BMW Susah Hidup Dan Muncul Banyak Kode DTC Setelah Penggantian Thermostat

 BMW Susah Hidup Dan Muncul Banyak Kode DTC Setelah Penggantian Thermostat


Type Mobil:

BMW 760Li (E66) 2007, V12-6.0L (N73TU), Automatic Transmission

BMW 760Li (E66) 2007


Problem:

Pelanggan meminta bengkel untuk mengganti coolant dan thermostat dengan sparepart non genuine yang dibawanya sendiri. Teknisi melakukan penggantian thermostat beserta coolant sekaligus, namun setelah pekerjaan selesai mobil malah sulit untuk dihidupkan dan sesaat setelah hidup lampu MIL menyala.


Pemeriksaan:

Setelah teknisi memeriksa kendaraan menggunakan scantool, muncul banyak sekali kode DTC.

2B5C – P0335 – DME2: Crankshaft Sensor signal

2D0F – P0100 – DME2: Air-mass Sensor, Bank 2 signal

2EF5 – P0598 – DME: Map Thermostat activation

2A80 – P2088 – DME2: Inlet VANOS Bank 2 activation

2A85 – P2090 – DME2: Exhaust VANOS Bank 2 activation

2D14 – P113B – 2D14 Engine Electronics Air-mass Sensor Correction Signal

Teknisi melakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan tidak ada soket-soket konektor yang tidak terpasang, semua OK. Teknisi menghubungi Tech Assist Consultant BMW dan mendapatkan informasi bahwa nuntuk mobil ini banyak muncul laporan adanya masalah ketika mengganti thermostat menggunakan non genuine part. Gejala yang muncul antara lain mesin susah hidup, starter panjang dan fuse putus.

Tech assistant menyarankan teknisi untuk melepaskan konektor thermostat, menghapus DTC dan memastikan apakah DTC yang sama muncul kembali atau berubah. Teknisi juga diarahkan untuk memeriksa kondisi fuse 006 pada integrated supply module yang terletak pada sisi kanan engine compartment.

Teknisi memeriksq fuse 006 dan ternyata fuse tersebut putus. Teknisi mencoba mengganti dengan fuse baru dan fuse kembali putus. Saat teknisi memasang kembali thermostat yang lama, fuse tidak putus.


Konfirmasi Perbaikan:

Teknisi memesan thermostat genuine BMW dan kemudian memasangnya. Thermostat non genuine menyebabkan munculnya banyak kode DTC, mesin susah hidup dan fuse 006 putus. 

Setelah perbaikan menggunakan thermostat genuine mesin dapat hidup dengan normal, fuse 006 tidak putus dan kode DTC dapat dihapus dan tidak muncul kembali. FIXED....



0 Response to "BMW Susah Hidup Dan Muncul Banyak Kode DTC Setelah Penggantian Thermostat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel