mobil karena karet wiper yang sudah terlalu keras atau adanya kotoran antara karet wiper dan kaca.

Goresan jenis ini sangat menggangu pandangan berkendara karena akan mengakibatkan cahaya terpantul dan silau jika terkena matahari atau sorot lampu kendaraan lain dari arah depan.


Baret power window, baret ini biasanya disebabkan karena naik turunnya laju kaca kaca mobil bagian samping

Baret Acak, jenis goresan ini biasanya terlihat tidak beraturan bentuknya (acak). Beberapa faktor dapat menjadi penyebab baret ini antara lain adalah pemakaian alat pembersih mobil yang tidak benar pada saat anda mencuci mobil, terdapat kesalahan ketika memasang film pada kaca mobil, atau bisa jadi akibat ulah orang lain maupun gesekan benda tajam seperti ranting pepohonan.


Goresan Sangat Kecil

Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil Akibat Wiper dengan goresan kecil tergolong sangat mudah. Bila kaca mobil anda hanya tergores sedikit, cobalah saran-saran dibawah ini untuk menghilangkan goresan tersebut. Cara yang dapat anda gunakan sebagai solusi antara lain adalah:

1. Menggunakan Pasta Gigi

Anda dapat menggunakan pasta gigi sebagai bahan untuk menghilangkan goresan kecil pada kaca mobil anda.

Ambil sedikit pasta gigi dan usapkan pada kain yang lembut. Ada baiknya jika anda menggunakan pasta gigi pemutih
Gosokkan pada bagian kaca mobil anda yang terkena goresan kecil tersebut
Annda dapat mengulangi langkah tersebut sesuai dengan kebutuhan anda
Setelah itu, bersihkan sisa pasta gigi yang masih menempel pada kaca mobil
Perhatikan dan periksa apakah goresan kaca mobil anda memudar atau tidak


2. Menggunakan cairan amonia
Campurkan sekitar 3 cangkir atau kurang lebih 1/2 liter air dengan 15 ml amonia (sekitar 1/2 ons) dan aduk hingga merata
celupkan kain bersih yang lembut ke dalam cairan tersebut
lalu gosokkan kain tersebut pada bagian kaca mobil yang terkena goresan dengan gerakan memutar
setelah selesai anda dapat membersihkan sisa amonia pada kaca mobil anda
ulangi langkah diatas seperlunya hingga dirasa goresan pada kaca mobil anda memudar


Goresan Kaca Akibat Wiper

Pada umumnya goresan yang diakibatkan oleh wiper merupakan baret yang tipis namun terkadang juga dapat menimbulkan baret yang cukup dalam. Bagi anda yang ingin mencari goresan tersebut, anda dapat mencoba untuk meraba permukaan kaca depan mobil anda. Bila terdapat bagian yang menonjol dan bergesakan dengan tangan maka di situlah terdapat goresan atau baret. Nah untuk menghilangkan baret pada kaca depan mobil yang disebabkan oleh wiper anda dapat menggunakan teknik dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bubuk poles kaca atau Cerium Oxide
Amplas halus 2000
Air
Selotip dan koran bekas
Alat pemoles (polish pad, bor pemoles, dan lain lainnya)
Langkah untuk menghilangkan baret pada kaca mobil:

Yang pertama harus anda lakukan adalah mencuci kaca depan mobil anda hingga bersih. Kalau perlu, gosok kaca mobil depan anda lebih keras daripada biasanya agar kotoran yang melekat pada kca mobil dapat terangkat semua.
Gosokkan amplas pada bagian kaca mobil yang terdapat goresan. Lakukan proses tersebut hingga permukaan kaca depan mobil anda menjadi rata. Usahakan untuk menggosok kaca dalam keadaan yang basa agar mengurangi panas yang diakibatkan dari gesekan amplas dan kaca.
Setelah itu bersihkan kaca depan mobil dan tunggu hingga mengering.
Kemudian letakkan koran atau kertas pada bagian pinggir kaca. Hal ini dilakukan agar bubuk bubuk poles kaca tidak akan mengenai bagian mobil lainnya. Anda juga dapat menempelkan koran atau kertas dengan menggunakan selotip agar tidak berpindah tempat.
Campurkan bubuk poles kaca dengan sedikit air lalu aduk semua bahan hingga menghasilkan campuran yang memiliki konsistensi sedang. Yang dimaksud sedang disini adalah adonan tidak terlalu encer namun juga tidak terlalu kental.
Selanjutnya ambil bor pemoles atau alat pemoles lainnya lalu poleskan pada bagian kaca mobil yang terkena baret wiper tadi. Basahi sedikit permukaan kaca mobil yang akan dipoles. Jangan terlalu lama ketika menggosokkan kaca mobil anda pada satu bagian tempat, hal ini untuk mengurangi panas akibat gesekan yang terjadi. Gosok satu persatu bagian kaca depan mobil anda secara bergantian.
anda juga dapat menggunakan kain lembut bila anda tidak memiliki bor pemoles. Basahi sedikit kain dengan cairan poles kaca lalu gosokkan pada permukaan kaca yang terdapat baret.  Gosokkan dengan perlahan namun pasti. Beri tekanan pada saat menggosok agar cairan polish dapat masuk kedalamnya.
Setelah semua proses selesai anda lakukan maka lap bersih semua sisa kotoran yang menempel selama proses dengan menggunakan lap lembut yang bersih.
Kaca depan mobil anda akan terlihat makin bersih dan berkilau.
hal yang harus anda perhatikan :

Bila posisi wiper mobil anda menyulitkan proses pemolesan, maka anda dapat mencopotnya terlebih dahulu
Bila cairan cerium oxide mengenai bagian bodi mobil anda, maka segeralah membilasnya dengan menggunakan air bersih.
jangan lupa untuk segera melepas koran dan selotip yang anda tempelkan tadi. Terkadang bekas selotip dapat menempel kuat pada kaca mobil. Anda dapat menghilangkan bekas tersebut dengan cara menggosok bagian tersebut menggunakan minyak kayu putih.

Anda pun juga dapat menghindari baret wiper pada kaca mobil anda dengan cara-cara berikut ini:

Melakukan pengecekan karet wiper setiap 6 bulan sekali
Bila anda belum sempat mengganti karet wiper, anda dapat melakukan teknik berikut. Siapkan serat yang agak kasar dan compound sedikit saja. Lalu gosokkan compound pada karet wiper dengan menggunakan serat. Hal ini untuk membuka lapisan baru pada wiper. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan karet kering. Hal ini cukup menahan karet kurang lebih selama satu bulan.
Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan pada pegangan wiper
Sponsors Link


Namun bila anda tidak sempat untuk melakukan cara-cara yang telah disebutkan di atas, anda dapat membawa mobil anda langsung ke bengkel-bengkel yang khusus spesialis kaca mobil. Biasanya disana anda akan  ditawarkan beberapa pilihan untuk menghilangkan baret pada kaca mobil anda sesuai dengan jenis baret tersebut. Harga yang ditawarkan pun berbeda-beda untuk setiap jenis baret. Biasanya pemolesan kaca di salon-salon mobil berkisar yang paling murah seharga 100 ribu rupiah hingga yang paling mahal sekitar 500 ribu rupiah. Untuk masalah pengerjaannya pun juga bervariasi sekitar satu jam hingga tiga jam waktu pengerjaan.

Selain baret pada kaca mobil, sebenarnya terdapat beberapa hal berikut juga sering terjadi pada kaca mobil dan perlu anda hindari seperti,

Buram
Flek, hal ini dapat diakibatkan salah dalam pemakaian obat jamur sehingga kaca mobil seperti berkabut dan membuat pandangan anda keluar akan terganggu.
Noda jamur
Kaca bergelombang
Grafir, hal ini berupa bekas-bekas stiker yang biasanya tertempel pada kaca kaca mobil.
untuk membersihkan baret pada kaca mobil anda. Anda pun juga dapat mencobanya sendiri dirumah. Semoga informasi tentang baret kaca mobil di atas dapat membantu dan selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah menghilangkan Baret Kaca Mobil Akibat Wiper "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel