Membersihkan Throttle Body Honda Dan Cara Mereset Agar Mesin Tidak "Ngayun"

Artikel ini membahas tentang bagaimana membersihkan throttle body Honda dan metode reset setelah pembersihan agar putaran idle mesin stabil.
Throttle body pada mobil merupakan bagian mesin yang dapat mengalami kotor akibat adanya pembentukan lapisan karbon, tidak terkecuali throttle body yang digunakan oleh Honda.

Lapisan karbon dapat terbentuk di dalam throttle body saat mesin dimatikan dan disebabkan oleh uap oli yang panas dan uap bahan bakar naik ke bagian atas mesin dan mengumpul pada throttle body yang suhunya lebih dingin.

Bagaimana Cara Kerja Throttle Body.

Pada mesin yang masih menggunakan karburator, putaran idle diatur dengan menyetel idle screw untuk membuka sedikit throttle valve sehingga udara dapat masuk ke dalam mesin.
Aliran udara akan menciptakan kevakuman pada saluran venturi karburator yang meyebabkan sejumlah bahan bakar terhisap masuk ke dalam mesin.

Saat mobil beralih menggunakan sistem EFI , fungsi throttle body lebih hanya sebagai valve yang mengatur banyaknya udara yang masuk ke dalam mesin melalui intake manifold sesuai dengan injakan pedal gas.

Untuk mengatur udara pada saat idle, pabrikan mobil menyediakan idle air bypass valve untuk memungkinkan udara masuk ke dalam mesin saat throttle valve tertutup. Fuel injector menyediakan bahan bakar dan bypass valve mengatur aliran udara.


Pada sistem electronic throttle body tidak mempunyai saluran idle air bypass valve, dan juga tidak menggunakan throttle cable.

Sistem ini dikenal dengan drive by wire, yaitu suatu sistem dimana pergerakan pada pedal gas dirubah menjadi sinyal input ke electronic control unit yang akan memerintahkan electronic throttle body terbuka atau tertutup sesuai dengan injakan pada pedal gas.

Throttle plate shaft dihubungkan dengan sebuah motor listrik kecil dan spring yang akan merespon perintah dari ECU.


Membersihkan Throttle Body Honda Dan Cara Mereset Agar Mesin Tidak "Ngayun"
Electronic Throttle Body (Drive By wire) 



Pada saat idle, ECU memberikan perintah agar throttle terbuka sedikit, dengan fitur ini maka mesin tidak membutuhkan idle air bypass valve.

Saat mesin dalam kondisi OFF throttle valve akan tertutup penuh. Disinilah pembentukan lapisan karbon akan menjadi masalah.



Gejala Yang Timbul Akibat Adanya Lapisan karbon Pada Throttle Valve

Saat ECU memerintahkan throttle valve untuk membuka, maka diharapkan udara masuk kemesin melalui ruang antara throtle valve dan throttle bore. Namun karena adanya lapisan karbon yang mengurangi volume ruang tersebut, maka aliran udara akan berkurang dan campuran bahan bakar dan udara menjadi lebih kurus.

ECU dapat mendeteksi kurangnya jumlah udara berdasarkan informasi yang diberikan oleh mass air flow sensor dan ECU akan merespon kurangnya udara yang masuk dengan memeritahkan throttle valve untuk membuka lebih lebar lagi.
Namun jika pembentukan lapisan karbon sudah terlalu banyak, maka ECU tidak bisa lagi mengkompensasi pembukaan throttle yang lebih lebar.

Akibatnya adalah putaran idle mesin menjadi kasar, akselerasi tersendat atau mesin mati-mati. Untuk mengatasi gangguan tersebut maka throttle valve harus dibersihkan dari lapisan karbon.


Membersihkan Throttle Body Honda Dan Cara Mereset Agar Mesin Tidak "Ngayun"
Lapisan karbon di dalam throttle valve dapat mempengaruhi kinerja mesin.



Pada sistem throttle yang masih menggunakan kabel, pembersihan throttle valve dapat dilakukan dengan  menggerakkan throttle valve menggunakan tangan dan kemudian menyemprotnya dengan semprotan cleaner . Kemudian throttle dikeringkan dengan menggunakan kain lap.

Teknik tersebut tidak dapat diterapkan pada electronic throttle body, karena cairan spray cleaner dapat mengalir dari throttle valve shaft dan masuk kedalam motor hosing atau circuit board menyebabkan kerusakan komponen elektronik throttle body.



Membersihkan Throttle Body Honda Dan Cara Mereset Agar Mesin Tidak "Ngayun"
JANGAN menyemprot cleaner secara langsung pada electronic throttle body


Pembersihan Throttle Body Honda.

Karenakomponen elektronika yang terdapat di dalam housing electronic throttle body sangat sensititf maka semua pabrikan, termasuk Honda, menyarankan untk melepaskan throttle valve sebelum dibersihkan.

Saat throttle body sudah dilepaskan dari mesin, letakkan throttle body diatas meja dengan dialasi kain lap dan komponen elektroniknya menghadap keatas.

Buka throttle valve secara perlahan dan mulai bersihkan dengan menyemprotkan throttle cleaner pada kain lap yang bersih dan kemudian bersihkan throttle valve dan throttle body dengan kain lap tersebut.


  • JANGAN menyemprotkan secara langsung cairan cleaner ke throttle valve
  • JANGAN menggunakan bahan yang bersifat abrasif untuk membersihkan lapisan karbon pada throttle valve. 



Prosedur Reset Atau Throttle Body Relearn

Pasang kembali throttle body dengan gasket yang  baru dan kencangkan sesuai spesifikasi.
Setelah dibersihkan, maka ECU perlu "dilearning" untuk mempelajari posisi dimana thorttle tertutup penuh. Ini disebut prosedur Honda throttle body relearn atau Honda throttle body reset.

Di bengkel, prosedur ini biasanya dilakukan dengan menggunakan scantool, namun sebenarnya dapat dilakukan secara manual dengan mengikuti prosedur berikut ini:

1) Putar kunci kontak Pada posisi ON (RUN position) selama 2 detik. Jangan hidupkan mesin

2) Hidupkan mesin dan naikkan putarannya sampai 3000 Rpm hingga kipas radiator menyala.

3) Biarkan mesin posisi idle selama 5 menit tanpa beban (lampu-lampu, heated seat, rear defogger, blower motor, radio dll haru OFF).

4) Setelah 5 menit matikan mesin



Ada masalah dengan mobil Honda Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!




0 Response to "Membersihkan Throttle Body Honda Dan Cara Mereset Agar Mesin Tidak "Ngayun""

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel