Hyundai Elantra, Mesin Mati Saat Idle - NO DTC

 Hyundai Elantra, Mesin Mati Saat Idle - NO DTC 

Type Mobil:

Hyundai Elantra 2012, L4-1.8L, Automatic Transaxle


Hyundai Elantra
Hyundai Elantra


Problem: 

Pelanggan mengeluhkan mesin tidak dapat idle setelah panas. Lampu MIL pada instrument panel OFF. Jika putaran mesin dipertahankan antara 800-850 rpm mesin tetap hidup.

Pemeriksaan:

Teknisi melepaskan dan membersihkan throttle body dan kemudian melakukan prosedur throttle body relearn dan mengganti negative battery sensor. Setelah semua langkah perbaikan tersebut masalah tetap ada. Langkah berikutnya yang dilakukan adalah memeriksa kondisi kabel ground dan TPS sensor. Kondisi ground semuanya bagus dan TPS masih dalam spesifikasi. Kemudian diputuskan untuk memeriksa kerja dari intake dan exhaust cam phaser dengan menggunakan scantool.

Dari pemeriksaan menggunakan scantool didapati nilai exhaust cam phaser jatuh mendekati NOL sesaat sebelum mesin mati. Teknisi kemudian melepaskan exhaust cam phaser dan melihat adanya retakan yang sangat kecil disekitar jalur oli pada cam phaser.

Konfirmasi perbaikan:

Teknisi melakukan penggantian exhaust cam phaser. Setelah perbaikan, putaran idle mesin menjadi halus dan stabil. Problem selesai.


0 Response to "Hyundai Elantra, Mesin Mati Saat Idle - NO DTC "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel