Selasa, 26 Mei 2020

Kode DTC P0190, P2196, P2198 Ford Escape

Menganalisa Kode DTC  P0190, P2196, P2198 Pada Ford Escape


Tipe Mobil:

Ford Truck Escape 2WD V6-3.0L 2004


Ford Escape
Ford Escape


Problem: 

Mobil datang ke bengkel dengan keluhan putaran mesin kadang tersendat-sendat dan saat diakselerasi seperti tertahan. Lampu cek engine menyala.

Pemeriksaan:

Pemeriksaan menggunakan scantool menunjukkan kode DTC P0190 – fuel rail pressure sensor circuit, P2196 – B1S1 O2 sensor stuck rich dan  P2198 – B2S2 O2 sensor stuck rich.
Setelah melihat data stream diputuskan melakukan pemeriksaan EVAP system dari kemungkinan akumulasi bahan bakar di evap canister dan vent valve yang tersumbat. hasil pemeriksaan menunjukkan kedua hal diatas tidak ada masalah.

Langkah selanjutnya dengan melakukan pengukuran tekanan bahan bakar secara manual menggunakan fuel pressure gauge sembari membandingkannya dengan pembacaan tekanan bahar menggunakan data stream pada scantool (fuel pressure sensor PID).

Saat gejala muncul terlihat hasil pembacaan tekanan bahan bakar secara manual menggunakan fuel presuure menunjukkan 100 Psi, sedangkan data stream fuel pressure sensor PID pada scantool hanya menunjukkan 30 psi.

Konfirmasi Perbaikan:

Dilakukan penggantian fuel rail pressure sensor dan mengulangi pembacaan tekanan bahan bakar, hasilnya pembacaan secara manual dan pembacaan menggunakan scantool menunjukkan tekanan yang sama. Hapus kode DTC dan masalah selesai.



Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *