DTC P1688 Mini Cooper,Tenaga Mesin Lemah

Perbaikan DTC P1688 Pada Mini Cooper Yang Disertai Keluhan Tenaga Mesin Lemah

Tipe Mobil:

Mini Cooper S Tahun 2006, L4-1.6L SC, Automatic Transmission/Transaxle


DTC P1688 Mini Cooper
Mini Cooper


Problem:

Masalah yang diketemukan adalah munculnya DTC  P1688 (Electronic throttle control monitor level 2/3; mass air flow calculation) dan tenaga mesin yang lemah.
Setelah melakukan pemeriksaan ditemukan kleman intake duct longgar, sehingga kemudian dilakukan pembersihan throttle body sebelum mengencangkan kleman tersebut. Tidak ada penggantian sparepart. Selain itu juga terdapat TSB yang merujuk pada kode DTC P1688, yang mengatakan jangan melakukan penggantian control module DME sebelum melakukan pemeriksaan secara detail pada bypass valve supercharger. Valve dalam kondisi baik.

Pemeriksaan:

Pada saat pemeriksaan terlihat harmonic balancer bergetar lebih keras dari semestinya. Teknisi membuat tanda penyesuaian  pada rubber ring disisi inner ring dan outer ring-nya. Saat mesin distart terlihat sekali tanda penyesuaian yang dibuat tadi bergerak.

Konfirmasi Perbaikan: 

Pulley yang selip merupakan penyebab supercharger berputar lambat dan tidak menghasilkan tenaga boost. Ganti pulley dengan yang baru, hapus kode DTC dan masalah terselesaikan.


0 Response to "DTC P1688 Mini Cooper,Tenaga Mesin Lemah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel