Chevorolet Sonic/Aveo: Lampu Cek Engine Menyala, Putaran Idle Kasar

Memperbaiki Gangguan Lampu Cek Engine Menyala, Putaran Idle Kasar Disertai Bunyi Siulan Pada Chevrolet Sonic/Aveo 

Tipe Mobil:

Chevrolet Sonic, 1.8L 4 CYL, 2014 Automatic Transmission

Chevrolet Sonic
Chevrolet Sonic


Problem:

Pelanggan mengeluhkan lampu cek engine menyala, putaran idlenya sangat kasar dan terdengar bunyi siulan yang berasal dari bawah kap mesin.

Pemeriksaan:

Pemeriksaan awal dengan menggunakan scantool memunculkan dua kode DTC: P0171 (Fuel trim system lean) dan  P2097 (Post catalyst fuel trim system high limit).

Catatan:
Kode DTC P0171 muncul ketika ECM mendeteksi fuel control system dalam kondisi kurus (Lean), berdaraskan metrik long term dan short term fuel trim.
Kode DTC P2097 muncul ketika ECM mendeteksi oksigen sensor yang dipasang setelah catalytic converter tidak dapat melakukan adaptasi pada kondisi gas buang yang terlalu kurus dalam waktu yang lama.

Berdasarkan kode DTC tersebut dilakukan pemeriksaan apakah ada modifikasi, atau pemasangan produk aftermarket yang dilakukan terkait sistem intake dan exhaust. Semua dalam kondisi normal sesuai dengan aslinya.

Kemudian memeriksa apakah ada kevakuman pada lubang PCV external port pada camshaft cover. Kevakuman OK.
Saat disemprotkan carburetor cleaner pada camshaft cover terlihat nilai fuel trim menjadi negatif. Setelah camshaft cover dilepas tampak ada retakan pada cover.


Chevrolet Sonic
PCV Port Pada Valve Cover



Konfirmasi Perbaikan:

Dilakukan penggantian camshaft cover, menghapus kode DTC dan melakukan test drive. Penggantian camshaft cover menghilangkan gangguan yang dikeluhkan pelanggan.

Catatan:
Problem ini sangat umum terjadi pada Chevrolet Sonic/Aveo. Retak yang terjadi pada intake boot yang terletak diantara mass air flow sensor dan intake manifold juga menyebabkan gejala kerusakan yang sama.

0 Response to "Chevorolet Sonic/Aveo: Lampu Cek Engine Menyala, Putaran Idle Kasar "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel