Rabu, 26 Juni 2019

Cara Membersihkan Jok Mobil

Membersihkan Jok Mobil Dari Beraneka Ragam Bahan


Kondisi Jok mobil yang kotor dan bau tentu saja akan mengganggu kenyamanan berkendara. Selain tidak sedap dipandang, jok mobil yang kotor juga akan memunculkan aroma yang kurang sedap di dalam kabin mobil, serta membuat kuman berkembang biak.

Jok mobil termasuk bagian yang rentan kotor, terutama jika Anda mempunyai anak -anak yang suka makan di dalam mobil dan menumpajkan makanan atau minuman di dalam mobil.

Kotoran yang terdapat pada jok mobil harus dibersihkan sesegera mungkin supaya tidak susah untuk dihilangkan karena terlalu lama menempel.

Membersihkan jok mobil harus dilakukan dengan hati-hati, hal ini karena jok mobil terbuat dari beraneka ragam dimana jika kita salah memilih bahan pembersih akan membuat jok menjadi rusak.


Cara Membersihkan Jok Mobil
Membersihkan Jok Mobil


Berikut ini beberapa tips membersihkan jok mobil yang terbuat dari beraneka ragam bahan:

1. Cara membersihkan Jok Mobil Dari Bahan Vinil


Jok dari bahan vinil cukup mudah dibersihkan. Jok ini dapat dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih kaca. Cukup semprot cairan pembersih tersebut pada bagian jok yang kotor dan segera keringkan dengan kain lap halus yang menyerap air. Ulangi kembali sampai noda pada jok hilang. Gosok jok secara perlahan agar tidak merusak bahan vinil tersebut.

Anda juga dapat menggunakan baking soda dan air sebagai pembersih lainnya, cara nya yaitu :

Campurkan soda dan air hingga menyerupai pasta.

Lalu anda dapat gosokkan pada bagian jok yang terkena noda satu persatu.

Sebagai pembilas, gunakan sabun lembut dan air.

Lap jok hingga kering dengan menggunakan kain lembut, anda  juga dapat membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi.

Di bagian dudukan jok biasanya terdapat banyak kotoran dan debu yang tidak dapat dicapai. Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk membersihkan pada bagian yang sulit dibersihkan.

Yang paling penting yang harus anda ingat adalah jangan menggunakan pembersih berbahan dasar minyak untuk membersihkan jok vinil. Pembersih berbasis minyak akan mengeraskan jok vinil mobil anda


2. Membersihkan Jok Mobil Dari Bahan Kain.


Jok mobil yang terbuat dari bahan kain merupakan jenis yang mudah sekali kotor dan sangat sulit dibersihkan jika terkena kotoran, apalagi jika kotoran tersebut sudah terlalu lama menempel.

Namun membersihkan jok mobil jenis ini cukup sederhana dengan peralatan yang tidak terlalu banyak. Jok ini dapat dibersihkan dengan menggunakan sabun pencuci piring yang dicampur dengan air. Campur sabun pencuci piring dengan air dalam wadah seperti ember dan kemudian aduklah sampai rata. kemudian masukkan ke dalam semprotan. Semprotkan pada bagian jok yang kotor sambil menyikatnya dengan sikat yang berbulu halus. Kemudian segera keringkan dengan lap yang bersih.


Kita juga dapat menggunakan Lint Roller untuk membersihkan jok berbahan kain. Alat ini berupa kertas lengket yang dapat menangkap berbagai jenis kotoran yang biasa menempel pada jok mobil seperti, bulu-bulu halus, sisa makanan atau rambut. Alat ini dapat menjangkau tempat yang sulit dibersihkan.

Langkah terakhir untuk membersihkan jik berbahan kain adalah dengan melap menggunakan lap microfiber.

3. Jok berbahan kulit

Untuk membersihkan jok berbahan kulit diperlukan alat khusus untuk membersihkannya. Hal ini dikarenakan jok kulit membutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati dibandingkan dengan jok berbahan tenun atau vinil. Sebaiknya gunakan pembersih dan kondisioner khusus untuk bahan kulit. Selain itu, bahan kulit akan bereaksi terhadap panas. Sehingga akan lebih baik jika dibersikan dalam lingkungan yang hangat. Jika anda tinggal di daerah berhawa panas, anda tak perlu menyalakan pemanas. Namun bila anda tinggal didaerah dingin, sebaiknya nyalakan pemanas selama beberapa menit sebelum akan membersihkan jok mobil. Hal ini berfungsi untuk menghangatkan mobil.

Untuk masalah noda, lakukan pra perawatan dengan kondisioner. Oleskan pembersih khusus pada noda yang ada pada jok lalu gosok perlahan. Biarkan mendingin selama beberapa saat lalu lap bekas pembersih noda tersebut. Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah lap yang anda gunakan. Gunakan lap lembut untuk menggosokan pembersih ke jok. Fokus pada satu bagian setiap kalinya. Kemudian bilas pembersih dengan air bersih.

Setelah jok sudah dalam kondisi yang bersih, pastikan agar kering maksimal sebelum akan digunakan kondisioner. Walaupun bahan kulit dapat menepis air namun tentunya tidak akan menahan kondisioner dalam kondisi basah. Fungsi kondisioner disini akan mempuat jok berbahan kulit terasa mulus dan mengkilap. Lebih baik menggunakan kondisioner khusus jok kulit yang berbahan dasar air dengan pH normal. Kondisioner berbahan minyak akan cenderung menempel di bahan kulit dan berpindah ke pakaian anda.


4. Jok berbahan beludru

Bila jok mobil anda berbahan dasar beludru, maka cara yang tepat untuk membersihkannya adalah dengan melepas jok mobil anda. Kemudian semprotkan cairan pembersih pada bagian jok mobil anda yang terkena noda. Sikat bagian tersebut secara searah. Bersihkan satu persatu bagian yang terkena noda secara bergantian. Jika telah selesai, anda dapat membersihkan bagian tersebut dengan menggunakan lap kering. Lalu jemur jok mobil di bawah terik matahari. Bila anda terlalu repot untuk melepas jok, anda dapat membuka semua pintu mobil setelah selesai membersihkannya. Anda juga dapat menggunakan vacum cleaner (penyedot debu) untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada pada jok mobil anda. Sangat disarankan agar menghindari kotoran dan noda yang berasal dari tinta ataupun makanan berpengawet di jok mobil beludru anda. Jenis-jenis noda tersebut akan sukar untuk dihilangkan dan butuh ekstra kerja keras untuk membersihkannya.


Membersihkan Debu Pada Jok Mobil


Membersihkan Debu Pada Jok MobilCara membersihkan mobil yang berdebu yaitu dengan menghisap debu kering/basah pada jok mobil, anda dapat menggunakan alat Shop-Vac. Mesin ini sangat kuat dan mampu menangani  berbagai macam pekerjaan menghisap debu. Alat ini biasanya memiliki pipa panjang agar mudah digunakan didalam-dalam mobil.

Anda juga dapat menggunakan alat lepas-pasang yang terbuat dari plastik. Kebanyakan alat seperti ini memiliki bagian lepas-pasang yang terbuat dari plastik. Sehingga tidak akan menimbulkan resiko tergores dibandingkan jika anda menggunakan alat yang terbuat dari bahan metal.

Apalagi jika anda gunakan pada jok berbahan kulit atau vinil.  Alat penghisap debu lepas-pasang ini sangat bermanfaat dan dapat digunakan menyikat dengan bukaan  lebar berbentuk kotak. Bahkan terkadang alat ini dapat menghisap debu di bagian celah sempit jok mobil anda. Sehingga debu-debu yang melekat di celah-celah sempit jok mobil anda akan mudah dibersihkan secara maksimal.


Membersihkan Noda Bintik


Membersihkan Noda BintikUntuk membersihkan noda yang berasal dari tinta, anda dapat menggunakan hairspray atau obat gosok berbahan dasar alkohol yang dicampur air. Semprotkan bahan ini ke noda dan serap dengan hati-hati menggunakan kain lembap. Hati-hati agar jangan sampai tinta meluas ke bagian jok lainnya.

Untuk membersihkan noda minyak dan lemak, anda dapat menggunakan cairan pengecer cat dan kain katun. Tuangkan sedikit pengencer cat ke dalam cangkir dan tambahkan air. Kemudian celupkan ujung lap katun ke dalam cangkir dan gosokkan pada bagian yang terkena noda.

Taburkan sedikit garam atau cornmeal pada noda tersebut dan diamkan selama semalam. Besoknya, anda dapat membersihkan bagian ini dengan menghisap debunya.

Untuk noda kopi, encerkan dengan air dingin dan serap nodanya menggunakan handuk kertas. Berikan sedikit pembersih lalu diamkan selama kurang lebih 5 menit. Gunakan metode serap untuk mengangkat noda, jangan menggosoknya agar tidak leboh meresap ke dalam jok mobil.

Anda juga dapat membersihkan jok berbahan kain tenun anda dengan menggunakan :
Sabun
Boraks, dan
Pembersih berair hangat.


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *