Sabtu, 12 November 2022

Bagaimana Cara Memeriksa Dan Memperbaiki Fuel Pump Mekanikal

 Memeriksa Dan Memperbaiki Fuel Pump Mekanikal

Fuel pump mekanikal digunakan pada mesin lama yang masih menggunakan karburator (meskipun sat ini  beberapa mobil sudah menggunakan fuel pump  elektrik bertekanan rendah yang dipasang di  dekat tangki bensin). Fuel pump berfungsi untuk menyedot bahan bakar dari tangki bensin dan mendorongnya ke karburator saat mesin dihidupkan atau dijalankan.




Fuel pump mekanikal  menggunakan tuas yang bergerak pada poros cam untuk memompa diafragma karet di dalam pompa ke atas dan ke bawah.  Hal ini akan menciptakan efek  hisapan yang menarik bahan bakar ke dalam pompa, dan kemudian mendorongnya. Sepasang katup satu arah di dalam pompa hanya memungkinkan behan bakar  bergerak dalam satu arah (menuju mesin).

Tekanan keluaran fuelpump mekanikal ini  biasanya cukup rendah: hanya  sekitar 4 hingga 10 psi. Tetapi tekanan ini sudah cukup untuk dapat menyuplai bahan bakar ke karburator. 



Masalah Pada Fuel Pump Mekanikal

Kebocoran pada diafragma atau katup satu arah di dalam fuel pump mekanikal  akan menyebabkan hilangnya tekanan bahan bakar dan membuat karburator kekurangan bahan bakar. Hal ini dapat menyebabkan campuran bahan bakar ke dalam mesin  menjadi kurus, akhirnya mesin tersendat dan bahkan mogok. Jika fuel pump tidak berfunsi sama sekali,  tidak ada bahan bakar yang dialirkan ke karburator dan mesin tidak mau hidup atau bekerja.

Kebocoran bahan bakar adalah masalah umum lainnya yang sering terjadi , biasanya ini terjadi karena adanya retakan atau lubang pada diafragma karet, atau fitting inlet atau outlet yang longgar.





Pemeriksaan Fuel Pump Mekanikal

Lepaskan saringan udara sehingga kita dapat melihat langsung  kedalam karburator dan lihat ke arah saluran karburator dan pompa throttle linkage. Jika fuel pump bekerja, maka akan terlihat semprotan bahan bakar di dalam karburator. 

Jika tidak terlihat sama sekali semprotan bahan bakar di dalam karburator maka ada beberapa kemungkinan seperti fuel pump yang rusak, saluran bahan bakar atau filter yang tersumbat atau bahan bakar  di dalam tangki habis. 

Periksa fuel pump  secara visual. Jika Anda melihat ada bahan bakar yang menetes dari pompa, berarti diafragma di dalam telah rusak dan pompa perlu diganti.

PERINGATAN: Fuel pump yang bocor sangat berbahaya karena bahan bakar dapat menyala dan memicu kebakaran!

Cara lain untuk memeriksa pompa adalah dengan memutuskan saluran bahan bakar di karburator dan menempatkan ujung saluran ke dalam wadah. Putar mesin untuk melihat apakah pompa mendorong bahan bakar melalui saluran. Semburan bahan bakar yang kuat dan stabil berarti pompa bekerja. Tidak ada bahan bakar atau aliran lemah berarti pompa rusak, filter bahan bakar tersumbat, saluran bahan bakar tersumbat, atau tidak ada bahan bakar di tangki

PERINGATAN: Jangan merokok di dekat bensin, dan jangan biarkan percikan api di dekat karburator atau saluran bahan bakar terbuka karena dapat menyulut bahan bakar yang menyebabkan kebakaran! Jangan menumpahkan bensin pada mesin yang panas. Tunggu sampai mesin mendingin untuk bekerja pada sistem bahan bakar. Juga, hindari kontak kulit dengan bensin dan jangan menghirup uapnya.

Anda juga harus memeriksa tekanan pompa bahan bakar. Hubungkan pengukur tekanan bahan bakar ke outlet pompa, atau tee pengukur ke saluran bahan bakar di karburator. Putar mesin dan perhatikan pembacaan tekanan pada pengukur. Jika tidak ada tekanan, atau jika tekanan kurang dari spesifikasi, pompa rusak dan perlu diganti.

Penggantian Fuel Pump

Jika pompa perlu diganti, lepaskan saluran masuk dan keluar bahan bakar  dari pompa. Pasang saluran bahan bakar masuk agar bahan bakar tidak bocor keluar (saluran lebih rendah dari tangki bahan bakar dan akan menggiring bahan bakar jika tidak dicolokkan).

Buka baut pompa bahan bakar dari mesin. Biasanya ada dua baut. Setelah baut dilepas, pompa baru bisa dilepas lepas.

Lepaskan gasket lama dari permukaan pemasangan pompa pada mesin, dan bersihkan permukaan pemasangan. Jangan biarkan sisa-sisa gasket jatuh ke dalam  mesin.

Pasang gasket baru pada pompa dan tambahkan sealer gasket ke kedua sisi gasket untuk menghindari kebocoran. Oleskan sedikit gemuk pada ujung tuas pompa yang bersentuhan dengan poros cam, lalu pasang pompa pada mesin. Pastikan tuas pompa disejajarkan dengan benar dengan tonjolan pada poros cam, jika tidak, tuas pompa dapat rusak saat mesin dihidupkan.

Sambungkan kembali saluran masuk dan keluar bahan bakar, berhati-hatilah agar tidak terlalu kencang atau merusak 4fiting.

Putar mesin dan periksa kebocoran. Jika pompa dipasang dengan benar dan tidak ada masalah lain (seperti filter bahan bakar terpasang), mesin akan hidup dan bekerja normal.

Filter bahan bakar juga harus diganti, dan jika filter lama terpasang mungkin perlu menguras dan membersihkan tangki bensin, atau mengganti tangki bensin jika bagian dalamnya berkarat.


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *