...

Memahami Makna Dibalik Logo dan Merk Mobil Bagian 1

June 07, 2016

Arti Dibalik Logo Yang Dipakai Pabrikan Mobil

Tahukah anda bahwa logo-logo yang digunakan pabrikan mobil-mobil dunia mempunyai arti yang sangat dalam ??, bukan sekedar hiasan pemanis tampilan mobil yang tak ada maknanya.

Ya, para produsen mobil selalu membuat logo dengan berbagai macam filosofi yang terkandung didalamnya diantaranya menunjukkan kemampuan penguasaan teknologi, semangat dan etos kerja yang kuat bahkan juga menunjukkan nasionalisme dimana mobil itu berasal.

Berikut beberapa logo merk mobil dan artinya :

1. Mercedes - Benz

Logo yang dimiliki oleh Mercedes Benz ini dianggap logo yang sangat menunjukkan kepercayan diri yang sangat tinggi.

Mercedes Benz mulai membuat mesin - mesin untuk mobil, pesawat terbang dan kapal sebelum dimulainya Perang Dunia II.


Logo merk Mercedes Benz
Mercedes-Benz



Logo bintang dengan tiga sudut tersebut menggambarkan dominasi perusahaan tersebut pada mesin - mesin untuk di darat, udara dan laut.



2. Hyundai


Logo merk Hyundai
Hyundai

Hyundai Motor Corporation - Happy logo

Mungkin anda mengira bahwa gambar diatas merupakan logo plesetan untuk mobil Hyundai, anda salah.

Logo tersebut merupakan makna yang tersembunyi dari pabrikan mobil asal korea selatan, yang selama ini kita anggap hanya sekedar huruf "H" biasa yang tanpa makna.

Bentuk huruf "H" sengaja dibentuk untuk menggambarkan dua orang sedang berjabat tangan, yaitu menggambarkan hubungan antara dealer atau perusahaan dengan customernya, sedangkan lingkaran berbentuk elips yang mengelilinginya menunjukkan ekspansi merk Hyundai ke pasar otomotif dunia.

3.Toyota


Memahami Makna Dibalik Logo dan Merk Mobil Bagian 1
Toyota



Toyota Motor Corporation

Saat memasuki pasar mobil penumpang di tahun 1936, pabrikan mobil Toyota belum mempunyai logo sama sekali dan membuat Toyota mengalami kesulitan untuk melakukan kampanye pemasaran produknya.

Pada tahun 1989 Toyota memperkenalkan logonya ke seluruh dunia.
Logo tersebut ternyata merupakan ejaan kata Toyota ( seperti terlihat pada gambar ) dan mempunyai makna yang tersembunyi.

Dua buah garis oval yang tegak lurus didalam lingkaran oval yang besar menggambarkan hubungan saling menguntungkan dan saling percaya antara perusahaan dan pelanggan, sedangkan lingkaran oval yang besar menggambarkan ekspansi teknologi Toyota yang mendunia dan potensi yang tak terbatas di masa depan.

3 buah lingkaran berbentuk elips menggambarkan 3 jantung yang menjadi sumber kehidupan perusahaan, yaitu : pelanggan, produk - produk Toyota dan kemajuan dibidang teknologi.

Logo Toyota tersebut juga mempunyai arti yang tersembunyi. Gambar tersebut sebenarnya adalah gambar benang yang sedang dimasukkan kedalam jarum, karena Toyota berawal dari sebuah perusahaan tekstil.

4.TATA



Memahami Makna Dibalik Logo dan Merk Mobil Bagian 1
TATA

Logo Tata ini didesain oleh konsultan Wolf Olin. Jika diperhatikan logo ini tampak sederhana, seolah-olah hanya bentuk huruf "T" seperti dalam kata TATA dan tidak mempunyai makna.

Namun sebenarnya mempunyai makna aliran air, atau seperti air mancur yang mencurahkan pengetahuan, atau nampak seperti pohon besar tempat orang berlindung dibawahnya.

5. BMW



Memahami Makna Dibalik Logo dan Merk Mobil Bagian 1
BMW

BMW - Baling- baling pesawat atau bendera negara Bavaria ?


Logo BMW merupakan salah satu logo yang paling dikenali di dunia, dibagian tengah terdapat warna biru dan putih dan dikelilingi lingkaran warna hitam dengan tulisan BMW di dalamnya.

BMW pertama kali memproduksi mesin pesawat terbang, baru kemudian dilanjutkan dengan memproduksi mesin mobil dan motor. Banyak orang yang berpendapat bahwa logo BMW tersebut menggambarkan baling - baling pesawat terbang yang berputar.

Kembali ke jaman dahulu, BMW sebenarnya ingin menggunakan warna bendera negara bagian Bavaria sebagai logo mereka, namun hal tersebut merupakan perbuatan yang melanggar hukum pada saat itu, sehingga mereka merubah desainnya dan tanpa sengaja logo tersebut malah terlihat seperti desain baling-baling pesawat terbang.

Motor BMW r32 merupakan motor pertama yang menggunakan logo BMW pada tahun 1923.
Pada tahun 1918 logo tersebut muncul untuk pertama kali pada media cetak.
Sedangkan mobil BMW yang pertama kali menggunakan logo tersebut adalah BMW type 315 PS.

6. VOLVO




Memahami Makna Dibalik Logo dan Merk Mobil Bagian 1
Volvo

Volvo Group - Berasal dari kisah dewa - dewa Romawi

Logo Volvo tersebut merupakan simbol kimia untuk unsur besi atau baja yang merupakan komponen utama dari mobil.

Logo tersebut juga merupakan lambang Dewa Mars, yaitu dewa perang bangsa Romawi kuno ( seperti terlihat pada gambar), hal itu menunjukkan hubungan antara Dewa perang dan baja yang digunakan sebagai bahan pembuat senjata pada saat itu.

Para pendiri Volvo sengaja memilih simbol ini untuk menunjukkan kekuatan mobil produksi mereka.
Logo ini juga mengingatkan awal mula perusahaan Volvo yang berasal pabrik pembuat bearing untuk automobil.

Baca Selanjutnya : Memahami Makna Dibalik Logo dan Merk Mobil Bagian 2



Ada masalah dengan mobil Anda...??  

Butuh Bantuan...???  

Silahkan hubungi kami..!!




www.montirpro.com  08111857333

Artikel Terkait

First